Inilah Penyebab Rambut Cepat Beruban Di Usia Muda


Penyebab rambut cepat beruban. Apakah Anda ingin tahu penyebab rambut cepat beruban pada usia muda ?.Mari kita ketahui penyebabnya di sini. Uban terjadi ketika ada gangguan pada sintesis protein di bagian kulit rambut kepala yang dinamakan skin epidermis di mana pada bagian tersebut terdapat sel melamocyte yang berfungsi untuk memproduksi pigment melanin.

Melanin adalah protein yang membuat kulit dan rambut menjadi warna alami. Melanin juga memberikan warna pada iris mata dan bulu.


Menurut hasil penelitian The Journal of Investigative Dermatology yang dilakukan pada tahun 2005, manusia berkulit putih akan mengalami fase rambut muali beruban pada usia pertengahan 30.

Demikian pula dengan orang Asia, mereka akan mengalami fase rambut beruban pada usia akhir 30-an, sementara golongan berkulit gelap mampu mempertahankan rambut mereka tanpa beruban sampai ke usia pertengahan 40.

Ada juga beberapa penyakit kulit yang dapat menyebabkan seseorang yang masih berusia muda mengalami rambut yang sudah beruban. Diantaranya vitiligo, tuberous sclerosis, waardenburg syndrome dan Neurofibromatosis yang menyebabkan kehilangan warna hitam pada rambut.


Berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang disampaikan dari 'Amr ibn Shu'ayb dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa "Jangan mencabut uban, karena ia akan menjadi cahaya pada Hari Kebangkitan."

Masalah rambut beruban pada usia muda bukan saja menyebabkan Anda kurang percaya diri dan merasa malu ketika berada di depan umum. Untuk itu, sebaiknya Anda ketahui dahulu faktor-faktor yang menyebabkan rambut Anda cepat beruban. Diantaranya adalah;

1) Faktor Usia
Perubahan pada warna rambut seseorang terjadi biasanya ketika usia seseorang telah meningkat. Ulasan di Eropa menemukan bahwa sekitar 40 persen orang Eropa telah mulai mengalami masalah rambut beruban pada usia 40 tahun.

2) Genetika
Perubahan pada warna rambut seseorang adalah hampir seluruhnya tergantung pada faktor genetik. Dua jenis gen yang bertanggung jawab dalam menentukan proses perubahan warna rambut seseorang yaitu Bcl2 dan Bcl-w.

Perubahan pada warna rambut ini terjadi ketika melanin (pigmen warna) berhenti diproduksi oleh akar rambut dan hal ini menyebabkan rambut berikutnya akan tumbuh tanpa pigment melanin.

3) Kekurangan vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 akan mengurangi pembentukan melanin. Masalah ini biasanya dialami pada beberapa golongan seperti pada ibu-ibu yang sedang hamil di mana mereka mudah untuk mengalami kekurangan vitamin B 12 dan zat besi di dalam tubuh.

4) Faktor-faktor lain
Studi yang dilakukan oleh J.G.Mosley di British Medical Journey pada 1996 menemukan bahwa seorang perokok empat kali lebih cepat mengalami masalah rambut beruban.

Itulah faktor-faktor penyebab rambut cepat beruban di usia muda, selanjutnya mari kita ketahui cara-cara untuk mengatasi masalah rambut cepat beruban.


Hanya tiga langkah yang perlu Anda lakukan dan langkah ini cenderung untuk memperlambat proses pertumbuhan rambut uban Anda dan mencegah uban tumbuh lebih banyak

Pilih makanan berprotein tinggi untuk memastikan sistem pembangunan sel terjadi secara efisien. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan. Buah-buahan dan sayuran bermanfaat  untuk memelihara dan memastikan tubuh kita sehat.

2) Olahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur atau terjadwal dapat memperlambat proses tumbuhnya rambut uban. Hal Ini terjadi karena ketika Anda berkeringat itu menunjukkan tubuh dan sel-sel di bawah kulit atau lemak tidak tersumbat.

Anda harus selalu ceria dan menjauhi stres karena akan menyebabkan perasaan dan aliran emosi terganggu. Situasi dalam keadaan tertakn /stress akan  menyebabkan hidup Anda menjadi tidak teratur dan dapat memperlambat sistem normal tubuh Anda.