Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit. Kulit adalah salah satu panca indera tubuh yang penting untuk melindungi tubuh kita dari berbagai gangguan kesehatan tubuh yang diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Oleh karena itu, menjaga dan melakukan perawatan kulit secara rutin sangatlah penting. Selain berguna sebagai pelindung, memiliki kulit yang sehat dan cantik juga menjadi  faktor yang sering sekali dijadikan penilaian seseorang terhadap diri kita saat bertemu. 

Kecantikan dan kesehatan kulit sangat tergantung pada pola makan yang sehat.Semakin baik asupan nutrisi kita maka semakin sehat dan bersinar pula kulit kita.  Selain melakukan perawatan kulit secara rutin, cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah dengan menberikan nutrisi yang baik bagi kulit dari makanan yang kita makan. Asupan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan oleh kulit setiap harinya agar tetap sehat dan mampu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Sangat banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit? 

Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit


  • Vitamin A dan Beta Karoten

Vitamin A sangat penting untuk perbaikan dan pemeliharaan kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit kering dan bersisik maka  itu dapat menjadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin A. Beta Karoten yang merupakan prekursor vitamin A adalah antioksidan yang ditemukan dalam makanan berwarna cerah.  Beta Karoten membantu untuk mengurangi kerusakan akibat radikal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.  Sumber vitamin A dan beta -karoten dari makanan berupa  hati, asparagus, polong-polongan, kangkung , bayam, telur, kentang, melon, dan paprika. Pemakaian vitamin A dalam krim perawatan kulit berfungsi untuk mengurangi pembentukan komedo, mengurangi kerutan halus, dan mencerahkan wajah.

  • Vitamin B Kompleks

Didalam kandungan vitamin B terdapat satu nutrisi dasar yang disebut Bioitin. Biotin ini bertugas menjaga kesehatan sel-sel kulit, kuku dan rambut. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan dermatitis (gatal, reaksi kulit bersisik)atau rambut rontok. Tubuh kita sendiri dapat memproduksi biontin ini diproduksi oleh tubuh, namun kita juga bisa mendapatkan zat ini dari makanan seperti pisang, telur, oatmeal dan beras.


  • Vitamin C

Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa vitamin C mampu melawan pengaruh negative dari paparan sinar matahari. Vitamin C bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, asap, dan polusi. Radikal bebas ini merusak kolagen dan elastin, serat yang mendukung struktur kulit, menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan dini. Vitamin C juga berperan dalam sintesis kolagen sehingga dapat menjaga kelembutan dan kekencangan kulit . Vitamin C mudah dan banyak kita temui dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat berperan penting dalam membangun sistem imunisasi pada kulit dan pembentukan epitel. Vitamin D yang terdapat pada kulit diaktifkan melalui bantuan sinar matahari, itulah sebabnya disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi hari setidaknya 20 menit sampai dengan 30 menit . Vitamin D juga bisa kita dapatkan dari makanan yaitu kuning telur, hati, krim, mentega dan minyak hati-ikan.

  • Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang juga berfungsi untuk menjaga kekenyalan  dan kelenturan kulit. Seperti vitamin C, vitamin E juga dapat mengurangi efek buruk akibat pembentukan radikal bebas di kulit yang disebabkan oleh sinar matahari (UV) sehingga dapat memperlambat munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan dini. Vitamin E terdapat pada makanan yaitu kacang-kacangan, ikan tuna, tauge, alpukat, lobster, dan minyak zaitun.



  • Zinc (Seng)

Zinc (seng) merupakan mineral penting yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan untuk menyembuhkan luka . Zinc juga bertugas untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya . Jika Anda menderita jerawat, bis ajadi itu tandanya Anda kekurangan zat zinc pada tubuh. Zinc dapat membantu mencegah jerawat dan mengatur produksi minyak pada kulit . Makanan yang mengandung  zinc yang tinggi adalah : tiram, unggas, biji labu, jahe, kacang-kacangan, jamur dan biji-bijian.


Selenium merupakan antioksidan mineral kuat yang dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit . Selenium  juga berguna untuk mencegah jerawat  dan membantu dalam pencegahan kanker kulit. Selenium dapat membantu penyerapan vitamin E dan meningkatkan fungsi antioksidan vitamin E di kulit sehingga hasilnya kulit tampak bersinar dan mengurangi kerusakan kolagen kulit . Sumber makanan yang mengandung selenium adalah kacang brazil,  kakap merah, ikan tuna, hati, gandum, ikan, bawang, makanan laut, biji-bijian, beras merah, dan unggas.

  • Omega 3

Jika kulit Anda kering, rentan terhadap peradangan, dan sering dihiasi dengan komedo, bisa jadi itu pertandabahwa Anda kurang Omega 3. Tanpa pasokan yang cukup dari Omega 3, kulit menghasilkan bentuk yang lebih kental dari sebum yang dapat mengakibatkan masalah seperti komedo dan jerawat. Omega 3 bermanfaat untuk penyembuhan di berbagai kondisi peradangan seperti eksim, berperan untuk perbaikan kulit , kadar air dan fleksibilitas keseluruhan. Karena tubuh tidak memproduksi Omega 3 ini  maka harus diperoleh melalui makanan. Sumber makanan tinggi omega -3 antara lain: kacang-kacangan, flaxseed,salmon, makarel, sarden , chiaseed dan pil minyak ikan. 

Setiap orang bisa mendapatkan semua nutrisi kulit yang  mereka butuhkan dari multivitamin, mineral dan pola makan yang sehat. Salam - Tips Hidup Sehat Dan Cantik Alami (dee)
Sumber : www.wom.my