Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami
Sehat dan Cantik Alami - Apa yang kita makan, bagaimana sikap kita, dan seberapa sering kita berolahraga, itu semuanya berpengaruh dalam memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mencegah penyakit.


Selain ketiga hal tersebut diatas, ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami dari serangan penyakit. Apa itu?



Berikut ini cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami :


TertawaTertawa dapat memperkuat dan meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini selaras dengan suasana hati. Tertawa menyebabkan meningkatnya kadar antibodi dalam darah dan sel-sel darah putih yang berguna untuk menyerang dan membunuh bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh. Selain itu juga meningkatkan jumlah antibodi dalam lendir hidung dan bagian pernapasan yang merupakan salah satu jalan masuk bagi banyak kuman.

Bernyanyi. Sebuah studi dari paduan suara Jerman mengungkapkan bahwa menyanyi mengaktifkan limpa, membantu meningkatkan konsentrasi darah dari antibodi. Jika kamu bukanlah seorang penyanyi atau bergabung didalan sebuah kelompok paduan suara, menyanyikan lagu-lagu favorit di kamar mandi adalah ide yang baik.

Mengkonsumsi lemak yang ramah terhadap tubuh. Beberapa lemak sangat penting untuk membangun sel dan untuk produksi prostaglandin, senyawa hormon yang membantu mengatur respon terhadap infeksi sistem kekebalan tubuh, seperti cara bereaksi dengan membuat sel-sel darah putih yang memerangi penjajah. Rahasianya adalah memilih lemak yang kita konsumsi dengan hati-hati. Pilihlah lemak nabati tak jenuh dari makanan hewani dan menghindari lemak trans. Apa itu lemak trans ? Lemak trans adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang umum ditemukan di alam namun bisa disintesis secara buatan. Lemak trans adalah zat pengotor yang muncul dari isomerisasi pada hidrogenasi parsial. Lemak trans sering ditemukan dalam makanan olahan dan dipanggang, lemak jenis ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi konsumsi gula. Hanya 10 sendok teh gula, jumlah dalam dua kaleng soda atau minuman  berkarbonasi dapat mengganggu kemampuan sel darah putih untuk menonaktifkan atau membunuh bakteri. Mulailah menggunakan pemanis alami, seperti madu atau yang terbuat dari daun stevia.

Makan ikan. Ikan seperti sarden, herring, dan mackerel adalah salah satu sumber makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung protein penting untuk membangun sel-sel yang melawan bakteri  dan mengandung asam lemak yang disebut omega-3, yang mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh diserang, peradangan akut adalah sebuah respon yang terjadi pada tubuh. Omega-3 mampu menurunkan produksi senyawa inflamasi dan meningkatkan produksi yang anti-inflamasi, sehingga membantu pemulihan dan bahkan menekan pertumbuhan sel kanker. Dalam uji klinis, omega-3  juga berguna untuk mengaktifkan kembali bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mematikan aktivitas serangan bakteri.

Mengkonsumsi jamur. Para ahli sekarang tahu bahwa jamur merangsang produksi sel darah T-sel yaitu sel darah putih yang bertugas dalam melindungi tubuh dari infeksi. Zat yang terkandung dalam jamur dapat meningkatkan tingkat zat dalam tubuh yang memperkuat respon imun.

Makan lebih banyak jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam lemon, limau, dan jeruk berguna untuk meningkatkan aktivitas fagosit (sel yang menelan dan mencerna bakteri) di dalam darah. Tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C, sehingga Anda perlu mengkonsumsi beberapa buah jeruk setiap hari.

Berolahraga. Sistem kekebalan tubuh merespon setiap gerakan olahraga yang kita lakukan dengan memproduksi lebih dari sel-sel darah yang berguna menyerang bakteri. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang rajin berolahraga selama lima atau enam hari seminggu memiliki kemampuan daya tahan  lebih baik dari serangan penyakit influenza dan sakit tenggorokan daripada orang yang jarang bahkan tidak pernah berolahraga.

Istirahat yang cukupIstirahat yang cukup juga salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jika Anda bekerja secara intensif maka kondisi tubuh semakin menurun dan memudahkan terserang penyakit karena sel-sel yang bertugas memerangi bakteri atau kuman kurang optimal. Untuk meningkatkan kembali fungsi sel maka diperlukan cukup istirahat untuk  pemulihan fungsi sel untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi Almond. Untuk membantu menangkal infeksi virus, konsumsi almond sebanyak 3 ons perhari sebagian bagian dari menu diet. Peneliti Italia telah menemukan bahwa bahan kimia dalam kulit almond dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk mendeteksi virus; mereka menemukan bahwa bahan kimia tersebut juga bisa membantu mencegah virus menyebar ke seluruh tubuh. Tambahkan segenggam almond di sereal atau oatmeal sarapan pagi kamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Mengkonsumsi sayuran. Bawang putih dan bawang merah dalam sup, semur, dan hidangan lainnya adalah sumber zat antiviral ampuh yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia secara alami. Banyak sayuran lainnya seperti paprika chile, wortel,  ubi jalar dan jamur shiitake  yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran sangat kaya  dengan beta karoten, yang memiliki anti-inflamasi dan meningkatkan produksi sel-sel darah putih.

Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tersebut di atas dapat dengan mudah dilakukan, tidak rumit atau merepotkan.  Karena ada banyak hal atau sumber makanan di sekitar kita yang dapat meningkatkan  sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.  Seiring dengan gaya hidup yang serba instan seperti mengkonsumsi junk food untuk sarapan tidaklah baik untuk kesehatan jangka panjang.

Semoga bermanfaat