Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah Secara Alami


Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah Secara Alami. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Faktor internal yaitu adanya gangguan dari dalam tubuh, misalnya sakit berkepanjangan dan kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal bisa terjadi karena sinar matahari, polusi, asap rokok, makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Untuk menjaga agar kulit tubuh dan wajah tetap terlihat cantik dan kencang ketika usia semakin bertambah maka kamu perlu menjaga kesehatan terutama dengan menjalankan  diet sehat.

Ada banyak cara alami, termasuk diet sehat yang dapat mencegah terjadinya proses penuaan  tanpa membahayakan kesehatan tubuh. Selain melakukan diet sehat, ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat kamu jadikan sebagai rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Lagipula seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan semakin mudah terkena gangguan kesehatan.

Faktor-faktor penyebab  terjadinya penuaan dini :

Sinar Matahari
Menurut penelitian, paparan sinar matahari yang berlebihan adalah faktor terbesar (sekitar 80%) penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari, terutama sinar ultra violet dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit. Akibta buruk lainnya , p terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit, terjadinya pembentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit, menurunnya fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit.

Polusi
Polusi dapat menyebabkan stress oksidatif pada kulit dan radikal bebas yang dihasilkan dari proses ini akan memicu terjadinya pemecahan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam dan mudah timbul keriput.

Nutrisi yang buruk
Setiap saat kulit memerlukan nutrisi untuk terus memperbarui sel-sel dan melawan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Asupan nutrisi yang tidak seimbang, rendah serat dan rendah vitamin  dapat menyebabkan menurunnya kesehatan kulit.  Tanpa nutrisi yang baik maka proses penuaan dini pada kulit akan lebih cepat terjadi.

Merokok.
Bagi seorang perokok, proses terjadinya penuaan dini akan lebih cepat karena nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan berkurangnya kelembaban kulit akibat dari kurang cairan pada sel-sel kulit. Selain itu juga, salah satu dampak buruk merokok dalam jangka waktu yang lama adalah menurunnya aliran darah pada arteri dan kapiler kulit wajah, sehingga dapat menyebabkan kematian sel kulit. Berkurangnya aliran darah akan menyebabkan hambatan dalam aliran nutrisi dan oksigen ke kulit dan menumpuknya produk buangan pada sel-sel kulit.

Minuman Beralkohol
Seseorang yang minum alkohol akan cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga akan menyebabkan buruknya asupan nutrisi kulit, seperti berkurangnya kadar vitamin A pada kulit wajah yang sebenarnya berfungsi sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Ciri - ciri terjadinya penuaan dini :

1. Adanya Keriput Pada Ujung Mata
Munculnya keriput disebabkan karena kolagen yang mengatur elastisitas kulit rusak akibat dari radikal bebas yang merusak DNA dan membran sel pada kulit. 
Jika ditambah dengan  kebiasaan buruk merokok dan sinar ultra violet matahari maka keriput akan semkain banyak dan  jelas terlihat. 

2. Flek Hitam Pada Wajah
Tanda penuaan dini pada kulit adalah munculnya flek hitam pada wajah. Biasanyaflek hitam akan menimpa seseoran gyang terlalu sering /biasa berada di luar ruangan dan terkena paparan sinar ultraviolet matahari. Flek atau bercak hitam umumnya terjadi pada kulit bagian wajah, tangan, kemudian dahi juga bahu.

3. Kulit Menjadi Kasar Dan Kering
Radikal bebas dan sinar matahari yang terik menyebabkan kolagen yang terdapat pada kulit menjadi tidka elastis sehingga kulit akan menjadikasar dan kering. 

4. Pori Pori Membesar
Penuaan dini pada kulit juga dapat dicirikan dengan adanya  pori-pori kulit yang  semakin besar. Selain itu juga, sel-selu kulit mati akan bertumpuk pada sekitar pori. 

5. Lingkar Hitam Pada Kantung Mata (Mata Panda)
Selain karena faktor usia, lingkar hitam pada kantong mata (mata panda) juga dapat terjadi karena penuaan dini.  Melemahnya struktur jaringan dan otot pendukung kelopak menjadi sebab timbulnya mata panda. Kulit mulai mengendur dan lemak yang biasanya berada di sekitar mata dapat pindah ke area di bawah mata.



Berikut ini adalah cara mencegah penuaan dini pada wajah secara alami 

1. Jangan Mengabaikan Olahraga
Berolahraga adalah cara terbaik untuk mencegah proses penuaan. Sungguhpun begitu, jangan terburu-buru untuk memulainya dengan aktivitas olahraga yang tinggi ataupun terlalu ekstrem. Lebih-lebih lagi kamu jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Untuk langkah permulaan lebih baik jika kamu melakukan olahraga ringan terlebih dahulu namun dilakukan dengan sering dan jadikan sebagai rutinitas dalam kegiatan sehari-hari. Untuk kamu yang gemar melakukan olahraga berat, jangan lupa makan dan minum dengan benar sebelum dan sesudah berolahraga agar terhindar dari dehidrasi.

2. Hindari Udara Kotor
Masalah kesehatan yang berhubungan dengan proses penuaan, salah satunya adalah bersumber dari radikal-radikal kotor yang bebas berada di udara. Nikmatilah udara segar dengan meluangkan waktu untuk berjalan-jalan, jogging atau bersepeda di pagi hari sebelum matahari semakin meninggi.

Terkena paparan sinar matahari yang terlalu sering dan lama dapat mengakibatkan kanker kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam. Agar kulit sehat dan nampak lebih awet muda, sebaiknya kamu menghindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan gunakan selalu 'sunblock', topi atau kacamata hitam untuk melindungi diri.

3. Tarik Nafas Dalam-dalam
Banyak penyebab awal proses penuaan alami yang berasal dari stress. Relakskan diri serta pikiran kamu dengan menarik nafas dalam-dalam. Tindakan ini dapat mengembangkan paru-paru lebih maksimal sehingga membantu sistem saraf beristirahat.

4. Istirahat dan Tidur Yang Cukup
Wajah kamu berjerawat? Ada lingkaran hitam di bawah mata ? Tidur adalah cara terbaik untuk menyembuhkan atau meredakannya. Regenerasi kelenjar adrenal terjadi ketika tubuh memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan tidur. Daya tahan tubuh pun menjadi lemah ketika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan tidur.


5. Makan Makan Bergizi
Khasiat tinggi yang terdapat dalam berbagai jenis sayuran hijau dapat membantu sel-sel kulit agar tetap segar. Makanlah sebanyak mungkin sayuran serta buah-buahan.

6. Meningkatkan Antioksidan
Makan makanan yang tinggi antioksidan dapat mengatasi radikal bebas yang beredar dalam tubuh sebagai penyebab penuaan.Makanlah buah seperti strawberry, kacang -kacangan dan sayur-sayuran. Kunyit, kayu manis dan oregano merupakan bumbu yang sangat bagus untuk tubuh.

Suplemen yang mengandung gingko biloba atau makan makanan seperti ginseng juga dikatakan mampu menajamkan daya ingat. Nutrisi lain, yang dapat meningkatkan daya ingat adalah karbohidrat kompleks yang terdapat pada gandum, Omega-3 dan vitamin D. Mengonsumsi jenis makanan ini secara rutin mampu mempertahankan daya ingat yang kuat sampai kamu tua.

7. Kurangi Kafein
Kopi dan minuman keras dapat mengakibatkan dehidrasi dan penuaan. Wajah akan memiliki banyak keriput jika sel tubuh mengalami dehidrasi. Mengonsumsi selalu buah-buahan serta sayuran segar yang kaya dengan kandungan air serta minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu menyelamatkan kamu dari nampak tua!

8.Tidak Merokok
Tidak ada sedikitpun kebaikan dari rokok! Bahkan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok hanya akan merusak organ internal  serta penampilan fisik kamu.

Kebiasaan buruk ini dapat membuat kulit menjadi kusam, berkerut serta menampakkan kulit wajah yang tidak sehat. Merokok juga menganggu perjalanan darah dan membatasi oksigen serta nutrisi menuju ke kulit.

Dengan menjalankan cara nencegah penuaan dini pada wajah secara alami secara teratur dan konsisten, bukan hanya kesehatan kulit yang bisa didapatkan namun juga kualitas hidup juga akan meningkat secara signifikan. Selamat menjalankan pola hidup sehat.  (dee)

Sumber : www.wom.my