10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

10 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah 

10 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah
Karena ketidaktahuan, banyak orang yang salah melakukan saat membersihkan wajah. Meskipun langkah-langkah membersihkan wajah tampaknya  sederhana: hanya perlu membasuh muka, menggunakan pembersih muka lalu mencuci muka dengan air, tapi sebenarnya lebih dari itu. 

Beberapa orang menganggap membersihkan wajah  adalah hal yang sepele padahal sebenarnya kalau salah melakukannya dapat merusak kulit wajah sendiri. 


Artikel kali ini menjelaskan 10 kesalahan yang dilakukan saat membersihkan wajah.

1. Salah memakai produk pembersih
Pembersih wajah yang sesuai dengan kulit  harus mampu mengangkat kotoran dan makeup tetapi tidak mengurangi kelembaban alami wajah Anda.  Menggunakan produk pembersih  yang salah akan membuat kulit wajah menjadi merah atau iritasi.


2. Jangan 'berlebihan'
Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan sekali atau dua kali sehari.  Jika Anda melakukannya secara berlebihan, hal itu akan mengakibatkan kulit tidak memproduksi minyak yang berguna untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan sehingga kulit akan terlihat kering dan kusam. Bila Anda tidak memakai make-up, berkeringat terlalu banyak atau terkena sinar matahari selama satu hari penuh, hindarilah penggunaan pembersih muka secara berlebihan di malam hari.


3. Suhu air
Banyak orang mengatakan bahwa  air panas akan membuka pori-pori dan saat dingin pori-pori akan kembali menutup. Pada kenyataanya, pori-pori tidak memiliki otot yang membuat pori-pori  bergerak untuk  membuka atau menutup dengan sendirinya. Meskipun air panas akan memberikan rasa nyaman di wajah Anda, hal itu akan membuat kulit  menjadi kering. Air hangat suam-suam kuku adalah cara yang terbaik untuk membersihkan muka Anda.


4. Scrub Wajah
Anda dapat menggunakan scrub wajah tapi jangan terlalu sering. Produk scrub wajah memang berguna untuk mengangkat sel – sel kulit mati, tetapi tidak dianjurkan untuk penggunaan setiap hari. Dua atau tiga kali dalam seminggu sudah cukup.
  


5. Membersihkan wajah secara asal-asalan
Tidak membersihkan muka dengan benar alias asal-asalan akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.  Walaupun mungkin sedang tergesa-gesa, jangan menyepelekan soal ini. Bagian bawah rahang, garis rambut dan hidung adalah bagian yang sering luput dari perhatian kita saat membersihkan wajah. Tunjukkanlah juga perhatian denganmem bersihkan juga bagian-bagian  tersebut diatas.


6. Menggunakan produk berbahan kimia
Hindarilah menggunakan produk yang memiliki bau, pewarna atau bahan kimia. Campuran bahan –bahan kimia dalam produk kecantikan yang Anda gunakan dapat menyebabkan iritasi pada kulit terutama jika kulit anda berjenis sensitif.  Bacalah label kandungan zat-zat  dalam produk sebelum membelinya.


7.Menggosok  dengan handuk
Tepuk-tepuklah handuk ke wajah Anda dengan lembut, jangan menggosoknya. Menggosok wajah Anda dengan handuk memang terasa nyaman dan yakin kulit menjadi kering dan bersih tetapi sebenarnya hal ini ternyata akan membuat elastisitas kulit menurun, dengan kata lain kulit menjadi kendur.


8. Menunda penggunaan pelembap
Agar hasil penyerapan dari pelembab wajah ke kulit lebih maksimal maka  lakukanlah segera setelah Anda selesai mencuci muka . Demikian pula, jika Anda menggunakan serum atau produk perawatan kulit. Membiarkan wajah kering sebelum menggunakan pelembab untuk wajah hanya akan mempersulit proses penyerapan bahan aktif ke dalam kulit Anda.


9. Membeli produk “ini-itu”
Jika Anda ingin membeli produk kecantikan untuk pemakaian jangka panjang, jangan membeli merk yang tidak dikenal alias produk abal-abal atau kw.  Belilah produk yang mempunyai kandungan bahan natural dan memberikan kebaikan pada kulit dalam jangka panjang seperti serum.


10. “Takut Minyak”
Banyak wanita yang menghindari produk-produk  pembersi wajah berbasis minyak.  Ia khawatir bahwa produk tersebut akan menutup pori-pori.  Produk pembersih wajah berbasis minyak sebenarnya adalah yang terbaik. Minyak berguna  untuk menghilangkan kotoran secara efektif. Carilah produk pemberish wajah berbasis minyak yang merupakan campuran dari tanaman seperti aprikot, bunga matahari, dan biji anggur.

Oleskan produk pembersih berbasis minyak pada wajah secara merata dan lap bersih dengan kain yang direndam dalam air hangat suam-suam kuku kemudian bilas dengan  air bersih.
Demikianlah 10 kesalahan yang sering kita lakukan saat membersihkan wajah.  Semoga bermanfaat.