Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Sembelit Di Bulan Puasa

masalah sembelit
Masalah Sembelit. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap menyerang orang yang sedang berpuasa adalah masalah sembelit. Apalagi jika Anda makan dalam keadaan yang terburu-buru ketika berbuka puasa.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis buah dan makanan yang dapat mengatasi masalah sembelit. Buah kurma paling direkomendasikan sebagai menu utama atau pencuci mulut ketika sahur dan berbuka puasa. Di dalam buah kurma terdapat kandungan gula gula glukosa dan fruktosa tinggi yang baik untuk memberikan energi pada tubuh seperti ke sel-sel otak, saraf, darah merah dan tulang belakang.

Selain kurma, ada beberapa jenis buah dan minuman juga direkomendasikan untuk dinikmati ketika berpuka puasa. Buah-buahan serta minuman tersebut dikatakan mampu membantu mempercepat proses pencernaan, mengatasi sembelit, mencegah asam dalam perut dan menjaga tubuh dari dehidrasi.
Berikut ini adalah buah-buahan yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah sembelit di bulan puasa,

Anggur









Buah anggur mampu mencegah masalah sembelit, gangguan pencernaan dan juga mengatasi kepenatan. Anggur kaya dengan vitamin A, C, B6 dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium.

Apel










Buah apel kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini juga merangsang kesehatan usus besar. Jadi, mengkonsumsi satu buah apel sehari akan membantu menjaga pencernaan agar tetap lancar.

Melon









Buah melon mengandung sampai 92 persen air dan sarat dengan vitamin A, B6 dan C, nutrisi, antioksidan, asam amino, dan kalium, yang semuanya membantu menghidrasi tubuh.

Jeruk Oranye








Buah jeruk oranye cukup efektif dalam mengurangi dehidrasi. Di dalam buah jeruk terkandung lebih dari 100 persen vitamin C dengan dosis harian yang direkomendasikan.

Strawberry








Biarpun buah strawberry tidak mengandung vitamin C, namun ia mampu membersihkan arteri dan mengatur gula darah.

Jeruk Lemon







Lemon mengandung antiseptik yang baik dan menawarkan anti-racun bagi hati. Selain itu, lemon juga meningkatkan jumlah Ciaran di dalam tubuh sehingga mencegah dehidrasi.

Daun Mint








Daun mint yang segar sangat baik untuk pencernaan. Tambahkan ke dalam minuman dan ia akan membantu masalah sembelit yang Anda hadapi.



6 Penyebab Anda Mudah Sembelit :

1. Stress
Inilah antara penyebab sembelit yang harus Anda ketahui. Saraf enterik yang bekerja luar biasa mengatur sistem pencernaan  akan terganggu ketika Anda mengalami stress. Kondisi ini akan membuat Anda mendapatkan penyakit sembelit.

2. Kekurangan Cairan
Masalah yang satu ini memang kerap menjadi permasalah mereka yang mengalami susah buang air besar. Kekurangan cairan akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu dan akhirnya sembelit. Minum cukup air secukupnya dan secara berangsur angsur Anda akan bebas dari sembelit.

3. Kehamilan
Kehamilan juga bisa menjadi salah satu alasan Anda mengalami masalah sulit buang air besar. Sistem hormon dan saraf enterik akan terganggu dan menjadi penyebab sembelit. Jadi, sebab  itulah Anda harus mengkonsumsi banyak makanan berserat untuk mencegah terkena masalah sembelit.

4. Kurang Berolahraga
Kurang berolahraga dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Jadi, cobalah berolahraga secara rutin pada setiap hari. Paling tidak, lakukan kegiatan berjalan kaki secara rutin untuk mengurangi masalah sembelit.

5. Tiroid
Anda yang berhadapan dengan masalah 'Hypothyroidism' lebih mudah mengalami sembelit.Ini adalah karena kelenjar tiroid tidak berfungsi, sehingga menyebabkan ada sembelit.

6. Travelling
Selain makanan yang menjadi penyebab utama sembelit, travelling atau berjalan-jalan dalam waktu yang lama bisa membuat Anda diserang sembelit. Pada saat itu, jadwal makan dan kondisi tubuh Anda akan berubah.Jadi, pastikan Anda makan makanan seperti sereal atau makanan lain yang berkhasiat. Ini sangat penting untuk mencegah Anda dari sembelit.

Semoga bermanfaat (dee)
Sumber : www.wom.my