Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang Yang Aman Dan Mudah

Cara merawat rambut agar tidak bercabang 


Cara merawat rambut agar tidak bercabang
Sehat dan Cantik Alami - Salah satu tanda bahwa rambut anda sudah memerlukan perawatan dan harus dítrim (dipotong sedikit) adalah saat ujung rambut mulai bercabang atau terbelah dua seperti lidah ular.  Cara merawat rambut agar tidak bercabang yang terbaik dan biasa dilakukan adalah dengan selalu  memotong sedikit (trim) ujung rambut. Mengapa kita perlu mentrim atau memotong sedikit ujung rambut secara teratur? Karena pemotongan rambut yang biasanya sebanyak 1 - 3 cm ini berguna untuk menghilangkan ujung rambut yang kering, rapuh dan bercabang.

Sebenarnya apa sih rambut bercabang itu? Rambut bercabang atau split ends, sering juga disebut trichoptilosis adalah kondisi di mana batang rambut terganggu kandungan asam amino dan proteinnya. Protein ini yang merupakan pembentuk keratin dalam rambut sebagai zat utama yang menjadikan batang rambut kita lebih sehat dan kuat. Rambut kering, rapuh dan bercabang juga sering disebabkan karena kebiasaan kita yang sering berpanas-panas di bawah sinar matahari langsung, hobi mengganti warna rambut, atau seringnya kita menggunakan curling iron atau hair dryer.

Dalam melakukan perawatan rambut, jangan mudah terpedaya oleh produk-produk yang menjamin bisa mengatasi masalah rambut bercabang ini. 

Kamu bisa melakukan  beberapa cara merawat rambut agar tidak bercabang yang aman dan mudah dilakukan dibawah ini. 

  • Penggunaan conditioner rambut.

Conditioner rambut digunakan setelah  selesai keramas dengan shampoo dan dibilas dengan air bersih. Penggunaan conditioner  bertujuan untuk melembutkan rambut dan meminimalisir rambut yang kusut. 

  • Rajin merapikan rambut. 

Jangan biarkan rambut terus memanjang tanpa dirapikan sebagian ujungnya. Setidak-tidaknya, rapikan bagian ujung rambut setiap 6 bulan sekali. Selain membuat potongan rambut kembali rapih juga mengurangi masalah rambut bercabang.

  • Hindari menggunakan air panas saat mencuci rambut (keramas).

Memang rasanya sungguh nyaman jika menggunakan air panas untuk mandi dan mencuci rambut terutama saat badan terasa lelah setelah seharian beraktifitas. Namun tahukah kamu? rambut akan kehilangan kelembaban dan mengakibatkan rambut kering serta bercabang jika kamu sering mandi dengan air panas.



  • Menggunakan mayonais pada rambut bercabang. 

Selain untuk dikonsumsi, ternyata mayonais juga dapat dimanfaatkan sebagi pengganti conditioner yaitu untuk melembutkan rambut.  Caranya adalah ambil satu sendok makan mayonais kemudian usap-usapkan ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, bungkus rambut anda menggunakan shower cap. Biarkan antara 10 - 15 menit dan setelah selesai cuci rambut (keramas) dengan shampoo hingga bersih kemudian bilas dengan air.

  • Penggunaan sisir yang benar

Gunakanlah sisir yang bergigi jarang supaya tidak menimbulkan luka pada kulit kepala saat menyisir rambut yang kusut. Dengan sisir yang bergigi jarang, kulit kepala kamu tidak akan mengalami luka  dan rambut tidak mudah rusak.

Agar rambut tetap terjaga kesehatannya dan terlihat indah, sebaiknya sejak awal terapkanlah cara merawat rambut agar tidak bercabang ini dengan rutin .