Tips Merawat Kesehatan Kulit Sehari-hari

Tips Hidup Sehat dan Cantik Alami - Jika kita menginginkan kulit yang tidak bermasalah serta selalu sehat dan bersih dari jerawat, penuaan atau kulit kering dan kusam, janganlah terlalu malas dalam merawat kesehatan kulit sehari-hari. Perlu juga kita sesekali  melakukan perawatan kesehatan kulit di spa namun pada saat berada di rumah, kita juga harus melakukan perawatan yang intensif agar kulit tidak mudah bermasalah.



Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam merawat kesehatan kulit sehari-hari.

Lindungi kulit dari sinar matahari
Untuk memastikan kulit selalu sehat, jangan sesekali keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Gunakan krim pelindung kulit dar sinar Ultra Violet matahari yang tinggi dengan kandungan SPF, sebaiknya 50 ke atas dan PA +++ untuk melindungi kulit dari sinar Ultra Violet.

Gunakan sabun yang lembut
Apakah kamu merasa kulit menjadi kering terutama setelah mandi ? Sangatlah penting untuk menggunakan sabun yang lembut dan bebas busa. Seringkali sabun yang menghasilkan banyak busa mengandung bahan kimia yang tinggi sehingga membuat kulit menjadi kering dan kusam, jadi sebaiknya hindari menggunakannya serta cari krim mandi yang terbuat dari susu.

Gunakan shower dan hindari reservoir air
Menggunakan shower saat mandi itu lebih baik dibandingkan mandi  dengan berendam didalam bathup karena akan membuat kulit berkerut. Bukannya kita tidak boleh mandi dengan berendam, tetapi sebaiknya dikurangi. Pastikan air shower bersuhu hangat dan tidak terlalu panas, karena air panas hanya akan membuat kulit menjadi kering.

Keringkan kulit
Sebelum selesai mandi, pastikan tubuh dibilas bersih dan terbebas dari busa sabun kemudian keringkan badan menggunakan handuk dengan teknik 'patting' yaitu mulai dari badan hingga ke kaki. Jangan sesekali menggosok dengan kuat kecuali kamu ingin kulit menjadi kering dan mengelupas.

Melembabkan kulit setiap hari
Pakailah lotion atau pelembab kulit setiap hari secara rutin. Setelah sehabis mandi dan badan sudah kering, oleskan lotion yang sesuai dengan jenis kulit. Lotion akan membantu mengembalikan lapisan 'hydrolipidic' yang bertindak melindungi kulit.

BACA JUGA :

Hal - Hal Yang Menyebabkan Timbulnya Masalah Kulit Wajah


Lindungi kulit ketika berada di tempat dingin
Jika sedang berlibur ke tempat yang dingin, pastikan memakai baju hangat yang memadai. Yang paling penting lindungilah bagian tangan karena cuaca yang dingin ditambah dengan sinar matahari akan membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

Minum air yang cukup
Agar kulit tetap cantik dan bersinar, kulit membutuhkan setidaknya delapan gelas air sehari. Cobalah  rutin minum air teh di pagi hari, air mineral untuk sepanjang hari dan teh herbal di malam hari.

Makan makanan yang sehat
Diet yang sehat dan seimbang sangat bagus untuk tubuh, bahkan kulit juga akan menerima kebaikan yang sama. Setiap hari makanlah buah-buahan dan sayuran yang kaya dengan antioksidan sehingga dapat mempertahankan kulit yang sehat dan cantik.

Tidur yang cukup
Waktu tidur yang cukup adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Jika cukup tidur maka hal ini akan akan membawa kebaikan bagi kesehatan kulit, hasilnya kulit akan jadi lebih bersinar dan sehat. Tapi ingat, jangan kebanyakan tidur !

Berhenti merokok
Jika kamu adalah salah seorang perokok, hentikan segera. Merokok bukanlah satu kebutuhan dan tidak memberi kebaikan, malah hanya akan merusak sel-sel dalam kulit. Efeknya mungkin bukan sekarang tapi lambat laun akan membuat kulit menjadi lebih tua daripada umur. Jadi lebih baik berhentilah sebelum terlambat.

Demikianlah tips merawat kesehatan kulit yang dapat kita lakukan sehari-hari tanpa perlu  mengeluarkan banyak biaya.  Semoga bermanfaat.

Sumber : www.wom.my