Cara Mengatasi Masalah Kulit Kusam Dan Gelap Pada Wajah

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kusam Dan Gelap Pada Wajah
Sehat dan Cantik Alami - Mengalami masalah kulit kusam dan gelap pada wajah merupakan salah satu ketakutan yang dialami banyak wanita. Namun tahukah kamu bahwa kulit kusam dan gelap adalah tanda-tanda pertama terjadinya proses penuaan pada kulit  ? Kulit semakin kehilangan kesegaran alami seiring dengan meningkatnya usia selain beberapa faktor seperti kelelahan, kekurangan tidur, sinar matahari dan kotoran yang menyumbat pori-pori berkontribusi terhadap masalah ini. 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena masalah kulit kusam dan kering  hanya terjadi pada kulit bagian luar dan dapat diatasi melalui pengobatan atau penggunaan produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan alami.

Berikut adalah cara mengatasi masalah kulit kusam pada wajah


1. Pengelupasan kulit
Menurut dokter kulit, sel-sel kulit manusia yang berumur 20 tahun akan memperbaharui diri dengan cepat. Namun ketika usia mulai mencapai 30 sampai dengan 40 tahun maka pembaharuan sel-sel kulit akan melambat . Hal ini menyebabkan menumpuknya sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi kusam dan gelap. Cara  mengatasi masalah kulit kusam dan gelap adalah dengan menggunakan produk perawatan wajah yang menawarkan teknik pengelupasan. Waktu yang terbaik untuk menggunakannya adalah pada malam hari karena selain proses mengelupaskan kulit terjadi dengan maksimal juga turut membuang kotoran yang melekat di siang hari.

2. Melembabkan kulit wajah
Memberikan pelembab pada kulit wajah adalah sangat penting karena dapat menghindari terjadinya kulit kering dan kusam. Minumlah air putih sebanyak delapan gelas sehari karena selain berguna untuk mencegah dehidrasi, juga akan menjaga dan memberikan kelembaban pada kulit wajah secara alami. Gunakanlah produk pelembab dengan bahan alami karena dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit wajah serta memyegarkan kembali warna kulit.

3. Mencuci muka
Mungkin kebiasaan mencuci muka dianggap remeh dan banyak orang yang masih sering mengabaikan kebiasaan mencuci muka dua hari sekali secara rutin. Jangan sepelekan kebiasaan mencuci muka tetapi sebaliknya rutinkan di waktu pagi dan malam hari agar kotoran, debu, dan partikel-partikel jahat lainnya tidak menempel lama di wajah. Kebaikan lain dari kebiasaan mencuci muka adalah gerakan tangan kita saat mencuci muka mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit wajah.

BACA JUGA

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Wajah


4. Tidur
Waktu tidur yang cukup ternyata juga berkontribusi besar terhadap kesegaran kulit wajah karena tidak hanya memberikan kesegaran sepanjang hari tetapi ketika kita tidur sel-sel kulit memperbaharui dirinya sehingga akan memperlambat terjadinya proses penuaan kulit prematur dan kulit kusam. Menurut penelitian, saat kita tidur, otot wajah pun beristirahat dan ini akan membantu mengurangi garis atau keriput di wajah.


5. Pengobatan alami

Jika kamu khawatir dengan produk perawatan wajah berbahan kimia, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kusam dan gelap. Campuran madu dan gula pasir dapat dijadikan sebagai bahan pengelupasan kulit wajah,  untuk menyegarkan warna kulit wajah dapat menggunakan  masker campuran buah persik dan tomat .

Itulah beberapa cara mengatasi mengatasi masalah kulit kusam dan gelap pada wajah. Kuncinya adalah dengan rajin mencuci muka maka wajah akan tetap bersih. Bagi yang beragama islam, setiap hari kita membasuh muka sebagai rukun wajib berwudhu sebanyak 3 kali dan dilakun pada 5 waktu , hal tersebut akan membuat wajah kita tetap bersih dan bersinar.

Semoga bermanfaat.