7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit Wajah

 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah
Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit Wajah. Selain jerawat, masalah  flek hitam di wajah juga bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri.  Apakah Anda juga mengalami masalah flek hitam di wajah? Flek hitam pada wajah memang sulit untuk dihilangkan dan membuat kulit Anda terlihat tidak cantik dan kusam. Banyak produsen kosmetik yang mengklaim produknya dapat menghilangkan flek hitam dengan cepat namun sayangnya, selain harganya mahal juga mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Alternatif lain untuk menghilangkan flek hitam adalah menggunakan bahan-bahan alami. Selain murah dan bahannya mudah didapatkan, cara menghilangkan flek hitam pada kulit wajah secara alami ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya.


Masalah flek hitam pada wajah adalah salah satu dari 10 masalah kulit wajah yang sering dihadapi oleh semua orang baik kaum wanita maupun laki-laki, yang berusia di antara 30 sampai 50 tahun. Flek hitam sering muncul di daerah wajah seperti di bagian pipi. Namun, ada juga yang mengalaminya di bagian hidung dan dahi.

Flek hitam pada wajah terbagi menjadi dua jenis,yaitu :
1. Flek Hitam Epidermis yang berada di lapisan kulit
2. Flek Hitam Dermal berbentuk seperti tahi lalat kecil yang timbul.

Biasanya kedua jenis flek hitam ini akan muncul secara bersamaan. Sebenarnya adanya flek hitam tidak berbahaya tetapi jika dibiarkan, flek hitam di wajah yang membandel akan menyebabkan kanker kulit.


Mungkin Anda kurang yakin apakah penyebab sebenarnya yang menyebabkan flek-flek di wajah. Penyebab utamanya masih belum dapat dipastikan hingga kini, namun para ahli kulit sependapat bahwa kehadiran flek-flek ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini : 
  • Sinar matahari. Ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat merangsang tingkat munculnya flek-flek hitam. Malah, flek-flek yang sudah memudar bisa kembali terlihat dengan hanya sedikit paparan pada matahari. 
  • Perubahan hormon. Flek hitam lebih mudah muncul pada wanita hamil. Bila flek-flek muncul di kalangan wanita hamil, maka disebut chloasma atau topeng kehamilan. Pil KB dan obat hormon juga dapat menyebabkan timbulnya flek-flek pada wajah. 
  • Kosmetik. Produk perawatan kulit dan alat make-up yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat merangsang kulit dan ikut memperburuk flek hitam tersebut. 

  • Keturunan/Genetik. Munculnya flek hitam pada wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor genetika ini mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen peluang bagi seseorang menjadi rentan terkena flek hitam di wajahnya.

Sifat dari flek hitam ini tidak gatal, bukan disebabkan oleh infeksi kuman serta tidak menular. Namun, sebagai wanita yang memang identik dan sangat perhatian dengan kecantikan, tentu saja keberadaan flek hitam tersebut pastinya akan membuatnya galau. Anda akan selalu berusaha untuk menutupinya dengan bedak yang tebal dan rasa malu ketika keluar tanpa make up. Tapi jangan menyerah dulu, jangan putus asa karena masih belum terlambat untuk mengatasinya.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah


Ada dua cara untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah, antara lain:
  • 1.       Dengan menggunakan metode secara kimiawi
  • 2.       Dengan menggunakan bahan alami 

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan kimiawi


  • Pengelupasan Kimia

Cara ini melibatkan penggunaan larutan kimia untuk menghasilkan pengelupasan kulit yang mengandung lapisan melasma. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan flek hitam tetapi Anda harus melakukan perawatan kulit wajah yang rutin. Hasilnya sekitar 50 sampai 70% flek hitam akan hilang.

  • Dengan laser

Cara ini lebih efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah karena gelombang laser dapat masuk lebih jauh ke dalam.

  • Mikrodermabrasion dan HV Iontophoresis.

Cara ini menggunakan satu alat untuk menghasilkan pengelupasan secara mekanis. Kemudian diikuti dengan perawatan Vit C Iontophoresis yang akan mencerahkan kulit. Sangat efektif bagi orang yang memiliki kulit yang elastis dan tebal.

  • Krim dan Sunblock

Penggunaan krim dan sunblock ini merupakan perawatan tindak lanjut dari cara-cara tersebut diatas namun tidak cukup dengan hanya menggunakan krim dan sunblock saja, disarankan untuk tetap melakukan konsultasi perawatan kepada dokter kulit Anda.

  • L Glutahione

Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan produk berbasis homeopathy dan biochemic. Selain itu konsumsi Glutathione juga membantu menghilangkan racun di dalam hati dan tubuh akibat penggunaan obat berbasis kimia. 


Cara menghilangkan flek Hitam di wajah secara alami


1. Oleskan kulit pisang ke bagian wajah yang berflek hitam. Biarkan selama lim menit dan bersihkan wajah dengan air bersih

2. Ambil segenggam beras, rendam di dalam air selama satu jam. Tiriskan beras tadi dan tumbuk bersama sedikit kunyit segar sampai halus. Aduk bersama perahan satu buah jeruk nipis dan satu butir telur. Kemudian sapukan ke seluruh wajah sebagai masker. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air hangat untuk menjaga kelembaban kulit. Lakukan setiap hari.

3. Ambil putih telur, rendam tissue yang tebal kedalam putih telur dan tekapkan pada wajah Anda hingga tissue menjadi kering. Buang tisu tersebut dan cuci muka Anda dengan air bersih.

4. Ambil beberapa helai daun sirih muda dan simpan dalam lemari es. Setiap pagi ambil sehelai dan terus gosok di sekitar tempat berflek hitam tersebut.

5. Ambil satu sendok susu bubuk dan aduk dengan perahan jeruk nipis menjadi pasta. Oleskan ke seluruh wajah sebagai masker. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Ambil sedikit daun pepaya, segenggam beras, air dan seruas kulit kayu manis. Rendam terlebih dahulu beras dengan air semalaman. Setelah itu tumbuk dengan sedikit air bersama daun pepaya dan kulit kayu manis. Setelah siap, sapukan ke seluruh wajah Anda dan biarkan kering hingga sekitar 20 - 30 menit. Kemudian, lembabkan wajah Anda, gosok seperti scrub dan cuci. Untuk mendapatkan kesegaran, cuci muka Anda dengan air hangat.

7. Gunakan ampas bekas perasan kelapa dan gosokkan di seluruh wajah Anda. Biarkan selama 15 menit atau lebih. Lakukan secara rutin. Flek hitam di wajahaAnda akan hilang dan kulit wajah menjadi halus dan bersih .

Demikianlah pembahasan bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah, baik secara alami maupun medis/kimiawi. Anda bisa memilih cara yang Anda sukai. Apapun pilihanya, yang terpenting adalah Anda harus melakukannya secara teratur agar hasilnya bisa memuaskan.   
Salam. Tips Hidup Sehatdan Cantik Alami (Dari berbagai sumber - dee)