9 Masalah Penyebab Berat Badan Tidak Turun

9 Masalah Penyebab Berat Badan Tidak Turun
Sehat dan cantik Alami -  Masalah yang sering timbul ketika melakukan program diet adalah karena tidak mampu mengontrol 'lapar mata'. Kondisi inilah yang menyebabkan berat badan kamu statis pada jarum timbangan badan. Namun, bukan hanya 'lapar mata' tetapi ada lagi masalah lain yang menyebabkan berat badan tidak turun.

Berikut ini adalah 9 masalah penyebab berat badan tidak mau turun. 


DIET DENGAN GOLONGAN DARAH
Diet dengan cara mengkonsumsi makanan sesuai dengan golongan  darah masih belum teruji secara klinis. Ini karena tidak semua yang menjalaninya berhasil dalam menurunkan berat badan. Kamu perlu tahu, seseorang itu memiliki keunikan masing-masing dan tidak semua diet sesuai untuk semua orang. Paling penting, lakukan diet yang seimbang dan ambillah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.


BERAT BADAN TURUN DENGAN DIET BUAH
Terlalu yakin bahwa berat badan bisa turun dengan buah atau jus buah saja? Sebenarnya, diet dengan jus buah tidak dianjurkan terutama untuk jangka waktu panjang. Lebih baik kamu mengambil potongan buah dibandingkan jus.
Selain itu, buah juga hanya mengandung karbohidrat, beberapa vitamin dan mineral. Sedangkan tubuh kamu membutuhkan zat gizi lainnya. Kekurangan satu zat gizi dalam jangka waktu panjang dapat berdampak negatif pada kesehatan. Cukuplah dengan menjalankan diet jus buah selama 1-2 hari saja.


INGIN BERAT BADAN STABIL
Untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, kamu harus berpusat pada diet dan olahraga. Bahkan seseorang yang sudah memiliki berat ideal tetapi dengan cara yang singkat - menyedot lemak (tidak melakukan diet dan olahraga), dapat menyebabkan berat badan akan bertambah di kemudian hari. Jangan terlalu mengharap bahwa kamu akan tetap langsing dengan diet instan.

BACA JUGA :  

5 tanda diet yang berhasil


TIDAK PERNAH KENYANG
 Jika kamu makan dan tidak pernah kenyang, cobalah minum 1-2 gelas air putih sebelum makan. Ambillah makanan yang mengandung serat yang banyak seperti buah dan sayur. Jangan lupa, mengkonsumsi protein dan lemak yang cukup akan membuat kamu merasa kenyang saat makan.


BADAN TERASA BERAT
Pastikan kamu mengetahui berat ideal kamu. Jika kamu tergolong dalam berat badan ideal tetapi badan terasa 'berat', artinya kurang melakukan latihan dan aktivitas fisik. Lakukan peregangan otot atau latihan ringan secara teratur pasti tubuh kamu merasa lebih ringan dan segar sepanjang hari. Jadi perhatikan berat badan kamu, jika berat badan tidak ideal, kamu harus lakukan sesuatu.


LAPAR MATA
Kamu memiliki hobi 'suka makan' dan tidak mampu mengontrol 'lapar mata' ? Biasanya, 'lapar mata' terjadi pada orang yang suka mencari camilan yang tinggi kalori dan lemak. Meskipun camilan diperlukan tetapi pilihlah camilan sehat seperti buah, yogurt rendah lemak, salad dan sebagainya. Pastikan jadwal makan sehari kamu adalah 3 kali hidangan makan dengan 2 kali snack.


SUKA MENGEMIL TAPI TAKUT GEMUK
Tidak salah mengunyah camilan tetapi pilihlah camilan yang sehat. Misalnya, gantikan kacang goreng dengan kacang rebus dan ganti minuman berkalori dengan air putih. Pastikan juga hidangan camilan dalam sehari adalah 10% dari jumlah kalori dalam sehari.


TIADA WAKTU UNTUK OLAHRAGA
Kalau kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga, kamu dapat memperbanyak aktivitas fisik dalam sehari-hari. Misalnya, naik turun tangga dan hindari menggunakan lift di kantor. Selain itu, ketika menonton televisi, jangan sesekali meletakkan remote control dekat dengan kamu. Sebaliknya, letakkan remote control dekat dengan televisi, cobalah berdiri, berjalan dan ambil tombol remote contro televisi untuk mengganti channel lain.


TARGET YANG TIDAK LOGIC
Kadang kala, target yang Anda letakkan dalam berdiet juga tidak logis. Ingin menurunkan 10 kilogram berat dalam waktu satu bulan itu sangatlah mustahil. Jika kamu berhasil melakukannya, kamu pasti mengabaikan kebutuhan nutrisi pada tubuh. Ini berbahaya karena kita harus kurus secara sehat dan aman. Pastikan target Anda adalah logis dan realistis.
Semoga bermanfaat.Sumber : www.wom.my