Cara Mengatasi Cegukan Yang Terus Menerus



Cara Mengatasi Cegukan Yang Terus Menerus
Kita seringkali mengalami yang namanya cegukan. Banyak orang mencari cara mengatasi cegukan terus menerus, hal itu dikarenakan cegukan yang terus menerus sangat mengganggu kenyamanan dan juga yang pasti memalukan. Cegukan akan terasa memalukan saat timbul tiba-tiba di tengah keramaian. Orang yang mengalami cegukan pun akan merasakan tidak nyaman pada tenggorokannya. Saat cegukan, tenggorokan dan otot perut akan menegang. Saat itulah rasa tidak nyaman dapat muncul.

Apa sih cegukan itu ? Kita sering terkena cegukan tapi mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa itu sebenarnya cegukan. Kita tahunya cegukan adalah dari mulut seseorang mengeluarkan suara aneh dan berkali-kali tanpa disadarinya. Cegukan menurut medis adalah kontraksi yang dihasilkan oleh diafragma akibat kejang. Kejang tersebut menyebabkan pita suara yang ada di tenggorokan menutup sangat cepat, proses menutupnya pita suara dengan cepat bisa membuat suara muncul dari tenggorokan. Cegukan dalam setiap menit bisa terjadi secara terus menerus


Cegukan bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, balita, remaja, orang dewasa maupun lansia. Banyak orang yang mengatakan bahwa cegukan yang terus menerus disebabkan karena kadar mineral dalam tubuh berkurang atau istilah yang paling mudah dimengerti adalah kurang minum. Oleh karena itu, ketika kita sedang cegukan, banyak orang yang menyarankan untuk minum air sebanyak-banyaknya.

Banyak juga orang yang belum tahu pasti apa yang bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Yang orang tahu adalah dia bisa terserang cegukan dengan tiba-tiba.

Berikut ini berbagai macam hal yang bisa menyebabkan cegukan terus menerus :

  • Makan Dengan Cepat. Makan dengan cepat bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Hal ini terjadi karenan usus belum siap mencerna makanan tersebut.

  • Makan Terlalu Banyak. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan karena ruang di dalam diafragma menjadi lebih sempit.

  • Minum Alkohol Terlalu Banyak. Alkohol bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Begitu pula dengan meminum banyak soda. Alkohol dan soda mengandung banyak gas yang bisa menyebabkan seseorang menjadi cegukan.
  • Perubahan Suhu. Perubahan suhu di dalam perut yang mendadak bisa membuat seseorang terkena cegukan. Perubahan suhu itu bisa diakibatkan saat seseorang meminum minuman panas kemudian berubah meminum minuman yang serba dingin. Perubahan suhu mendadak itu bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.

Sebagian besar cegukan akan hilang dengan sendiri dalam beberapa menit sampai beberapa jam dan tidak memerlukan pengobatan apapun.

Banyak cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi cegukan yang terus menerus. Sebagian besar dari usaha tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat karbon dioksida dalam darah, yang biasanya akan menghentikan cegukan.

Beberapa cara mengatasi cegukan yang terus menerus ini meliputi:

  • Menahan napas dan menghitung perlahan-lahan sampai 10.
  • Bernapas berulang kali ke dalam kantong kertas untuk jangka waktu terbatas.
  • Minum segelas air dingin dengan cepat.
  • Makan satu sendok teh gula atau madu.
  • Tekan hidung saat menelan
  • Berkumur dengan air
  • Menarik lutut ke dada, atau
  • Membungkuk ke depan untuk menekan dada

Jika cara – cara tersebut diatas belum bisa mengatasai cegukan kamu yang bekepanjangan, periksalah ke dokter spesialis THT. Dokter biasanya akan membuatkan resep anti cegukan seperti chlorpromazine atau metoclopramide, dan lain-lain. 

Selamat mencoba dan Semoga berhasil.

Sumber : www.wom.my