Cara Merawat Payudara Tetap Kencang Secara Alami


Bagi beberapa wanita payudara adalah penentu kecantikan dan akan menambah percaya diri mereka. Menjaga payudara agar tetap kencang jelas jadi kebutuhan setiap wanita. Bagi yang sudah menikah, payudara yang kencang juga akan menambah keharmonisan saat berhubungan intim.

Bentuk payudara memang akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Ada beberapa pemicu hormonal yang menjadi penyebab bentuk payudara menjadi turun atau kendur. Seperti hamil, melahirkan, menyusui, dan semua kondisi kulit yang berkaitan dengan penurunan elastisitas kolagen serta jaringan tisu di dalam kulit sehingga berdampak pada kekencangan atau kekenduran kulit.

Faktor genetik /keturunan  juga  bisa menjadi mempengaruhi bentuk payudara, misal bila Ibu kita memiliki sepasang payudara yang kencang dan bulat, kemungkinan besar  kamu pun akan memiliki bentuk payudara yang sama persis.


Sayangnya, sejumlah kebiasaan buruk penyebab payudara jadi kendur juga menempati faktor utama dari kondisi yang banyak dialami oleh perempuan. Demikian seperti yang disampaikan dari hasil penelitian terbaru University of California Los Angeles (UCLA)  yang menemukan bahwa dua dari tiga jaringan tisu di dalam payudara akan dua kali lebih cepat menua dibanding keseluruhan tubuh. 

Berikut adalah kebiasaan buruk penyebab payudara menjadi kendur :

  • Pola diet yang berantakan. Memiliki bobot tubuh yang cenderung naik maupun turun dan mengakibatkan akan berdampak secara langsung terhadap bentuk payudara. Pasalnya, jaringan tisu dalam payudara akan menjadi cenderung rentan berkurang kekendurannya.

  • Merokok. Dampak merokok terhadap kesehatan payudara sangatlah besar. Meski kamu tidak merokok, asap rokok serta pertambahan usia akan menghambat aliran darah ke permukaan payudara. Bisa kamu bayangkan, apabila ditambah dengan kebiasaan merokok yang sangat buruk bagi kesehatan organ vital tersebut.

  • Lupa mengoleskan tabir surya. Terkena sinar ultraviolet matahari tanpa perlindungan seperti mengenakan tabir surya akan mempercepat datangnya proses penuaan kulit di area payudara. Garis kerutan dini maupun kulit yang mengendur akan segera terjadi yang menjadi indikasi kerusakan sekaligus berkurangnya kolagen area payudara.

  • Mengenakan bra yang tidak sesuai dan mendukung bentuk payudara secara benar. Semahal dan seterkenal apapun merk produk bra yang Anda kenakan, namun bila bentuk, ukuran, model hingga posisi bra yang dikenakan tidak tepat, maka payudara akan menjadi kendur. Gunakan bra sports saat Anda pergi ke gym untuk menjaga bentuk payudara tetap ditempatnya. “Bentuk bra yang tidak tepat menyangga bra akan menekan kulit payudara dan berdampak pada suplai oksigen serta kadar kolagen di dalamnya. Jangan biasakan membeli model dan ukuran bra sembarangan tanpa memastikannya sesuai dengan payudara milik Anda. Tanyalah pada pakar untuk memilih model bra yang tepat,” 

  • Olahraga yang terlalu keras. Para peneliti di Amerika mengatakan bila latihan olah tubuh yang menerapkan gerakan berulang dalam tempo cepat akan mengarah pada kondisi berkuranganya kolagen di area payudara.

Lalu bagaimana cara merawat payudara agar tetap kencang ?

  • Latihan. Mengencangkan payudara kendur memang dapat dilakukan dengan latihan yang fokus pada jaringan payudara serta otot di sekitar dada, seperti push up dan chest press and pulls. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara menarik kedua tangan ke belakang lalu gerakkan ke depan hingga menghimpit payudara.

  • Putih telur. Putih telur mengandung hidro-lipid yang dapat membantu untuk mengangkat kulit kendur di sekitar payudara. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengocok 1 putih telur hingga berbusa, lalu oleskan pada payudara dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan lakukan seminggu sekali
  • Minyak zaitun. Memijat payudara dengan menggunakan minyak zaitun adalah teknik yang baik untuk mengencangkan payudara. Selain itu, minyak zaitun juga kaya antioksidan dan asam lemak sehingga dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta dapat mencegah payudara kendur.

  • Lidah buaya. Manfaat lidah buaya selain dapat melebatkan rambut, juga dapat mengencangkan kulit sehingga dapat bermanfaat untuk mengencangkan payudara. Selain itu, lidah buaya yang juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas sehingga dapat membantu untuk mempertahankan kekencangan payudara. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya dan pijat payudara Anda secara lembut dan melingkar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat dan ulangi sebanyak 4-5 kali dalam seminggu.

Demikian cara alami untuk mengencangkan payudara Anda yang mungkin dapat Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Sumber : www.wom.my