Inilah Bahayanya Jika Menahan Kencing

Bahaya Menahan Kencing. Apakah Anda termasuk dalam kategori mereka yang suka menahan kencing? Jika ya, tolong hentikan kebiasaan ini karena ada bahaya yang menanti buat kesehatan Anda. Proses pembuangan urine pada manusia adalah suatu hal yang wajar dan biasa terjadi. Proses membuang air kecil tersebut menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urine.

Berikut beberapa bahaya menahan kecing yang harus Anda ketahui karena ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Menahan Pembuangan Kotoran Dalam Tubuh
Jika Anda menahan kencing dalam waktu yang cukup lama berarti Anda telah membiarkan segala kotoran menumpuk di dalam tubuh lebih lama. Kotoran - kotoran tersebut mengandung banyak zat - zat yang berbahaya buat tubuh, yang mana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Mengganggu Organ-Organ Pencernaan
Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ - organ tubuh yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal dan saluran kencing akan terganggu fungsinya.

3. Proses Pencernaan Akan Terganggu
Dengan menahan kencing, secara tak langsung hal tersebut akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri Anda. Ketika proses pencernaan yang seharusnya selesai, namun tidak dilaksanakan maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan yang berikutnya.


4. Akan Muncul Penyakit-Penyakit Dan Infeksi Pada Organ Pencernaan
Dengan menahan kencing, berarti Anda akan mempermudah tubuh Anda untuk mengalami penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. 

Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi akibat sering menahan kencing:
  • Sakit Ginjal - disebabkan pengumpulan urine yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal.

  • Batu Ginjal - batu pada ginjal akan terbentuk ketika urine yang berkumpul pada bagian ginjal mulai bergumpalan dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi karena urine memiliki kandungan kristal yaitu Kristal garam yang akan bergumpal dan mengeras serta jadi semakin banyak.

Batu ginjal akan menyebabkan terjadinya:
  • Infeksi pada ginjal
  • Rasa sakit dan pedih ketika kencing
  • Sulit untuk kencing
  • Sering pedih di bagian ulu hati
  • Infeksi Saluran Kencing

Kencing yang teratur dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Selain itu, minumlah air putih secukupnya setiap hari karena air putih dapat mengencerkan cairan urine Anda sehingga zat-zat kotor yang dibawa oleh darah kemudian  disaring ginjal menjadi  tidak mudah mengendap dan terbuang secara lancar. 

Cara pencegahan lainnya adalah dengan membatasi mengkonsumsi makanan dan minuman zat kalsium oksalat, diantaranya jeruk, coklat, kejur, sayuran, jeroan dan burung dara. 


Untuk mengobati penyakit batu ginjal dapat dilakukan dengan dua acara yaitu :
  • Untuk ukuran batu ginjal yang masih tergolong kecil maka metode untuk mengeluarkan batu masih dapat dilakukan tanpa perlu dilakukannya operasi. Dokter biasanya akan menyarankan pasien minum cukup air putih setiap hari. Karena banyaknya cairan yang masuk kedalam tubuh maka diharapkan pasien membuang urine secara teratur dan banyak sehingga batu ginjal yang berukuran kecil dapat ikut keluar dengan sendirinya.

  • Jika batu ginjal sudah berukuran besar maka kemungkinan penanganannya dilakukan dengan cara  operasi namun cara ini jarang dilakukan. Operasi baru akan disarankan jika batu tersebut berukuran besar sehingga menyumbat saluran kemih sang pasien dan jika tidak segera ditangani maka dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah, seperti pendarahan atau bahkan kerusakan ginjal.


Urine merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan pengumpulan urine akan menimbulkan infeksi pada bagian saluran kencing. 

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang menempel pada bagian saluran kencing. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sekali untuk tidak menahan kencing jika memang merasa ingin buang air kecil agar terhindar dari efek samping yang berbahaya dari menahan kencing. Semoga artikel ini bermanfaat (dee)

Sumber : www.wom.my