Menghilangkan Bekas Luka Kena Knalpot Dengan Bahan Alami

Menghilangkan Bekas Luka Kena Knalpot Dengan Bahan Alami
Sehat dan Cantik Alami - Kamu sering mengendarai sepeda motor? Terkadang kita sering lengah ketika mengendarai kendaraan bermotor roda dua pada saat  turun tiba-tiba tanpa disadari betis terkena knalpot yang masih panas. Jika didiamkan lama kelamaan luka bekas knalpot akan tampak hitam dan meninggalkan bekas luka yang sangat mengganggu penampilan terutama ketika sedang menggunakan celana atau rok pendek. Banyak obat-obatan di toko yang menjanjikan dapat menghilangkan bekas luka knalpot tetapi tak jarang yang mencobanya dan hasilnya tidak bisa hilang.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat  dipakai untuk menghilangkan bekas luka terkena knalpot panas.


  • Air. Cara ini merupakan penanganan pertama kali saat kamu terkena knalpot panas. Selain berguna untuk meredam rasa panas akibat terkena knalpot, juga untuk mencegah kulit menjadi cokelat saat sesudah terkena knalpot. Jadi begitu kamu terkena knalpot panas , segera rendam kaki yang tersengat knalpot di dalam air dengan suhu normal (+/- 27 C) selama 15 menit. Tujuannya agar suhu bagian kaki yang terkena knalpot dapat segera netral karena bagian tersebut mengalami peningkatan suhu didalam.


  • Minyak Zaitun. Selain untuk memasak dan meiliki khasita untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga dapat menghilangkan bekas luka yang diakibatkan terkena knalpot dan  mampu mengangkat sel-sel kulit mati akibat luka yang ditimbulkan saat terkena knalpot panas serta dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat bekas luka knalpot, lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

BACA JUGA : 

Cara Menghilangkan Bulu Kaki Yang Aman dan Tanpa Rasa Sakit


  • Mengkudu. Buah mengkudu memiliki senyawa scopoletin yang sangat membantu sebagai anti radang sehingga dapat digunakan menjadi obat menghilangkan luka. Cara penggunaannya blender mengkudu menjadi jus kemudian kompres bekas luka dengan handuk yang telah dibasahi dengan jus mengkudu, tunggu hingga kering lalu bersihkan. Lakukan hal itu sebanyak 3 kali tiap harinya.


  • Mentimun. Meskipun penampakannya kurang menarik tetapi sebenarnya mentimun kaya akan berbagai zat nutrisi, seperti Vitamin C, potassium yang berfungsi untuk menangkal radikan bebas, juga terdapat silica yang membantu produksi kolagen. Untuk menghilangkan bekas luka terkena knalpot, caranya adalah blender buah mentimun sampai halus, lalu balurkan pada bekas luka yang menghitam dan diamkan semalaman. Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, lakukanlah secara rutin, maka bekas luka akan memudar secara perlahan.


  • Bawang Putih. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang, hal ini berguna untuk menghilangkan bekas luka yang ada di betis kamu. Caranya adalah haluskan bawang putih dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas luka knalpot. Cara ini cukup efektif menghilangkan bekas luka knalpot yang membandel.


  • Madu. Seperti yang kita ketahui, sudah cukup banyak penelitian-penelitian yang dilakukan untuk mengetahui khasiat madu. Selain untuk kesehatan, madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka kena knalpot. Caranya adalah dengan mengoleskan pada bagian bekas luka selama 15-20 menit dan lakukan secara rutin.


  • Tomat. Buah tomat selain sebagai penambah cita rasa pada masakan juga dapat berfungsi sebagai penghilang bekas luka kena knalpot. Buah tomat mengandung vitamin C dan lycopene yang berguna bagi kesehatan kulit.  Vitamin C berkhasiat  untuk mencerahkan kulit dan lycopene berkhasiat melindungi kulit dari kerusakan akibat terbakar seperti terkena panasnya knalpot. Caranya cukup mudah yaitu iris tipis buah tomat, tempelkan pada kulit yang ada luka bekas kena knalpotnya, lakukan sehari 2-3 kali secara rutin, dalam seminggu bekas lukanya akan semakin memudar.


  • Ampas Teh. Kamu tentu sering minum teh dirumah, apakah itu teh seduh atau teh celup. Jika dikaki kamu ada bekas luka kena klnapot, kamu dapat menggunakan ampas teh  yang bekas diseduh/dipakai. Ampas teh  tersebut bisa berguna untuk menghilangkan luka bekas kena knalpot. Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada teh sangat berguna bagi kesehatan kulit. Cara menggunakannya adalah luluri bagian kulit yang ada luka bekas kena knalpotnya dengan ampas teh, lakukanlah sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu, alhasil bekas luka kena knalpot kamu sedikit demi sedikit akan memudar dan menghilang.


  • Beras. Ternyata beras juga dapat membantu menghilangkan bekas luka kena knalpot. Caranya dengan merendam beras sebanyak 0,5 ons selama 20 menit, angkat dan tiriskan lalu tumbuk bersama 0,5 ons kencur. Setelah tercampur halus oleskan pada bekas luka kena knalpot secara merata. Lakukanlah setiap hari selama dua minggu. Bekas luka kena knalpot berangsur-angsur akan hilang


Demikianlah cara menghilangkan bekas luka yang terkena knalpot panas dengan bahan-bahan yang alami.  Semoga bermanfaat.

Sumber : www.wom.my