Tips Kesehatan Untuk Wanita Usia 30 Tahun Keatas

Tips Kesehatan Untuk Wanita Usia 30 Tahun Keatas

Tips Kesehatan Untuk  Wanita  Usia 30-an. Saat mencapai usia 30-an, Anda sangat disarankan untuk lebih sering dan teratur  dalam melakukan pemeriksaan kesehatan agar kesehatan tubuh kita dapat  terus terjaga dan diperhatikan dengan sepenuhnya. Ini karena setelah menjangkau usia 30-an, daya tahan dan kondisi tubuh kita akan mulai menurun dan memberikan sinyal sakit jika tidak dijaga dengan baik melalui diet dan aktivitas yang dilakukan.

Di usia 30-an, kadar hormonal tubuh juga mengalami gangguan akibat penurunan hormon estrogen dan progesteron. Kondisi gangguan hormonal ini juga dapat diperparah oleh faktor eksternal  seperti menggunakan pil kontrasepsi, gaya hidup yang tidak sehat, dan juga akibat stress. Saat stress, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berfungsi melindungi tubuh dari kondisi yang tidak biasa yang dianggap mungkin berbahaya bagi tubuh. Tapi, efek buruk dari pelepasan hormon kortisolin adalah  bisa mengakibatkan terjadinya proses metabolisme tubuh dan   mempercepat penyusutan tulang.Selain itu juga, peningkatan hormon kortisol yang berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Pada orang yang kelebihan berat badan dan metabolisme tubuhnya terganggu, kemampuan tubuh untuk memulihkan dirinya sendiri pun menjadi menurun. Sehingga, jika tubuh terasa pegal-pegal, rasa pegal itu akan sulit hilang

Berikut ini adalah tips kesehatan untuk wanita usia 30-an. :

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan.Diusia 30-an sudah saatnya bagi Anda untuk lebih sering melakukan pemeriksaan kesehatan . Lakukanlah  tes pap-smear, tekanan darah dan tes darah untuk mengidentifikasi tingkat kadar kolesterol dalam darah. Dengan lebih sering melakukan tes darah dan pemeriksaan kesehatan maka Anda akan dapat  lebih peduli dengan kesehatan diri sendir dan mendeteksi penyakit secara dini dengan lebih baik. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit turunan keluarga melalui genetic  maka harus lebih memberikan perhatian agar selalu dapat dimonitor dengan lebih awal.

  • Kurangi stress.Kurangi ketegangan dalam berbagai persoalan baik di tempat kerja maupun di lingkungan rumah. Semakin Anda rileks maka akan semakin mudah tubuh  dalam menangani kadar stres. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga merupakan salah satu yang mampu mengurangi perasaan tidak nyaman seperti stres.

  • Senam.Tahukah Anda bahwa dengan meningkatnya usia maka semakin rendah metabolisme dalam tubuh . Ini berarti risiko untuk terkena obesitas menjadi lebih  terbuka dan sekaligus meningkatkan risiko untuk terkena penyakit diabetes, penyakit jantung dan arthritis. Agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut , lakukanlah latihan fisik / senam dengan lebih sering setidaknya sekali seminggu.

  • Istirahat yang cukup. Aktivitas yang banyak tentu akan membuat tubuh wanita lelah. Namun pada kenyataanya banyak wanita yang disibukkan dengan bermacam aktivitas dan terganggu waktu istirahatnya. Hal inilah yang mendasari banyak wanita yang sulit memejamkan mata pada malam hari. Untuk istirahat malam yang baik dibutuhkan waktu 7 hingga 8 jam

  • Perhatikan pola makan sehat. Bila metabolisme tubuh Anda berkurang ini berarti bahwa Anda tidak lagi dianjurkan untuk sring-sering mengkonsumsi makanan ringan (snack, junk food,dll)  karena akan berdampak buruk pada tubuh Anda seperti obesitas, darah tinggi,dll. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, sayur mayur, ikan segar dan sumber protein yang lain. Kulit Anda juga akan lebih cantik dan sehat dengan konsumsi makanan yang sehat.


  • Kurangi menonton televisi.Pada kenyataannya kaum wanita memang sulit untuk membatasi dirinya dalam melakukan aktivitas ini, pasalnya dengan melihat televisi justru dapat memperkaya informasinya. Namun berinteraksi dengan orang-orang terdekat atau melakukan aktivitas luar akan jauh lebih baik jika dibandingkan menonton televisi, karena tubuh akan bergerak dengan dinamis dan mendapat asupan oksigen yang cukup. 
  • Travelling ke tempat yang menyenangkan. Berbagai rutinitas wanita yang tiada henti tentu dapat meningkatkan stres pada pikirannya. Mulai merencanakan waktu untuk pergi berekreasi ke tempat-tempat indah yang masih asri dengan pemandangan alam yang menawan, pastilah dapat menenangkan jiwa anda.

  • Jaga asupan kalsium. Apakah tulang Anda sudah mendapat asupan kalsium yang cukup? Anda tidak akan merasakan betapa baiknya mendapat asupan kalsium sebelum mencapai  usia 30-an. Setelah umur Anda mencapai usia 30-an, resiko  tulang terkena osteoporosis  akan lebih terbuka  ketika sedikit demi sedikit kalsium hilang dari dalam tulang. Sebaiknya Makanlah makanan yang mengandung kalsium  setidaknya 100mg kalsium setiap hari seperti yogurt, keju dan susu yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

  • Jaga kesehatan kulit.Pada tingkat usia 30-an, kulit akan lebih mulai timbul kerutan dan garis-garis halus baik karena penuaan ataupun terkena efek sinar matahari.  Ini terjadi  karena produksi kolagen dalam tubuh berkurang ketika usia kita semakin meningkat. Tapi bukan sesuatu yang terlambat untuk menjaga dan memulihkan kulit Anda.  Hindari efek buruk sinar matahari dengan menggunakan pelembab kulit dengan SPF 30 atau ke atas. Gunakan pembersih wajah dua kali sehari dan pastikan untuk selalu menghapus makeup dan  mencuci wajah setiap hari sebelum tidur.

  • Batasi penggunaan gadget anda. Handphone atau ponsel maupun laptop adalah barang berharga bagi semua orang termasuk wanita di era modern ini. Namun, terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget-gadget tersebut tentulah beresiko bagi kesehatan anda seperti menganggu waktu tidur dan terbatasnya waktu berinteraksi dengan keluarga secara langsung.


Demikianlah tips untuk menjaga kesehatan untuk para wanita  yang sudah mencapai  usia 30-an. Intinya adalah menjaga kesehatan tubuh itu mudah sekali untuk dilakukan. Semoga dengan informasi mengenai tips kesehatan wanita yang memasuki usia 30 tahun keatas ni dapat menjadi inspirasi bagi semua wanita agar selalu menjaga kesehatannya.

Sumber : www.wom.my