6 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Tips Merawat Rambut

Tips Merawat Rambut. Anda berhijab dan memiliki masalah rambut seperti rontok berlebihan atau bercabang? Yuuk kita ketahui tips merawat rambut untuk wanita yang berhijab.

Memiliki rambut yang cantik, bersinar dan sehat memang menjadi impian setiap wanita. Namun, bagi wanita yang berhijab, Anda tentunya sering berhadapan dengan masalah rambut seperti rambut rontok, rusak atau kering dan sebagainya.


Meskipun berhijab, Anda sebenarnya tetap dapat memiliki rambut indah dan sehat.


Berikut ini adalah  6 tips merawat rambut untuk wanita yang berhijab.

1. Keramas secara teratur
Keramaslah secara teratur minimal dua kali sehari. Pilih shampo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya yang berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengurangi kerusakan. Selalu gunakan conditioner rambut setelah keramas agar rambut selalu lembut, harum dan kuat.

2. Gunakan masker rambut dan hair tonic
Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Pati alpukat bagus untuk rambut kering, sedangkan pati jeruk nipis sesuai untuk rambut berminyak dan berketombe. Ginseng dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut.

Gunakan masker rambut setelah keramas, sapukan secara merata pada rambut. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas kembali menggunakan air bersih. Untuk membantu menguatkan akar rambut, manfaatkan hair tonic.

3. Rajin Menyisir Rambut
Untuk menjaga rambut, rajin-rajinlah menyisir rambut minimal empat kali sehari. Menyisir rambut sama juga seperti 'memijat' kulit kepala yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi darah dibagian kepala. Sebaiknya gunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk mencegah kerusakan rambut. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi saja karena kerusakan dapat dimulai dari garis belahan rambut.


4. Pastikan Rambut Kering Ketika Memakai Hijab
Jangan mengenakan hijab saat rambut dalam kondisi basah, karena kadar kelembaban yang tinggi itu akan menyebabkan kerusakan rambut serta bakal meninggalkan bau rambut yang tidak sedap. Biarkan rambut kering secara alami. Jika memang diperlukan menggunakan pengering rambut, gunakan dengan suhu yang rendah serta jarak 10 -15 cm dari rambut.

5. Lebih Bagus Jika Berambut Pendek
Coba hindari rambut yang terlalu panjang karena akan membuat kulit kepala terasa lebih panas dan gatal akibat kurangnya sirkulasi udara.

6. Bahan Kain Hijab
Gunakan hijab dari bahan 'cotton'. Ada berbagai jenis material dan bentuk hijab, dan sebagai pengguna Anda harus bijak untuk memilihnya. Pemilihan hijab cukup mempengaruhi kesehatan rambut. Memilih hijab dari bahan 'cotton' atau 'spandex' baik untuk kesehatan rambut karena tidak panas dan mudah menyerap keringat. Kondisi ini akan mencegah rambut dan kulit kepala menjadi lembab. Kelembaban inilah yang menyebabkan ketombe.

Semoga bermanfaat (dee)