5 Hal Yang Dilakukan Sebelum Tidur Agar Kulit Sehat

5 Hal Yang Dilakukan Sebelum Tidur Agar Kulit Sehat
Sehat dan Cantik Alami - Tidur penting untuk kecantikan, tetapi apa yang kamu lakukan sebelum tertidur akan berkontribusi pada kesehatan kulitmu. Dalam artikel kali ini akan membahas tentang  5 hal yang harus dilakukan sebelum tidur agar kulit tetap sehat.



Berikut ini adalah 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum tidur agar kulit wajah tetap sehat.


Mencuci muka sebanyak dua kali
Pernahkah kamu membersihkan makeup sebelum tidur tetapi saat bangun di pagi hari disekitar mata terlihat seperti ada eyeliner yang luntur? Itu merupakan hal yang normal terutama jika kamu menggunakan makeup yang tahan lama. Apa sebabnya? Salah satu bahan pembuat bedak dasar, maskara, eyeliner, eye shadow dan sebagainya yang tahan 24 jam adalah polimer yang tidak mudah hilang dengan air, sabun atau pembersih makeup berbasis air.  

Untuk memastikan makeup benar-benar bersih dari wajah, kamu harus membersihkan wajah sebanyak dua kali. Pertama gunakan pembersih berbasis minyak untuk membersihkan makeup (minyak akan menghilangkan wax dan polimer dengan lebih efektif berbanding sabun dan air). Kemudian gunakan sabun pembersih wajah untuk bersihkan sisa-sisa kotoran dan makeup.


Membersihkan wajah dengan uap air panas
Kamu mungkin sedang tidak ada waktu untuk melakukan facial. Jangan khawatir, ada cara mudah dan praktis yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah untuk membersihkan wajah seperti facial. Taruh air panas  dalam wadah baskom, kemudian uapkan wajah kamu dengan uap yang naik dari air panas tersebut. Lakukan seminggu sekali dan sebelum mandi.

Kamu juga bisa menggunakan handuk panas. Rendam handuk ke dalam air panas atau panaskan handuk yang dibasahi di dalam microwave selama 20 detik dan letakkan pada kulit wajah. Uap air panas atau handuk panas akan membuka pori pori, membantu melonggarkan kotoran dan minyak yang menyumbat.


Mengelupas Sel Kulit Mati
Jika kulit nampak kusam dan kering, kemungkinan besar disebabkan oleh sel kulit mati. Sel kulit mati akan mengelupas secara alami setiap 28 hari namun ada kalanya ada sebagian sel-sel kulit mati yang tertinggal, berkumpul pada kulit dan tidak merata. Untuk memastikan sel-sel kulit mati mengelupas sempurna, gunakan pembersih dengan asam alpha-hydroxy setidaknya dua kali seminggu.  

Asam alpha-hydroxy akan membuat kulit wajah berseri-seri karena asam di dalam pembersih tersebut mampu menjangkau sampai jauh ke dalam kulit dibandingkan scrub biasa, menanggalkan setiap sel kulit mati yang terjebak . Mudah timbul jerawat? Gunakan pembersih dengan asam salisilat, yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan membersihkan kelebihan minyak pada kulit wajah.

BACA JUGA : 

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kusam Dan Gelap Pada Wajah


Memberi Pelembab Kulit
Pelembab membuat kulit menjadi kenyal, melembutkan penampilan garis garis halus dan membuat warna kulit nampak merata. Sebelum tidur, gunakan krim malam yang melembabkan. Ini membantu untuk mengurangi kemerahan dengan konstriksi pembuluh darah dan membantu mengecilkan pori-pori. Simpan krim malam dalam lemari es.


Tidur Terlentang
Jika kamu tidur tengkurap atau hanya ke satu sisi, ini akan menyebabkan munculnya garis atau jalur pada kulit saat bangun keesokan paginya. Lebih parah lagi,  tekanan yang terjadi pada wajah ketika tidur dapat menyebabkan keriput. Misalnya jika miring ke kanan maka sisi kanan wajah akan lebih berkerut dibandingkan kiri. Bila tidur terlentang maka wajah akan terbebas dari tekanan. Tinggikan sedikit kepala untuk memastikan cairan tidak berkumpul di bagian mata dan menyebabkan mata sembap.


Semoga bermanfaat.
Sumber : www.wom.my