Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jeruk Nipis


Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipisSaat ini banyak orang, terutama para wanita, yang mengeluhkan tentang berat badannya.  Wanita memang sangat concern sekali dengan berat badan. Sehingga untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan mereka rela menjalankan program diet yang bahkan bisa dibilang ekstrem, seperti menjalankan program diet anorexia.  Sebenarnya masih banyak cara yang aman dan alami untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah lewat cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis.


Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sudah sangat lekat dengan masakan Indonesia, sebut saja Soto, makan soto rasanya kurang lengkap kalau tidak ada perasan jeruk nipisnya. Seperti  buah keruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang mampu memenuhi 22% AKG dan bermanfaat sebagai antioksidan alami, bahkan kandungan vitamin  C nya jauh lebih banyak dibanding buah jeruk lain. Jumlah kalori yang terkandung dalam satu gelas minuman jeruk nipis hanya sekitar 11 kal sehingga air jeruk nipis tidak akan berdampak pada penambahan berat badan Anda.Selain itu, jeruk nipis  

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang berguna untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, hasil penelitian menunjukan bahwa Vitamin C membakar lemak orang yang mengkonsumsinya  30% lebih banyak dibandingkan dengan orang yang kurang mengkonsumsi vitamin C. Hal ini terjadi karena vitamin C merupakan salah satu unsur penunjang terjadinya proses pembentukan  Carnitine. Carnitine adalah asam lemak yang berguna untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh dan menghasilkan energi.

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Jeruk Nipis?

Untuk memulai program diet dengan minum air jeruk nipis, cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum perasan jeruk nipis dengan air hangat setiap pagi dan di malam hari sebelum tidur . Mengapa harus dengan air hangat? Karena air hangat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan  membantu proses metabolisme tubuh lebih cepat sehingga program menurunkan berat badan akan lebih efektif.  

Sebagai permulaan, sebaiknya Anda hanya mengkonsumsi satu buah  jeruk nipis dahulu dan bisa ditambahkan dengan gula atau madu. Setelah perut Anda terbiasa maka bisa ditambah menjadi 2 – 3 buah jeruk dan kurangi ukuran gula atau madunya. Madu dan air hangat berguna juga untuk mengurangi kada keasaman jeruk nipis.

Bagi penderita maag, sebelum jeruk nipis digunakan sebaiknya jeruk nipis direndam dengan air hangat agar senyawa asam fenolat dan tannin yang terdapat pada jeruk nipis menjadi berkurang dan mengurangi rasa masam.

Selain dicampur dengan gula atau madu, Anda bisa juga mencampurnya dengan jahe. Jahe memiliki khasiat untuk metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih cepat. Oleh karena itu, Minum jeruk nipis yang dicampur  degan jahe dapat lebih memaksimalkan program menurunkan berat badan Anda. Caranya adalah dengan memarut jahe hingga halus (bisa juga dengan diblender) kemudian disaring, ambil airnya kemudian campur dengan segelas air yang diberi perasan jeruk nipis.

Anda bisa juga mengikuti cara yang saat ini sedang trend di kalangan pelaku gaya hidup sehat yaitu dengan menggunakan metode Infused Water. Infused water adalah campuran air dengan buah-buahan yang diiris-iris atau dipotong kecil kemudian didiamkan semalaman. Cara membuat infused water dari jeruk nipis adalah iris  jeruk nipis kemudian masukan kedalam botol minum Anda yang sudah berisi air kemudian diamkan semalaman dan minum disaat Anda haus. Cara ini adalah cara yang paling praktis baik dari segi pembuatan maupun waktu dibanding Anda harus memeras jeruk nipis.

Cara menurunkan berat  badan dengan minum jeruk nipis  ini jika dilakukan secara rutin maka tidaklah mustahil jika dalam waktu 1 minggu sampai 21 hari berat badan Anda akan turun. Selain itu, keuntungan lain dari minum air jeruk nipis juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh , detoksifikasi dan melancarkan proses pencernaan. Jeruk nipis juga dipercaya sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus alami.

Melakukan diet dengan jeruk nipis ini hanyalah sebagai cara tambahan saja dalam program diet Anda. Yang paling utama adalah tetap memperhatikan pola makan dan berolahraga. Tanpa kedua hal tersebut maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan.  

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan


Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan, jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk kecantikan, baik untuk kecantikan kulit ataupun rambut. Sering kita lihat iklan-iklan produk kecantikan yang mencantumkan sari jeruk nipis sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Apa saja khasiat jeruk nipis untuk kecantikan wajah Anda ?

Mengatasi jerawat
Munculnya jerawat diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah oleh kotoran dan radikal bebas. Salah satu obat alami untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Asam nitrat yang terdapat pada jeruk nipis mampu meluruhkan lemak kotor pada jerawat dan mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat adalah dengan memotong jeruk nipis jadi dua bagian kemudian diperas, gunakan oleskan air perasannya pada wajah Anda atau bisa juga potongan kjeruk nipis tersebut Anda oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat laliu bilas wajah dengan air bersih. Pada awalnya memang akan timbul rasa perih dikulit wajah. Hal tersebut adalah wajar karena reaksi pori-pori yang terbuka terkena zat asam tetapi jika timbul iritasi pada kulit segera hentikan dan sebaiknya berkonsultasi kepada dokter spesilais kulit.

Membuat wajah cerah dan bersih
Khasiat  jeruk nipis selanjutnya adalah bermanfaat untuk membuat wajah menjadi cerah dan bersih. Jika Anda termasuk wanita yang tidak begitu terlalu suka melakukan perawatan wajah di salon, maka Anda dapat melakukan perawatan wajah dengan jeruk nipis. Cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut: potong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras. Campur air perasan jeruk tersebut dengan madu, aduk rata. Sapukan campuran jeruk nipis dan madu tersebut ke seluruh wajah dan diamkan beberapa saat agar meresap kedalam pori-pori wajah, setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya cuci wajah terlebih dahulu. Lakukan secara rutin, minimal seminggu sekali.

Mengatasi kulit kusam dan berminyak
Selain jerawat, masalah kulit wajah yang mampu diatasi dengan jeruk nipis adalah wajah kusam, flek hitam,  kotor dan kering. Wajah yang kusam dan kulit berminyak diakibatkan oleh banyak kotoran-kotoran yang melekat pada wajah dan produksi minyak wajah yang berlebih sehingga kotoran-kotoran dan sel-sel kulit mati melekat diwajah.  

Zat asam yang terkandung pada jeruk nipis mampu mengangkat dan membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang melekat pada wajah sekaligus mengurangi kadar minyak pada wajah. Cara penggunaan jeruk nipisnya pun sama yaitu menyapukan air perasan jeruk nipis ke wajah atau langsung menggosok-gosokan potongan jeruk nipis tersebut ke seluruh permukaan wajah kemudian bersihkan wajah menggunakan kapas basah.

Perawatan kulit wajah dengan menggunakan jeruk nipis ini bukan hanya untuk kaum wanita saja, untuk pria pun bisa apalagi jika Anda seorang pria yang sering beraktifitas diluar ruangan, selalu terkena paparan sinar matahari dan debu jalanan. Lakukanlah perawatan wajah dengan jeruk nipis ini secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Sekali lagi, jika penggunaan jeruk nipis ini menimbulkan iritasi pada wajah, segeralah hentikan dan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit Anda.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Bukan hanya kecantikan wajah saja yang perlu diperhatikan tetapi kesehatan rambut juga perlu mendapat perhatian. Rambut adalah mahkota baik bagi wanita maupun pria sehingga ia memerlukan perawatan yang khusus pula. Banyak produk-produk perawatan rambut dan salon-salon yang menawarkan berbagai keunggulannya namun hal tersebut tentulah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk melakukan perawatan rambut sehari-hari dan murah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yan gmudah dapat, salah satunya adalah jeruk nipis.

Apa saja khasiat jeruk nipis untuk rambut?

Membuat rambut bersih dan berkilau
Zat asam pada jeruk nipis mampu mengangkat dan menghilangkan ketombe yang menempel pada kulit kepala dan mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Cara pemakaiannya cukup mudah, peras jeruk nipis kemudian sapukan ke seluruh permukaan kepala, pijat kepala agar air perasan jeruk nipis masuk ke sela-sela rambut kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, keramas seperti biasa.
Jika Anda berambut pendek dan ingin mengubah gaya penampilan rambut Anda menjadi panjang, maka gunakanlah jeruk nipis sebagai obat alami untuk memanjangkan rambut. Caranya masih sama yaitu dengan menggunakan air perasa jeruk nipis yang diusapkan ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian cuci dengan shampoo, lakukan bersamaan dengan waktu rutinitas keramas Anda.

Membuat rambut menjadi lurus
Bagi sebagian wanita, memiliki rambut yang lurus adalah suatu hal yang diidam-idamkan. Hal ini diperkuat dengan dengan iklan produk perawatan rambut yang menyatakan bahwa rambut panjang dan lurus adalah rambut yang indah. Padahal tidak demikian adanya, rambut yang indah adalah rambut yang sehat terawat, tidak peduli apakah itu rambut lurus, ikal ataupun keriting. Namun, jika Anda tetap ingin memiliki rambut  yang lurus, Anda bisa mencoba dengan memakai jeruk nipis sebagai obat pelurus rambut alami. 

Caranya adalah dengan mencampur air perasan  jeruk nipis dengan santan. Pertama-tama, siapkan santan secukupnya didalam wadah kemduian masukkan air perasan satu buah jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan campuran santan dan jeruk nipis tersebut kedalam kulkas (lemari pendingin) dan tunggu hingga campuran tersebut mulai memadat menjadi krim. Ketika sudah menjadi krim berarti sudah siap digunakan, oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat merata. Selanjutnya tutup rambut dengan menggunakan handuk hangat , diamkan selama kurang lebih 60 menit kemudian cuci rmbut dengan air bersih dan shampoo. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu  

Mencegah rambut rontok
Rata-rata rambut manusia mengalami rambut rontok sebanyak 60 – 100 helai per hari, Jumlah ini adalah jumlah yang wajar dan jika sudah melebihi ambang batas maksimal rambut rontok maka sebaiknya Anda sudah mulai khawatir dan lebih memperhatikan kesehatan rambut Anda.Banyak obat anti rontok rambut yan dijual di pasaran, namun jika Anda ingin menggunakan bahan alami untuk mencegah rambut rontok, Anda bisa menggunakan jeruk nipis. Caranya, potong jeruk nipis menjadi dua atau tiga bagian, kemudian gosok-gosokan ke bagian pangkal (akar-akar) rambut. Balut rambut dengan handuk dan diamkan selama satu malam, lakukan sebelum Anda tidur. Keesokan paginya, keramas rambut Anda seperti biasanya.

Bahaya Mengkonsumsi jeruk nipis

Didunia ini ada baik tentu ada buruk, ada kelebihan pasti ada kekurangan. Demikian juga dengan buah jeruk nipis ini, ia memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik itu kesehatan ataupun kecantikan. Namun, jeruk nipis juga bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Berikut dibawah ini adalah beberapa bahaya jeruk nipis untuk kesehatan.

Sebagai pemicu meningkatnya kadar asam lambung
Jika Anda seorang penderita sakit maag, berhati-hatilah jika ingin mengkonsumsi jeruk nipis karena zat asam jeruk nipis dapat membuat kadar asam lambung Anda menjadi tinggi. Kadar asam lambung yang tinggi inilah yang akan membuat sakit maag Anda kambuh.

Perut menjadi perih dan seperti diremas-remas
Bahaya mengkonsumsi jeruk nipis selanjutnya adalah perut menjadi perih dan seperti diremas-remas. Bagi para penderita sakit maag, keadaan akan semakin parah karena kondisi lambung para penderita sakit maag itu dalam keadaan terluka sehingga bisa Anda bayangkan betapa perihnya ketika luka lambung terkena zat asam.

Terganggunya sistem pencernaan
Zat asam jeruk nipis akan membuat makann diusus besar berjalan lebih cepat sehingga mengakibatkan cairan yang terdapat didalam makanan tidak terserap dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.

Mengikis lapisan pelindung (email) gigi
Zat asam memiliki sifat korosi atau bersifat mengikis, termasuk zat asanyang terkandung pada jeruk nipis. Setelah mengkonsumsi jeruk nipis, sebaiknya Anda minum atau berkumur - kumur dengan air putih. Air putih dapat mentralisir zat asam yang menempel pada gigi. Jika Anda membiarkan zat asam dari jeruk nipis menempel pada gigi maka akan mengakibatkan terkikisnya lapisan pelindung gigi (email gigi). Lapisan pelindung gigi ini tidak bisa diganti / diperbarui. Sekali lapisan pelindung gigi rusak maka akan berdampak pada kerusakan gigi. Gigi yang tidak memiliki lapisan pelindung akan mudah terkena kuman dan bakteri. Gigi akan mudah keropos dan copot. Selain itu juga, akan menimbulan rasa ngilu yang teramat sangat. Munculnya rasa ngilu diakibatkan gigi yang sudah terkikis lapisan pelindungnya bersentuhan dengan zat asam.

Penyebab bau mulut
Selain karena faktor kurangnya kebersihan gigi, bau mulut juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung ke area tenggorokan. Naiknya zat asam ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi jeruk nipis yang berlebih. Ketika Anda merasa bahwa walaupun kebersihan gigi sduah terjaga namun muklut masih terasa berbau maka itu berarti asam lambung Anda naik. Hal yang harus dilakukan adalah menormalkan kembali kadar asam lambung pada lambung Anda, baik dengan cara minum obat seperti antasid, antihistamin atau yang lainnya  ataupun dengan cara alami seperti mengkonsumsi kunyit ataupun lidah buaya.

Jeruk nipis selain biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, ternyata dapat dimanfaatkan pula sebagai satu cara untuk menurunkan berat badan dengan bahan alami, berkhasiat untuk perawatan kulit wajah dan rambut secara alami, Namun , jeruk nipis pun mempunyai efek buruk bagi kesehatan, terutama bagi para penderita sakit maag atau gangguan lambung. Oleh karena itu, agar manfaat jeruk nipis dapat lebih terasa dan tidak terkena bahayanya makan jeruk nipis, konsumsilah dengan sewajarnya sesuai dengan aturan / tidak berlebih-lebihan.(Dee, dari berbagai sumber)