Manfaat Kentang Untuk Diet dan Kesehatan

Manfaat Kentang Untuk Diet dan Kesehatan
Diet kentang merupakan salah satu cara diet yang sering dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, terutama di negara-negara Eropa. Jika dibandingkan dengan nasi, kentang memiliki kalori yang rendah sehingga cocok dijadikan makanan pengganti nasi, khususnya untuk mereka yang sedang berdiet. Kentang dipilih sebagai salah satu menu diet karena memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan alami tersebut akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan apabila dikonsumsi. Berikut informasi mengenai manfaat kentang untuk diet dan kesehatan. 


Manfaat Kentang Untuk Diet dan Kesehatan
                                            
  • Mengandung Banyak Air.

Kentang  memiliki kandungan air yang membantu Anda  merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah merasa lapar. Kandungan seratnya yang tinggi bagus untuk sistem pencernaan terutama bagi yang sedang melakukan diet. Bahkan, serat yang cukup tinggi dalam kentang ini juga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

  • Mengontrol rasa lapar

Sebagai sumber karbohidrat, kentang juga akan menambah energi Anda yang sedang mejalankan program diet. Energi ekstra ini dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk  berolahraga ataupun melakukan kegiatan bersantai. Selain itu, konsumsi kentang juga dapat mengurangi kadar kolesterol.

  • Kaya Vitamin

Sebagai salah satu jenis sayur, kentang juga dilengkapi dengan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya, vitamin C dan B5 yang akan membuat Anda lebih sehat, segar dan ceria.


Kentang selain membantu diet juga memiliki manfaat lain buat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, yaitu :
  • Meredakan stress. Kandungan vitamin B6 pada kentang membuat hormon adrenalin bereaksi pada stress sehingga membuat tubuh Anda jadi relaks dan lebih tenang.

  • Melawan Penyakit.  Selain kandungan vitamin, mineral, serta serat. Kentang juga mengandung zat 'karotenoid', yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan organ- organ internal tubuh yang lainnya. Bahkan kentang  juga membantu mengurangi kanker prostat dan kanker rahim. Kandungan vitamin B yang tinggi mencegah  pembentukan tumor serta turut mengurangi  resiko penyakit gangguan saraf. Hanya, bagi Anda yang obesitas dan memiliki penyakit diabetes tidak dianjurkan memakan kentang. Ini adalah karena kentang banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit. Ubi kentang mengandung vitamin C tinggi dan sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin B kompleks serta mineral juga bagus untuk kulit. Kentang mentah yang diparut atau dilumatkan dan dicampur dengan madu, dapat berfungsi sebagai masker wajah dan mampu mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam di bawah mata. Membuat jus kentang untuk mengatasi jerawat juga dapat dilakukan sebagai alternatif mengobati jerawat. 
  • Meningkatkan Fungsi Otak. Kandungan zat besi dan tembaga yang tinggi bagus untuk nutrisi otak. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan penting yaitu B6 dan asam folat yang merupakan salah satu zat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak.
  • Tekanan Darah Tinggi - Ubi kentang juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini adalah karena kandungan vitamin C dan B yang cukup banyak di dalamnya dapat membantu. Namun, hindari memakan kentang secara berlebhan, terutama bagi Anda yang menderita diabetis.Kandungan serat di dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membantu meningkatkan fungsi insulin yang ada di dalam tubuh.
Sumber : www.wom.my