6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami




Mata adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat berharga. Mata adalah “jendela” karena dengan mata kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami? 

Berikut ini adalah 6 cara menjaga kesehatan mata secara alami : 



  • Lakukan pemeriksaan mata rutin. Pemeriksaan mata secara rutin sangat dianjurkan sekalipun kamu tidak berkacamata. Lakukanlah pemeriksaan mata min. 2 atau 3 tahun sekali jika dirasa mata kamu masih sehat. Namun jika sudah memakai kaca mata minus/plus, memakai kontak lensa, mengidap penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan 1 tahun sekali. 
  • Beri nutrisi pada mata. Sebagai salah satu organ tubuh yang vital, mata juga perlu dijaga kesehatannya , salah satunya adalah dengan memberi nutrisi. Konsumsilah makanan yang kaya akan Omega 3, Lutein, Zink, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Zat-zat nutrisi tersebut dapat membantu menunda gangguan penglihatan akibat bertambahnya usia seperti degenerasi macular dan katarak. Sumber – sumber nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi, ikan-ikanan seperti tuna, tongkol, dan bandeng dan jenis ikan lainnya terutama yang berasal dari laut, telur, kacang-kacangan, buah-buahan seperti pepaya, jeruk dan tomat. 
  • Pakai kacamata hitam. Sinar matahari yang terik dan polusi debu serta asap kendaraan bermotor sangat mempengaruhi kesehatan mata. Oleh karena itu, gunakalan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata kamu. Pilihlah kacamata yang dapat menghalau 100% sinar ultraviolet dari matahari dengan bentuk bingkai yang cukup ketat atau model wrap around. Untuk yang sering mengemudi, pilihlah kacamata polarisasi untuk mengurai silau di mata. 
  • Gunakan kacamata google. Kalau pekerjaan kamu berhubungan dengan material-material yang cukup berbahaya seperti pekerjaan di laboratorium atau di area pembangunan gedung (arsitek), gunakanlah selalu kacamata google selama pekerjaan berlangsung. Beberapa jenis olahraga juga memerlukan kacamata khusus seperti renang, jogging, menembak,dll. 
  • Berhenti merokok. Selain merusak kesehatan paru-paru, asap rokok juga dapat mempercepat terjadinya katarak, kerusakan syaraf dan degenerasi macular. Oleh karena itu, berhentilah merokok. Memang tidaklah mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok, tetapi berusahalah terus, semakin sering kamu mencoba berhenti merokok, semakin besar pula kemungkinan kamu berhasil. 
  • Jaga jarak mata dengan monitor computer. Saat ini hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Terlalu sering dan terlalu dekat  menatap layar monitor dapat merusak lensa mata, mata kering dan berair, pandangan kabur, gangguan melihat jauh, kepala pusing, leher dan bahu terasa kaku dan sakit. Untuk menghindari hal itu semua, aturlah posisi layar monitor sejajar dengan mata, hal ini akan membuat pandangan sedikit menunduk ketika menatap layar monitor sehingga mata tak cepat lelah. Hindari juga memakai pencahayaan layar monitor yang terlalu terang, gunakan pelapis layar anti glare jika memang diperlukan. Pastikan kursi kerja kamu nyaman, tidak terlalu tinggi atau rendah dan telapak kaki bisa menapak lantai. Jika mata kamu mulai terasa kering, berkedip-kediplah, istirahatkan mata dengan jeda waktu setiap 20 menit dengan melihat sejauh 6 – 7 meter selama 20 detik. Tiap dua jam beristirahatlah sejenak dan bangun dari tempat duduk selama 15 menit. 

Demikianlah 6 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Jika anda benar – benar menjaga mata anda dengan baik dan melakukan cara-cara sederhana dalam menjaganya seperti di atas maka mata kamu akan selalu sehat.

Semoga bermanfaat :)
Sumber : www.wom.my