Manfaat Mengkonsumsi Singkong Untuk Kesehatan


Manfaat Mengkonsumsi Singkong. Pasti kalian sudah sangat familiar sekali dengan bahan makanan yang satu ini, Singkong. Ya, singkong adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Saat ini sudah banyak sekali makanan dari singkong  yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang enak dan memiliki daya jual yang tinggi. Singkong mempunyai kandungan kimia yaitu zat hidrat arang, kalsium, fosfor, lemak. Protein, vitamin A, tanin (kulit batang), vitamin C (umbi). Singkong ini bermanfaat untuk diabetes, obat kanker, antioksidan, antitumor, dan penambah nafsu makan. Apakah itu saja manfaat mengkonsumsi singkong ? Tentu saja tidak, ada banyak manfaat lainnya.


Manfaat singkong bagi kehidupan manusia :


1. Sumber Energi Manusia
Singkong merupakan makanan sumber energi bagi manusia karena rendah lemak dan kolesterol namun tinggi akan kalori. Kandungan kalori yang terdapat singkong dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kentang. Dalam 100 gram singkong terdapat sekitar 160 kalori, kalori ini terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. 

Singkong diketahui sebagai jenis umbi-umbian tropis kaya pati dengan kandungan kalori yang sangat tinggi sehingga singkong dapat dijadikan sumber makanan alternatif pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi guna melakukan aktifitas sehari-hari.
2. Sumber Serat
Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi makanan berserat sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan tekanan darah, menjaga kolesterol dan terutama membantu melancarkan proses pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi dan rendah lemak menunjukan kalau singkong aman dikonsumsi tanpa harus khawatir terkena obesitas (kegemukan). 

3. Sumber Vitamin K
Vitamin K memegang peranan penting dalam membangun massa tulang dengan cara memicu aktifitas osteotrophic pada tulang. Vitamin K juga dapat bermanfaat untuk membantu membatasi kerusakan saraf di otak sehingga berguna dalam pengobatan bagi para penderita penyakit alzheimer. Selain didapat dari singkong , vitamin K lainnya juga bisa didapatkan dari sayuran brokoli

4. Sumber Vitamin B Kompleks
Singkong juga mengandung vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin b6) dan asam patotenat. Riboflavin sendiri bermanfaat dalam proses pertumbuhan tubuh serta membantu proses produksi sel darah merah agar terhindari dari penyakit anemia. Selain vitamin-vitamin tersebut diatas, singkong juga memiliki unsur vitamin B17 atau disebut amygdaline yang mempunyai manfaat membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Awalnya, orang Australia dan Amerika memanfaatkan vitamin B17 yang terkandung dalam biji buah aprikot sebagai bahan alami untuk pengobatan kanker tanpa kemoterapi.

5. Sumber Mineral
Beberapa mineral penting bagi tubuh juga terdapat pada singkong seperti seng, magnesium, tembaga, zat besi dan mangan. Singkong mengandung zat kalium yang cukup tinggi yaitu sekitar 271 mg per 100 gram. Zat Kalium adalah salah satu unsur penting dari sel dan cairan tubuh, ia berguna untuk membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

6. Bebas Gluten (Glutten Free)
Singkong adalah salah satu jenis makanan yang bebas gluten (Glutten Free). Makanan Gluten Free adalah makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten (Celiac). Intoleransi Gluten atau Celiac adalah suatu kondisi penyimpangan kesehatan terjadinya kerusakan pada usus halus sehingga menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu . Kerusakan yang terjadi pada usus halus ini disebabkan oleh reaksi terhadap konsumsi gluten.
Dari uraian diatas, ternyata cukup banyak manfaat mengkonsumsi singkong bagi kita, namun perlu diperhatikan saat hendak mengkonsumsi singkong karena selain bermanfaat, cara pengolahan singkong yang tidak benar dan tidak hati-hati justru dapat menimbulkan resiko kesehatan.

Cara Mengolah Singkong Yang Benar


Singkong mengandung senyawa racun alami yang bernama glikosa sianogen linamarin dan metil-linamarin. Perut terasa mual, ingin muntah, kepala pusing adalah gejala-gejala awal akibat keracunan singkong. Mengkonsumsi singkong dalam keadaan mentah dapat beresiko keracunan yang dapat menyebabkan kematian (ada beberapa jenis singkong dengan kadar racun tinggi/singkong racun seperti singkong ungu, hindari mengkonsumsi singkong jenis ini baik mentah ataupun matang) .

Mengupas kulit, pengeringan dibawah sinar matahari, merendam dan merebus singkong akang menguapkan senyawa racun sehingga singkong aman dikonsumsi.

Alangkah baiknya jika ingin mengkonsumsi singkong tidak dengan cara menggoreng. Cara yang paling baik adalah mengolah singkong menjadi makanan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, singkong rebus sangat baik untuk diet. 

Hindari mengkonsumsi singkong yang telah disimpan lama, yang ditandai dengan timbulnya garis-garis pada daging dan perubahan warna pada ujung-ujungnya menjadi keabu-abuan.


Sebagai salah satu jenis bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, makan sudah saatnya kita tidak menganggap remeh lagi sumber makanan alternatif pengganti nasi ini. Namun, sebelum mengkonsumsinya tetap harus diperhatikan cara pengolahan singkong yang baik dan benar agar aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. (Dee, dari berbagai sumber)