7 Jenis Makanan Untuk Mencegah Rambut Beruban

Makanan Untuk Mencegah Rambut Beruban7 Jenis Makanan untuk mencegah rambut beruban. Rambut uban adalah merupakan masalah yang normal dan tiak bisa dihindari dan harus dihadapi ketika umur anda sudah semakin meningkat. Namun, kehadiran uban bisa jadi  membuat seseorang menjadi stress, apalagi jika masih berusia muda!

Uban rambut tidak tumbuh dengan sendirinya. Ia tumbuh karena adanya perubahan warna pada pigmen rambut yang disebut melanin. Penyebab rambut beruban adalah karena sel-sel di folikel rambut atau  melanosit  tidak memproduksi pigmen lagi. Folikel yang kehilangan semua pigmen akhirnya akan menyebabkan rambut menjadi putih secara keseluruhannya.


Bagaimana cara mencegah rambut beruban? Tahukah anda, salah satu cara mudah untuk mencegah rambut beruban salah satunya adalah dengan  melalui konsumsi makanan. Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat mempercepatkan pertumbuhan uban di kalangan anak-anak muda.

Stress juga menjadi salah satu faktor yang memicu tumbuhnya rambut beruban. Selain faktor tersebut, kekurangan nutrisi juga bisa membuat tumbuhnya uban. Jadi, oleh karena itu anda perlu menjaga kesehatan rambut dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Berikut ini beberapa makanan sehat dan alami untuk mencegah rambut beruban.


  • Coklat

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban











Bukan hanya enak untuk dimakan, ternyata coklat juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan rambut anda. Coklat kaya dengan kandungan tembaga yang berguna untuk menghasilkan melanin pada rambut anda. Sel-sel melanin bermanfaat untuk meningkatkan kualitas warna rambut sehingga dapat mencegah munculnya uban.

  • Sayur-Sayuran Hijau

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban









Sayur-sayuran merupakan sumber vitamin B6 dan B12 yang alami. Kedua vitamin ini diperlukan untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Sayuran berdaun hijau seperti bayam,kangkung, sawi hijau,dan lain-lain merupakan sumber vitamin B yang baik. Rajin mengkonsumsi sayuran hijau dapat membantu mencegah tumbuhnya rambut beruban.

  • Kacang Almond

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban








Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kacang almond kaya vitamin E dan tembaga yang dapat mencegah tumbuhnya uban dan menyehatkan rambut.

  • Buah Strawberry dan sejenisnya

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban










Buah dari famili berry seperti strawberry, raspberry, dan cranberry sangat kaya dengan vitamin C. Vitamin C bukan hanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut tetapi juga dapat mencegah tumbuhnya uban dan tanda-tanda penuaan dini.

  • Ikan Salmon

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban








Ikan Salmon dikenal sebagai sumber makanan dari laut yang sangat bagus untuk mencegah tumbuhnya uban karena ikan salmon merupakan sumber alami selenium, yaitu mineral yang mampu mempertahankan warna alami rambut anda.

  • Biji Bunga Matahari

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban









Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral dalam jumlah tinggi. Mineral ini mampu mengeluarkan dan mempertahankan kandungan melanin pada rambut, sehingga dapat mencegah tumbuhnya uban.

  • Produk Olahan Susu

7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban










Produk olahan susu juga kaya vitamin B, B6, dan B12. Ketiga vitamin ini penting untuk memproduksi sel darah merah. Fungsi sel darah merah adalah untuk mendorong aliran oksigen dan nutrisi ke kulit kepala anda, sehingga uban pun tidak mudah tumbuh.

Tips Mencegah Rambut Beruban

Berikut beberapa tips untuk mencegah rambut beruban yang bisa Anda coba.

  • Pakailah produk perawatan rambut yang ringan. Jangan menggunakan minyak rambut, wax rambut serta serum rambut yang terlalu “berat”. Bahan-bahan yang terkandung dalam produk-produk tersebut dapat menyebabkan hilangnya kemilau rambut sehingga membuat rambut terlihat kusam. 

  • Mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu faktor tumbuhnya uban karena kekurangan vitamin B12 dan Omega-3. Untuk mencegah tumbuhnya uban terutama bagi Anda yang berusia muda, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin B12 seperti telur, keju, daging sapi, pisang dan ikan.

  • Mengkonsumsi makanan berprotein. Anda bisa mendapatkan protein baik hewani maupun nabati dari gandum, kacang, daging, ikan dan ayam. Vitamin A dan B serta mineral besi dan zinc sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya uban. Sementara itu, bunga kol, kol/kubis, yogurt, hati, daging sapi dan almond memberikan zat yang diperlukan rambut. Dengan mengkonsumsi protein secara rutin akan membuat tekstur rambut kembali bersinar alami dengan baik dan dapat mengembalikan pigmen dan menghilangkan uban. 

  • Yogurt. Campurkan satu gram lada hitam atau serbuk kopi dengan 100 gram yogurt tanpa gula kemudian sapukan secara lembut merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama satu jam, setelah itu cuci bersih  dengan air hangat dan shampoo. Lakukan secara rutin seminggu sekali. 

  • Jus Labu. Campuran jus labu dan minyak zaitun dapat membantu rambut Anda menjadi lebih sehat, berkilau dan tebal. 

  • Daun Teh. Untuk mencegah rambut beruban, Anda juga bisa menggunakan daun teh. Caranya adalah seduh daun teh kemudian saring, cmpur daun teh hasil penyaringan dengan satu senduk teh garam. Remas-remas rambut Anda dengan daun teh tersebut, diamkan selama satu jam dan kemudian cuci dengan air. Lakukan setiap hari selama 10 hari maka rambut anda akan bebas dari masalah uban.


Hindari Mencabut Uban!. Mencabut uban bukanlah jalan terbaik untuk mengurangi rambut beruban. Cara itu hanya sementara saja karena mencabut uban sama saja anda sengaja memancing uban untuk tumbuh dengan lebih banyak lagi. Mencabut uban juga dapat menganggu syaraf yang berfungsi untuk memproduksi warna rambut.

Demikianlah pembahasan tentang 7 jenis makanan untuk mencegah rambut beruban. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Silahkan dishare artikel ini. 
Salam. Tips Hidup Sehat dan Cantik Alami.
Sumber : www.wom.my