Cara Mengatasi Bau Kaki Yang Menyengat Secara Alami

Cara Mengatasi  Bau Kaki Yang Menyengat Secara Alami
Cara Mengatasi Bau Kaki. Siapapun orang yang mengalami masalah dengan bau kaki, tentunya akan merasa minder dan kehilangan kepercayaan dirinya. Banyak orang yang memiliki masalah ini ingin tahu bagaimana cara mengatasi bau kaki yang menyengat dengan cara yang alami terutama setelah memakai sepatu selama seharian. Sebenarnya dari mana bau kaki ini berasal?

Sebenarnya kaki adalah bagian tubuh yang paling sering kita 'siksa'. Mengapa dikatakan demikian? Karena setiap hari kita menggunakan kaki untuk menapak berjalan ke sana kemari, berlari, menaiki anak tangga dan sebagainya.  Beban kaki bekerja sangat berat karena ia menopang seluruh tubuh kita.


Jadi, tidaklah mengherankan kalau banyak di antara kita yang mengalami masalah terkait dengan kaki. Salah satu masalah yang  adalah masalah  bau kaki!


Sama juga seperti keringat lain yang ada pada tubuh kita, keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Tetapi ketika keringat tersebut keluar secara berlebihan  lalu bercampur dengan bakteri yang biasanya melekat pada sel-sel kulit mati maka akan menyebabkan timbulnya bau tidak sedap.

Kaki yang lembab dan bau karena selalu tertutup sepatu dan kaos kaki sepanjang hari adalah lingkungan yang sangat disenangi oleh bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang bertemu keringat akan menyebabkan timbulnya bau tak sedap.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab bau kaki:
  • Selalu memakai  sepatu dan kaos kaki yang sama setiap hari
  • Tidak rajin mencuci kaki setelah melakukan aktifitas setiap hari.
  • Seseorang yang sedang mengalami stress cenderung banyak memproduksi keringat.
  • Melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu terlalu lama berdiri sepanjang hari.
  • Pengidap hiperhidrosis, yaitu gangguan berkeringat berlebihan.
  • Remaja dan ibu hamil, akibat perubahan hormon.
  • Seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Jika Anda termasuk dalam kategori penderita masalah kaki berbau, lakukanlah cara untuk mengatasi bau kaki secara alami berikut ini :

3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Bau Kaki Yang Membandel 

1. Bersihkan dan gosok celah jari kaki
Setiap kali mandi jangan lupa untuk membersihkan celah-celah jari kaki dan kuku kaki karena celah jari kaki adalah daerah yang paling lembab. Jika celah jari dan kuku kaki terlampau kotor juga dapat menjadi penyebab bau yang tidak sedap. Gunakanlah sabun antiseptic  dan sikat lembut untuk menggosok. 

2. Merendam Kaki dengan Air Teh
Sebelum Anda merendam kaki dengan teh, bersihkan kaki terlebih dahulu kemudian siapkan air hangat didalam baskom/ember dan tuangkan teh sebanyak  1 sendok kecil.  Jika warna air sudah berubah, celupkanlah kaki Anda ke dalamnya. Cara mengatasi bau kaki dengan teh ini dapat dilakukan menjelang tidur pada malam hari. Selain untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap, merendam kaki dengan teh ini juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman.

3. Merendam Kaki dengan Air Garam
Selain dengan teh, Anda juga dapat menggunakan garam untuk mengatasi bau kaki yang menyengat.  Gunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam untuk merendam kaki Anda yang lembab dan berbau tak sedap. Garam akan menetralkan bau yang disebabkan oleh bakteri di kaki. Cara mengatasi bau kaki dengan  garam ini harus rutin dilakukan setiap hari ketika sudah dalam keadaan santai pada malam hari. Bau kaki yang membandel akan berangsur-angsur menghilang jika hal itu dilakukan secara teratur.

Untuk mencegah timbulnya kembali bau kaki, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Simpan sepatu di tempat yang seharusnya
Jangan menyimpan sepatu sembarangan. Selain dapat menyebabkan sepatu lebih cepat rusak, juga dapat menimbulkan bau yang tidak enak. Simpan sepatu di tempat yang aliran udaranya lancar atau gunakan silica gel jika menyimpan sepatu di dalam kotak. 

2. Pastikan kaki kering sebelum memakai sepatu
Cara yang terbaik untuk menghindari dari kaki berbau adalah dengan memastikan kaki kita selalu dalam keadaan kering. Keringkan kaki terutama di celah jari kaki karena di situlah tempat bakteri selalu mereproduksi serta meninggalkan bau yang busuk.

Jika perlu, ganti sepatu Anda setiap hari. Jika Anda memakai sepatu yang sama setiap hari, ada kemungkinan besar kaki  Anda bisa  bau. Jagalah juga kebersihan sepatu dan pastikan selalu dalam keadaan kering.

3. Pakailah Kaus Kaki Yang Bahannya Menyerap Keringat
Keringat  yang dihasilkan pada kaki kita akan menyebabkan kaki menjadi lembab dan berbau, apalagi jika Anda selalu memakai sepatu sepanjang hari . Jika menggunakannya setiap hari, ada baiknya jika Anda memakai kaus kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat.  Ini adalah cara yang efektif untuk mengatasi bau kaki akibat keringat yang timbul pada saat memakai sepatu karena keringat pada kaki secara cepat akan diserap dengan baik.

4. Cuci Sepatu Secara Rutin
Sepatu yang tidak pernah dicuci tentu saja akan menghasilkan bau yang  tidak sedap.  Cucilah sepatu yang Anda gunakan secara rutin,  hal ini akan menjadikan kaki Anda tidak berbau.  Bakteri-bakteri yang ada di dalam sepatu akan mati bersamaan dengan sabun pencuci yang digunakan. Cucilah sepatu anda minimal dua minggu sekali.

5. Konsultasi dengan dokter
Jika bau kaki Anda tidak juga hilang, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasihat serta perawatan. Mungkin dokter akan memberikan antibiotik untuk menghilangkan bakteri yang berkembang biak di kaki dan mengatasi .



Jika Anda tidak ingin dijauhi oleh orang lain atau pun teman-teman hanya karena bau kaki, cobalah lakukan cara mengatasi bau kaki secara alami ini. Semoga berhasil dan setelah ini Anda mungkin tidak akan malu atau merasa tertekan lagi dengan masalah bau kaki.  
Salam. Tips Hidup Sehat dan Cantik Alami (dee)
Sumber : www.wom.my