7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Mengganggu Kesehatan

7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Mengganggu Kesehatan
Sehat dan Cantik Alami - Mungkin Anda tidak menyadari, apa yang Anda lakukan sehari-hari ternyata dapat mengganggu kesehatan seperti memakai celana jeans yang terlalu ketat, menyilangkan kaki ketika duduk atau mendengarkan musik dengan earphone saat tidur. 7 kebiasaan sehari-hari inilah yang dapat mengganggu kesehatan dan menyebabkan beresiko terkena penyakit tertentu.


Berikut ini adalah 7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Mengganggu Kesehatan

SILANG KAKI
Duduk dengan menyilang kaki dapat meningkatkan tekanan darah systolic (tekanan ketika jantung berdenyut sambil memompa darah) hingga 7% dan tekanan darah dialostic sampai 2%. Sebaiknya, hindari menyilang kaki lebih dari 15 menit dan jangan duduk dengan posisi dan tempat yang sama lebih dari 45 menit.


TIDUR TENGKURAP SEPANJANG MALAM
Posisi ini memang membuat Anda lebih mudah untuk tertidur. Namun, hindari tidur terlalu lama dalam posisi ini karena dapat mengganggu aliran darah pada leher Anda. Posisi tidur yang baik adalah terlentang atau miring sambil memeluk bantal guling di antara kaki.

BACA JUGA :

Cara mengatasi insomnia


MENGENAKAN SABUK TERLALU KETAT
Mengikat sabuk terlalu ketat juga dapat mengganggu sistem pencernaan Anda dan akan menekan perut serta organ internal. Efeknya, proses pencernaan tidak berjalan dengan baik. Pastikan Anda mengenakan sabuk dengan ukuran yang normal. Duduk dengan nyaman, tidak membungkuk dan bernafas dengan normal.


MEMBAWA TAS PADA SATU SISI
Kebanyakan Anda membawa tas yang disangkut di bahu pada sisi yang sama. Kebiasaan inilah yang mengakibatkan ketidakseimbangan otot dan menyebabkan rasa pegal. Sebaiknya, jangan membawa barang terlalu banyak dalam tas dan keraplah berganti antara bahu kiri dan kanan.


MELAKUKAN PEREGANGAN SETELAH BANGUN TIDUR
 Ketika bangun tidur, Anda biasa melakukan peregangan tubuh. Sebaiknya segera dihentikan, karena kebiasaan ini dapat merusak sendi pada tulang belakang. Efeknya Anda sakit pada bagian punggung dan leher. Disarankan setelah bangun tidur, lebih baik Anda terus bangun, berjalan di sekitar rumah, minum air putih atau menggosok gigi.


SERING MEMBUNGKUK
Sering membungkuk akan dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian bahu dan memberi tekanan pada tulang belikat Anda.


MEMAKAI JEANS TERLALU KETAT
Skinny jeans atau jeans terlalu ketat memang menjadi tren sekarang ini dan banyak disukai terutama oleh kaum wanita. Namun, jika dipakai setiap hari, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan karena membatasi gerakan tubuh Anda dan merasa kurang nyaman dengan aktivitas yang Anda lakukan. Bahkan jeans yang terlalu ketat juga berpotensi menekan aliran darah.

Semoga bermanfaat.
Sumber : www.wom.my