Cara Memeriksa Payudara Untuk Mencegah Kanker

Cara Memeriksa Payudara Untuk Mencegah Kanker
Sehat dan Cantik Alami - Kita dapat merasakan perubahan pada payudara apabila ia membengkak atau tertekan karena pemakaian bra yang terlalu ketat, tetapi adakah kamu tahu bentuk payudara yang normal? Sebuah kampanye yang diadakan di luar negeri membangunkan sebuah kesadaran kepada kaum wanita tentang bentuk, ukuran dan keadaan payudara yang normal, supaya para wanita segera menyadari jika terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki padanya. Jadi bagaimana sebenarnya cara untuk memeriksa jika terdapat perubahan pada payudara ?

Kita perlu memeriksa payudara minimal sebulan sekali. Pemeriksaan terbaik dilakukan pada waktu antara tujuh  sampai sepuluh hari sebelum haid yang akan datang. Jika kamu sedang tidak datang haid maka  periksalah pada hari pertama setiap bulan.

Berikut adalah cara-cara memeriksa payudara untuk mencegah kanker payudara : 

  • Saat Mandi. Angkat sebelah tangan. Dengan menggunakan satu jari, gerakkan secara mendatar perlahan-lahan ke semua bagian payudara. Gunakan tangan kanan untuk memeriksa payudara sebelah kiri dan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan. Periksalah apakah ada terdapat gumpalan atau ketulan keras di payudara anda.


  • Berdiri di hadapan cermin. Dengan mengangkat kedua-dua tangan ke atas kepala, putar perlahan-lahan dari sisi kanan ke sisi kiri. Pegang pinggang anda, tekan turun perlahan-lahan ke bawah untuk menegangkan otot dada dan mendorong payudara kamu ke depan. Perhatikan jika terdapat sesuatu perubahan seperti ukuran, bentuk dan kontur setiap payudara. Lihat sama ada terdapat kedutan, lekukan atau puting menjorok ke dalam. Secara perlahan-lahan pencet puting payudara kamu dan lihat jika ada cairan yang keluar. Lihatlah apakah cairan tersebut jernih atau disertai darah.


  • Ketika berbaring. Letakkan bantal di bawah bahu kanan dan tangan kanan diletakkan di belakang kepala untuk memeriksa payudara sebelah kanan. Tekan kamu mendatar dan bergerak perlahan-lahan dalam bentuk bulatan kecil, bermula dari bagian pangkal payudara. Selesai satu putaran, bergerak 1 inci (2.5cm) ke arah puting. Lakukan putaran untuk memeriksa setiap bagian payudara termasuk puting. Ulangi cara yang sama pada payudara sebelah kiri dan rasakan jika terdapat suatu benjolan pada bagian bawah payudara atau sepanjang atas tulang selangka kamu .




Demikian cara memeriksa payudara untuk mencegah kanker payudara. Semoga kita semua dihindarkan dari penyakit kanker payudara. Aamiin. (Dari berbagai sumber)