Manfaat Makan Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Makan Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh - Semua orang tentu sudah kenal dengan buah yang bernama Pepaya. Rasanya sungguh tidak mungkin jika ada orang yang tidak mengenal buah pepaya karena pepaya merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Anda bisa menemukan pohon pepaya hampir di semua daerah di Indonesia.

Buah pepaya merupakan tanaman yang memiliki banyak  manfaat dan bisa kita makan baik saat masih mentah maupun sudah matang.  Kita bukan hanya bisa memakan buahnya saja tetapi daunnya juga dapat kita konsumsi sebagai lalapan atau sayur.


Selama ini orang-orang hanya memanfaatkan buah dan  daun pepaya sebagai bahan salah satu bahan makanan, padahal ternyata  pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menangkal beberapa macam penyakit.

Berikut ini adalah manfaat lain dari daun papaya yang diyakini dapat mengobati beberapa macam penyakit.

1. Kanker
Semakin hari penderita kanker di seluruh dunia terus bertambah termasuk di Indonesia. Data WHO menyebutkan bahwa setiap tahun penderita kanker bertambah sebanyak 6,25 juta orang.

Menurut Connecting you and doctors | Meetdoctor.com, penyakit kanker menjadi ancaman serius dan sangat menakutkan saat ini karena diperkirakan 9 juta orang akan meninggal karena kanker dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Agar terhindar dari terjangkit penyakit kanker, maka kita harus mulai menerapkan pola hidup sehat dan salah satu caranya adalah rajin mengonsumsi sayur-sayuran, seperti daun pepaya. Daun pepaya terbukti sangat efektif sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati kanker.

Pada bulan Februari 2010, Journal of Ethnopharmacology mengeluarkan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker, menghambat pertumbuhan sel tumor serta memodulasi efek anti tumor.

Manfaat lain daun pepaya sebagai obat alami adalah dapat mencegah berbagai penyakit termasuk alergi.


2. Maag
Penyakit maag ini dapat dikatakan sebagai penyakit sejuta umat yang menjangkiti masyarakat modern terutama di perkotaan.  Bagaimana tidak bisa dikatakan demikian? Pola hidup masyarakat perkotaan yang penuh denan kesibukan yang padat ditambah dengan pola makan yang tidak teratur, membuat  rentan terkena penyakit maag.

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit maag adalah dengan rajin mengkonsumsi dan pepaya. Berdasarkan hasil riset yang dimuat pada West Indian Medical Journal edisi September 2008, dikatakan bahwa daun pepaya yang rasanya pahit ini dapat mengurangi keparahan tukak lambung dan memiliki efek antioksidan. Selain itu juga daun pepaya dapat dapat menurunkan lipid yang teroksidasi serta meningkatkan antioksidan di dalam sel darah merah.

3. Pencernaan
Kamu sering mengalami susah buang air besar atau sembelit ? Atasi dengan cara makan daun pepaya. Daun pepaya mengandung zat yang dinamakan Enzim papain yang bermanfaat untuk  membantu melancarkan pencernaan serta mengobati gangguan pencernaan dan bukan hanya itu saja,  daun papaya juga dapat mengurangi sakit perut yang membuat perut tidak nyaman dan sebagai penambah nafsu makan.

4.  Antioksidan
Polusi udara di daerah perkotaan yang diakibatkan oleh asap yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor, debu, radikal bebas dan sebagainya adalah musuh besar untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine pada Juni 2012 memuat sebuat tulisan hasil penelitian yang mengatakan bahwa daun papaya memiliki kandungan asam askorbat yang merupakan salah satu antioksidan. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa daun papaya dapat mengurangi hydrogen peroksida yang merupakan tanda kerusakan oksidatif.

Antioksidan yang dihasilkan dari daun pepaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan dan dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh seseorang.


Selain memiliki manfaat yang positif, daun pepaya juga memiliki efek negatif.  Penting bagi Anda ketahui bahwa bagi sebagian orang, daun papaya dapat menyebabkan reaksi alergi. Jadi kalau muncul tanda-tanda alergi saat atau setelah mengonsumsi daun pepaya, maka hentikan penggunaan dan segera atasi reaksi alergi tersebut.


Daun papaya hanyalah merupakan salah satu obat alternatif yang digunakan sebagai pengobatan tambahan saja yang aman serta alami untuk kanker serta pencegah radikal bebas. Ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut terhadap penyakit Anda. (Sumber :tribunjabar.com - Dee)