Bahaya Rebonding Rambut Bagi Kesehatan.

Bahaya Rebonding Rambut Bagi Kesehatan.
Tidak peduli kamu berhijab atau tidak, rambut tetaplah  mahkota paling berharga bagi seorang wanita. Siapa yang tidak mau memiliki rambut yang lurus dan cantik ketika ditiup angin? Memiliki rambut yang indah menjadi idaman setiap wanita,aset yang paling berharga untuk dipelihara agar selalu sehat dan tampak cantik. Namun,ini tidak berarti kamu bisa melakukan apa saja demi rambut nampak cantik dipandang mata tanpa mempertimbangan perawatan rambut. Keinginan banyak wanita untuk memiliki rambut yang mudah diatur, mudah disisir, bersinar dan lurus menyebabkan banyak wanita memilih untuk memakai cara rebonding rambut tetapi apa kamu tahu atau mengerti tentang bahaya rebonding rambut bagi kesehatan?

Rebonding rambut adalah sejenis teknik meluruskan rambut dengan menggunakan bahan kimia tertentu yang melalui proses yang tertentu. Bahan kimia tersebut akan mengurai struktur rambut asli dan membangunnya kembali sesuai bentuk yang diinginkan.

Rambut yang melalui teknik rebonding akan tetap dalam keadaan lurus sampai rambut baru tumbuh. Rambut adalah salah satu jaringan di dalam tubuh yang paling cepat tumbuh. Rebonding rambut tak akan mungkin bertahan lama.Walaupun cantik itu hanya sementara, efek jangka panjang rebonding rambut pasti membuat Anda berpikir berulangkali setelah mengetahui bahayanya yang bakal kamu hadapi nanti.

Bahaya Rebonding Rambut Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian bahan untuk rebonding rambut :

  • Risiko kanker.

Tahukah  merebonding rambut dapat menyebabkan kanker? Sebaiknya, hindari rebonding rambut. Efek samping ini timbul disebabkan oleh obat atau vitamin yang digunakan sebelum meluruskan rambut dengan menggunakan alat pelurus.

  • Alergi atau alergi

Bahaya lainnya adalah  dapat menyebabkan alergi pada kulit kepala. Misalnya gatal-gatal, ketombe, iritasi pada kulit, dan sebagainya.

  • Pendarahan pada hidung

Ada penelitian mengatakan, obat yang digunakan oleh salon rambut untuk teknik rebonding rambut atau meluruskan rambut adalah obat yang berbahaya. Obat tersebut mengandung sejenis bahan kimia beracun yang bisa menyebabkan pendarahan pada hidung.

  • Rambut rusak

Selain itu, rambut kamu menjadi mudah rontok dan bercabang. Hal ini disebabkan oleh tingkat kepanasan listrik yang dialirkan melalui alat pelurus tersebut akan membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak seimbang dan menyebabkan rambut sulit untuk tumbuh sehat. Selain itu, penggunaan pewarna rambut juga mempengaruhi kerusakan pada rambut.



Kandungan Bahan Kimia Di Dalam Produk Rebonding Rambut

  • Bahan kimia yang digunakan di dalam setiap produk rebonding rambut adalah Formaldehyde.
  • Larutan formalin lebih dikenal dengan nama Formaldehydedehydrogenase.
  • Larutan formalin sangat berbahaya bagi kesehatan jika kamu rentan dengan bahan kimia tersebut pada konsentrasi melebihi 20 bagian per juta.
  • Adalah larutan bahan kimia yang tidak berwarna, memiliki sifat yang mudah terbakar pada suhu kamar serta memiliki bau yang cukup menyengat atau "tajam"
  • Dapat menyebabkan rasa terbakar pada mata, hidung dan paru-paru ketika rentan pada konsentrasi yang tinggi.
  • Mudah larut dalam air dan menguap udara.
  • Digunakan dalam sektor manufaktur seperti pembuatan kertas, kayu lapis, resin urea formaldehida, rumah sakit dan di laboratorium untuk tujuan pengawetan jaringan spesimen.
  • Merupakan karsinogen yang bertindak sebagai mutagen yang mampu menyerang, menganggu kenormalan serta menghancurkan bahan genetik yang terdapat dalam sel tubuh korban.
  • Penelitian menunjukkan eksposur langsung terhadap larutan formalin mampu berkontribusi pada penyakit kanker paru-paru, kanker otak dan leukimia.
  • Sebagai bahan pengawet agar kualitas dan umur daging ikan dan produk makanan laut dapat bertahan dengan lebih lama.


Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding Rambut

  • Jangan menggunakan alat pengering rambut. Alat pengering rambut dapat merusak lagi jaringan rambut dan kulit kepala bahkan dalam kondisi rambut normal. Disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami dengan membiarkannya kering dengan sendirinya.


  • Jangan menggaruk kepala. Menggaruk kepala bukan hanya menandakan bahwa kondisi rambut yang tidak sehat dan memang tidak dapat dipungkiri menggaruk kepala memberikan kenikmatan tersendiri. Namun, bagi rambut yang direbonding akan merusak lagi kulit kepala jika kamu menggaruknya sekaligus merusak jaringan rambut dan menyebabkan ketombe.


  • Gunakan shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut.Cara merawat rambut rebonding dan untuk mempertahankan hasil rebonding tersebut, sebaiknya gunakan perawatan khusus yang disarankan.

  • Biasakan menggunakan sisir bergigi jarang.Sisir yang bergigi padat sebenarnya dapat merusak rambut. Hal ini bukan hanya untuk orang yang rambutnya di rebondingt tetapi untuk rambut normal juga. Penggunaan sisir bergigi jarang dapat menghindari rambut kamu rusak akibat dari ditarik terlalu kuat. (sumber www.wom.my)