Cara Mencegah Agar Ketiak Tidak Hitam

Cara Mencegah Agar Ketiak Tidak HitamSehat dan Cantik Alami - Bagiannya yang tersembunyi membuat ketiak sering luput dari perhatian perawatan, padahal ketiak juga merupakan bagian terpenting dalam menunjang penampilan seorang wanita terutama pada saat memakai pakaian yang terbuka pada bagian lengan dan pundak. Apa artinya tubuh berkulit putih, wajah cerah berseri tetapi ketiaknya hitam ?  Persoalan ketiak hitam ini membuat banyak wanita merasa minder bahkan bisa menghinggapi juga pada seorang istri saat akan berhubungan intim dengan suaminya.

Untuk mengatasi persoalan pada ketiaknya, banyak yang menggunakan produk deodorant. Hal ini tidaklah salah namun harus diperhatikan cara penggunaannya karena kalau cara penggunaanya tidak tepat makan justru akan membuat ketiak semakin bertambah hitam.  Sisa-sisa deodorant yang tidak terangkat pada saat dibersihkan dan sudah bercampur dengan keringat bisa menimbulkan bakteri yang membuat ketiak berwarna hitam dan berbau. Bisa jadi bau ketiak akan hilang sesaat berganti dengan harum deodorant namun tidaklah berarti menghilangkan warna hitam pada ketiak.

Selain dengan deodorant, cara lain yang biasa digunakan adalah dengan mencukur bulu ketiak. Namun cara ini bukanlah cara yang baik karena bisa menyebabkan kulit menjadi terluka dan sensitif sehingga jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat akan menimbulkan infeksi. Alat cukur yang kurang bersih juga bisa mendatangkan bakteri. Lalu bagaimana cara yang sebaiknya digunakan untuk mencegah agar ketiak tidak hitam ?

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah agar ketiak tidak berwarna hitam/gelap

  • Gosokkan ketiak anda secara halus menggunakan lulur body scrub atau lulur mandi agar lapisan kulit pada ketiak tidak rusak dan pori-pori dalam ketiak tidak melebar, pilihlah lulur body scrub yang terbuat dari bahan alami seperti buah bengkuang dan bahan pemutih kulit yang alami untuk hasil optimal.  Scrub berguna untuk membuang sel-sel kulit mati atau daki pada ketiak.


  • Jika kamu ingin mencukur bulu-bulu ketiak maka gunakan alat cukur dalam keadaan steril dan tajam. Pakailah dengan perlahan dan hati-hati agar tidak menimbulkan luka.


  • Lakulah perawatan wax secara berkala dan rutin. Cara ini lebih aman daripada harus mencukur bulu-buku ketiak karena metode ini dapat mencabut bulu ketiak hingga ke akar, sehingga tidak tertinggal di kulit ketiak.

BACA JUGA : 

Cara Menghilangkan Bulu Kaki Yang Aman dan Tanpa Rasa Sakit

  • Jika memakai deodorant maka sebaiknya memakai deodorant yang memiliki kandungan asam linolenat dari minyak biji bunga matahari untuk mengurangi warna hitam pada ketiak.


  • Jika kamu memakai parfum, hindarilah menyemprotkan parfum di kulit ketiak karena cairan parfum yang menempel pada kulit dan bercampur keringat di ketiak dapat mengundang hadirnya bakteri.


  • Bilaslah ketiak dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam secara rutin.  Cara ini akan membuat ketiak menjadi lebih bersih dan tidak berbau.


  • Bersihkan terlebih dahulu ketiak dari sisa-sisa deodorant atau bedak yang menempel dengan tissue sebelum kamu mandi, baru kemudian membasuh tubuh kamu seperti biasa.


  • Selesai mandi  keringkan bagian ketiak kamu dengan menggunakan handuk kecil. Jangan terlalu keras menggosok bagian ketiak karena akan merusak lapisan kulit dan membuat kulit ketiak semakin tipis. Hal itu akan merangsang keluarnya keringat.


  • Cara yang paling baik untuk mengeringkan ketiak adalah dengan cara diangin-anginkan tanpa harus menggosoknya dengan handuk. Berbaringlah dengan posisi terlentang, dan membuka ketiak, sampai bagian tersebut kering. Usahakan ketika mengeringkan ketiak, anda harus benar-benar kering dan dingin.


  • Pakailah pakaian yang cukup longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Pakaian yang longgar akan membuat sirkulasi udara yang baik pada tubuh termasuk pada bagian tersembunyi seperti ketiak.


Demikianlah cara mencegah agar ketiak tidak berwarna hitam. Semoga dengan mengikuti beberapa tips diatas maka kamu bisa tampil lebih percaya diri di segala suasana serta dengan pakaian apapun yang kamu kenakan.


Semoda bermanfaat. 
Sumber : www.wom.my