Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Wanita



Sehat dan Cantik Alami-Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Wanita
Sehat dan Cantik Alami - Saat kamu bangun pagi-pagi dan  keluar rumah, tentu kamu akan merasakan dingin dan sejuknya udara pagi. Udara masih segar dan  belum tercemari oleh polusi asap kendaraan bermotor.  Waktu pagi  adalah waktu yang sangat cocok untuk berolahraga ringan dan murah. Apalagi kalau bukan lari pagi. Cukup di lingkungan tempat tinggal kamu dan  persiapan pakaian dan sepatu sudah cukup untuk melakukan aktivitas ini. Lari pagi merupakan salah satu olahraga yang murah, mudah dilakukan dan semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Tak hanya itu, olahraga yang tak memerlukan banyak alat bantu ini juga menjanjikan beragam manfaat lari pagi untuk kesehatan wanita jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Manfaat lari pagi sangat banyak terutama menjaga kesehatan tubuh , untuk meningkatkan stamina juga untuk menunjang program diet. Olahraga sangat dibutuhkan oleh setiap orang demi menjaga kebugaran jasmaninya. Kamu hanya perlu meluangkan waktu di pagi hari untuk melakukan olah raga lari pagi ini.


Berikut beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan tubuh wanita bila dilakukan secara rutin setiap hari

  • Membakar lemak. Jogging di pagi hari dapat memberikan manfaat psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk untuk menurunkan berat badan. Menurut pelatih kekuatan dan binaragawan, olahraga pertama di pagi hari sangat efektif untuk membakar lemak. Hal ini disebabkan karena setelah tidur tubuh dalam keadaan semi puasa dan persediaan karbohidrat habis. Sedangan karbohidrat sendiri adalah sumber energi untuk tubuh manusia, sehingga ketika persediaannya menipis, sebagai gantinya tubuh akan membakar jaringan lemak untuk bahan bakar saat berolahraga. Jika kita terus berlari secara rutin pada intensitas yang rendah atau sedang, tubuh akan membakar lemak untuk bahan bakar, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, ketika sedang tidur metabolisme tubuh melambat. Dan lari pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme tersebut. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa lari di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik. 

  • Segar sepanjang hari. Lari pagi juga membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh. Serta menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan juga jiwa. Kerja paru-paru mengambil oksigen lebih banyak sehingga meningkatkan kemampuannya untuk menghirup udara lebih baik lagi. Udara yang masuk yang bersih dan kaya oksigen tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubh dan juga bisa membunuh kuman yang ada di paru-paru.

  • Lari pagi melangsingkan tubuh. Menurut penelitian, lari pagi yang dilakukan selama 30 menit akan membakar 100 kalori. Jika rutin melakukan lari pagi kalori yang tersimpan pada tubuh yang banyak lemaknya akan menyusut. Orang yang melakukan program diet bisa memasukkan lari pagi dalam daftar yang harus dilakukannya. Manfaat lari pagi untuk diet sangat dibutuhkan. Tubuhpun menjadi lebih ringan dan terhindar dari lemak yang berlebih sehingga berbagai penyakit yang disebabkan kegemukan bisa terhindar seperti penyakit jantung dan bau badan tidak sedap.

  • Menajamkan mata. Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan resiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu. 

  • Menjaga kesehatan jantung. Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

  • Membantu mengurangi stres.  Satu manfaat lari pagi lainnya yaitu sebagai penghilang stres yang jangka panjangnya dapat membuat pikiran kita menjadi jauh lebih santai.

  • Lari pagi menambah kebugaran sehingga produktifitas kerja meningkat.Tubuh yang sehat dan bugar dapat meningkatkan produktivitas kerja yang lebih baik. Kondisi ini juga membuat kualitas tidur lebih baik. Jika kualitas tidur terjaga dengan baik, orang akan terhindar dari penyakit karena tidur mempengaruhi metabolisme tubuh agar bekerja lebih baik lagi. Manfaat lari pagi bagi kesehatan harus diperhatikan. Karena sehat itu mahal harganya.


Ketimbang harus menghabiskan banyak uang untuk melakukan olahraga di pusat kebugaran, lebih baik kamu rutin lari pagi setiap hari. Selain murah, olahraga ini juga banyak manfaatnya dan sangat menunjang program diet yang kamu jalankan.