6 Penyebab Utama Perut Menjadi Buncit

6 Penyebab Utama Perut Menjadi Buncit

Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan semua orang. Mari kita ketahui pasti penyebab perut buncit di sini ..

Tahukah Anda? tubuh yang ramping, bebas lemak dan padat berisi menjadi impian banyak orang. Namun, untuk memilikinya tidak semudah yang disangka. Apalagi, jika memiliki perut buncit!

Memiliki masalah dengan perut buncit atau gendut tentulah sangat menganggu, terutama bagi kaum wanita. Perasaan malu dan kehilangan kepercayaan diri pasti ada bagi wanita yang ingin berpenampilan lebih menawan.

Lalu apa penyebabnya? Berikut ini  6 penyebab utama perut menjadi buncit

1. Makan berlebihan
Mereka yang cenderung makan berlebihan pada akhir pekan. Pada akhir pekan, seperti sabtu dan minggu biasanya kita berjalan-jalan, entah ke mall ataupun ke tempat rekreasi. Pada saat seperti inilah Anda cenderung untuk mengkonsumsi makanan berlebih dan tentu saja akan mengakibatkan meningkatnya asupan lemak. Untuk menghindari kalori berlebihan pada akhir pekan,sebaiknya tetap memperhatikan jumlah asupan makanan.

Selain itu juga, gula dan alkohol yang terkandung dalam minuman keras dapat membuat otot menjadi kendur. Minuman keras yang diharamkan bagi masyarakat muslim ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ia mengandung banyak kalori dan bisa menyebabkan seseorang makan lebih banyak dari biasanya.

Begitu juga dengan tembakau yang dapat merusak kerja pencernaan. Jika Anda merokok setelah makan, Anda pasti akan merasa kembung. Jadi, berhentilah merokok!


2. Makan Dengan Tergesa-gesa
Ketika makan dengan tergesa-gesa, Anda sebenarnya telah mengorbankan waktu yang diperlukan bagi perut untuk mencerna makanan yang masuk. Hal ini dapat membuat tubuh tidak sempat memberikan sinyal kenyang.

Sediakan waktu, kurang lebih 20 menit untuk mengunyah sehingga dapat memberikan sinyal kenyang dan mampu menghindari dari nafsu makan secara berlebihan. Cara terbaik untuk menikmati makanan adalah duduk dan tenang diri terlebih dahulu kemudian makan dan kunyah dengan perlahan.


3. Tidur Setelah Makan
Hindari langsung tidur setelah selesai menikmati hidangan. Tidur setelah makan menyebabkan proses pencernaan usus tidak dapat bekerja dengan baik dan menyebabkan perut menjadi buncit!

4. Stress
Stress dapat menganggu tugas tubuh dan pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang. Situasi ini akan menimbulkan masalah pada kemampuan tubuh dalam menyimpan lemak. Hasilnya, perut Anda akan terlihat mengembang.

Wanita yang tingkat stressnya lebih tinggi cenderung memiliki lemak perut berlebih meskipun dia tidak kelebihan berat badan. Kemungkinan ini terjadi disebabkan oleh efek dari hormon stres kortisol.


5. Pola Pemikiran Yang Salah
Makanan adalah hal yang penting dalam kehidupan. Makanan bukanlah musuh, dan diet apapun yang mengatakan itu tidak baik bagi tubuh Anda. Berada pada pola diet yang salah hanya akan membuat berat badan Anda cepat turun namun akan cepat pula naiknya ketika Anda berhenti diet. Untuk memiliki berat badan yang ideal maka yang Anda perlukan adalah nutrisi yang seimbang.


6. Makan Tidak Teratur
Melewati jam makan adalah cara lain yang akan membuat metabolisme tubuh Anda menjadi tidak menentu. Tubuh akan mengumpulkan lemak yang lebih untuk menutupi kekurangan nutrisi. Makanlah 'snack' ringan seperti segenggam kacang atau sereal ketika Anda mulai lapar. Hindari makan setelah jam tujuh malam, ketika metabolisme berada pada titik lemahnya.

Perhatian !

Menurut penelitian, setiap orang memiliki 'six pack', namun tidak semua dapat dilihat secara fisik karena terjadinya pengumpulan lemak yang menimbun di perut. Untuk mendapatkan perut rata, salah satu caranya adalah melalui 'fitness' dan menjaga pola makanan sehat yang seimbang.

Selain itu, Anda harus seimbangkan asupan protein, serat dan menjaga kebutuhan cairan di tubuh karena akan meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh dan membakar kalori. (dee)

Sumber : www.wom.my