Merawat Kesehatan Kulit Dengan Masker

Merawat Kesehatan Kulit Dengan MaskerTips Hidup Sehat dan Cantik Alami - Kecantikan dan kesehatan kulit merupakan faktor yang sangat penting bagi penampilan seseorang. Terdapat beberapa faktor untuk mendapatkan kulit yang sehat diantaranya faktor makanan dan faktor lingkungan, yaitu proses perawatan yang dilakukan pada kulit, misalnya skrub dan masker. Kegunaan masker banyak sekali terutama untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel mati yang sudah siap mengelupas, menghaluskan dan mencerahkan kulit, meningkatkan metabolisme kulit, meningkatkan peredaran darah, memberi rasa segar,  memberi nutrisi pada kulit agar kulit terlihat cerah, sehat, halus dan kencang.

Saat ini banyak sekali jenis masker yang diperjualbelikan, ada yang berbentuk bubuk, krim dan gel. Masker buatan sendiri dari bahan-bahan alami seperti buah lemon, avokado, kopi, strawberi dan sebagainya, sayur dan telur juga dapat menjadi pilihan. Tujuannya adalah untuk mencuci, mengencangkan, melembutkan, menjaga kehalusan kulit, mengurangi bintik-bintik hitam, dan mencegah penuaan.

Berikut ini adalah jenis-jenis masker

Masker Kaki
Bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, melemaskan otot-otot yang tegang akibat aktivitas yang padat. Sebelum disapukan masker, rendamlah kaki ke dalam air hangat yang dicampur garam dan aroma terapi. Fungsinya adalah untuk menambah kesegaran pada kaki dan melancarkan peredaran darah.

  • Masker Susu dan Madu Untuk Kaki Lembut Dan Bersih. Campurkan 2-3 sdm susu bubuk sapi dengan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian punggung dan telapak kaki yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, gosok pasta yang melekat pada kaki untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat kuku. Keringkan kaki Anda dan oleskan lotion setelahnya.


  • Masker Susu dan Minyak Zaitun Untuk Kaki Lembab Dan Cantik. Campurkan 2 sdm susu bubuk dengan air hingga menjadi pasta dan tambahkan minyak zaitun sebanyak 2-3 sdm. Bisa juga dengan menggantinya dengan 1/4 cangkir susu pembersih wajah yang diberi 2-3 sdm minyak zaitun. Oleskan pada kaki yang telah dibersihkan dan diamkan selama 20-30 menit. Kaki yang pecah-pecah dan kusam akan melunak dan kembali bervitalitas. Bilas dengan air dingin dan sabun yang mengandung pelembab agar bersih.


  • Masker Susu Dan Cokelat Untuk Kaki Belang. Buat pasta susu cokelat dari susu bubuk, cokelat bubuk, madu dan minyak zaitun. Oleskan pada kaki yang belang. Diamkan selama 30 menit. Kemudian gosok sisa masker agar membantu mengikis sel kulit mati yang menyebabkan kulit Anda belang. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu selama sebulan. Kaki akan lebih cerah dan lembut.


Masker punggung
Sapukan masker pada bagian leher, bahu, punggung, dan lengan. Masker ini amat berguna untuk menguatkan dan menghilangkan kedut (otot tegang) di sekitar leher serta memberi kenyamanan. Memakai masker ini juga bisa mengembalikan lagi bentuk punggung dan bawah lengan.

  • Masker putih telur. Sapukan putih telur di punggung kamu dan biarkan hingga mengering. Dikarenakan aroma telur yang berbau amis maka sebaiknya punggung perlu dibasuh dengan sabun beberapa kali.  Meskipun begitu, kamu tidak akan menyesal karena efek masker putih telur cukup cepat dan segera terlihat paling lambat 2 minggu dari pemakaian.

  • Masker tomat. Parut sebuah tomat berukuran besar kemudian sapukan pada  punggung dengan menggunakan spons kemudian pijat-pijat secara ringan. Biarkan agak mengering, kemudian mandi seperti biasa.

  • Masker jeruk nipis. Anda tentu pernah mendengar bahwa jeruk nipis sangat membantu mengeringkan dan menghilangkan noda jerawat. Dan, begitu pula efeknya pada punggung Anda. Selain itu, jeruk nipis juga memberikan rasa rileks karena aromanya yang segar.


Masker Payudara
Masker ini membantu mengencangkan kulit payudara dan sekitarnya serta membentuk payudara menjadi lebih indah. Selain itu, payudara juga jadi kelihatan menarik dengan membuat sendiri ramuan untuk pijatan dengan memakai bahan tradisional yaitu dengan minyak zaitun.  

  • Masker Minyak Zaitun. Minyak zaitun berguna  untuk menjaga bentuk dan kekencangan payudara kamu. Caranya adalah sebelum mandi, oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan payudara kemudian lakukan pijatan kearah dalam.  


Masker seluruh tubuh
Masker yang dipakai pada seluruh bagian tubuh. Selain masker, minyak aroma terapi asli juga boleh digunakan untuk memberi aroma yang menenangkan. Masker dan pijatan yang lembut pada seluruh badan membantu menghilangkan segala keletihan dan kepenatan selepas seharian bekerja atau belajar.

BACA JUGA: 

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kusam Dan Gelap Pada Wajah


Manfaat Masker
  • Masker buah almond - menjaga kulit tetap awet muda, menyegarkan, dan menenangkan kulit.

  • Masker kopi- menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah dan, mempercepat pengelupasan sel kulit mati.

  • Masker susu- membantu memutihkan kulit, menghilangkan bekas parut, dan mencegah kulit berkedut.

  • Masker strawberi- melambatkan proses penuaan, melindungi sel tubuh dari kanker dan menyehatkan kulit.

Tips Memakai Masker :

Cara pemakaian masker badan adalah dengan mencampurkan masker dengan air putih, air mawar atau madu. Lulurkan pada badan hingga kering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap minggu, pasti hasilnya tidak mengecewakan kamu.

Sebelum melakukan perawatan kulit dengan masker,usahakan sedang dalam keadaan santai atau sedang tidak terburu-buru karena untuk melakukan perawatan masker diperlukan suasana santai dan biasanya memakan waktu ½ sampai 1 jam. Jika dalam keadaan yang santai tentu saja akan sangat berpengaruh akan hasil diperoleh.

Saat melakukan perawatan dengan masker yang membutuhkan waktu perawatan sampai 1 jam,sebaiknya kita sambil mendengarkan musik yang lembut dan bisa memberikan efek relaksasi kedalam fikiran maupun tubuh kita. Hal ini sangat membantu proses perawatan karena bisa membantu untuk mengeluarkan kecantikan dari dalam atau inner beauty kita.

Setelah selesai melakukan perawatan masker, bersihkan secara perlahan masker yang menempel hingga bersih. Usahakan selalu menggunakan air yang bersih dan hangat untuk hasil yang lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.Sumber : www.wom.my