Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga
Sehat dan Cantik Alami - Seperti waktu tidur dan makan , berolahraga juga ada waktu yang tepat untuk kita lakukan. Waktu pagi, sore atau malam?  Sebenarnya bebas-bebas saja berolahraga pada waktu yang Anda rasakan sesuai dengan aktivitas harian  dan gaya hidup masing-masing.

Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk berolahraga :

Berolahraga pada awal pagi hari 

Tentu banyak orang yang sependapat bahwa berolahraga pada waktu pagi adalah waktu yang terbaik untuk dilakukan. Namun waktu pagi inilah merupakan waktu paling “sulit” bagi sebagian orang untuk berolahraga karena pagi hari adalah waktu yang cukup padat akan rutinitas di rumah. Tapi jangan khawatir, bonus untuk Anda yang mampu melakukannya! Ini karena latihan pagi mampu:

  • Mencerdaskan pikiran dan tenaga untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan seharian
  • Meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar kalori pada awal pagi
  • Membantu otot bergerak lebih baik karena peregangan telah dilakukan sejak awal pagi
  • Bagi orang yang sudah terbiasa melakukan latihan pada awal pagi, jadwal latihan mereka akan   menjadi lebih konsisten karena kurangnya gangguan pada waktu pagi.

Agar  tubuh tidak kaget saat memulai berolahraga di pagi hari, lakukan pemanasan atau gerakan-gerakan ringan terlebih dahulu sebelum memulai gerakan-gerakan yang berat lainnya.

BACA JUGA  : 

      Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Wanita

Berolahraga pada waktu sore dan malam hari

Pada kenyataannya tidak semua orang mampu untuk bangun awal pagi dan berolahraga terutama bagai orang-orang  yang waktu kerjanya dimalam hari. Jangan khawatir, ada lagi waktu lain yang juga cocok bagi Anda yang ingin berolahraga setiap hari. Sore atau malam adalah antara juga waktu yang tepat selain pagi hari. 

Berolahraga pada waktu sore atau malam hari dapat membantu :

  • Mengurangi stress yang diakibatkan menghadapi masalah/persoalan pada aktivitas sehari-hari karena otak pada saat ini akan bertindak lebih aktif dan memfokuskan pada pergerakkan tubuh yang dilakukan. Selain itu juga  akan membuat tubuh lebih fit dan mengalirkan muatan positif dalam tubuh.


  • Sebaiknya berolahragalah sebelum waktu makan karena dapat mengontrol kadar makanan yang dikonsumsi pada waktu malam.



  • Lebih bermanfaat untuk Anda yang bekerja pada malam hari karena Anda bisa melakukan olahraga yang lebih berat dibandingkan waktu pagi karena Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat sepanjang malam.


  • Sesuaikan waktu untuk melakukan olahraga. Jangan memaksakan untuk berolahraga jika Anda memiliki waktu yang sempit, dimana akan berakibat olahraga yang dilakukan tidak optimal karena keterbatasan waktu.

Semuanya terserah Anda untuk mengambil waktu yang tepat untuk berolahraga. Ingatlah, kesehatan tubuh sangat penting untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.