6 Gejala Awal Kolesterol Tinggi

6 Tanda Awal Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi - Masalah kolesterol tinggi sebenarnya sangat ditakuti karena dapat menyebabkan seseorang mendapat penyakit jantung, stroke dan sebagainya tanpa disadari.

Namun, jika Anda memiliki tubuh yang kurus, jangan merasa senang  dulu atau memandang ringan dengan kolesterol karena orang yang memiliki tubuh kurus juga berisiko memiliki kolesterol tinggi jika tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol adalah satu zat yang memiliki daya lekat , seperti lemak yang ada di dalam darah dan di setiap sel dalam tubuh Anda. Sebenarnya kolesterol memiliki peran penting untuk kesehatan Anda karena itu dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat jaringan dan hormon tertentu.


Jenis - Jenis Kolesterol
Kolesterol tidak dapat larut dalam darah kecuali jika ia bergabung dengan protein khusus yang disebut 'lipoprotein'.  Kolesterol yang disekresikan oleh hati ke dalam darah dapat bergabung dengan lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL-VeryLow Density Lipoprotein Cholesterol) atau lipoprotein densitas tinggi (HDL –High Density Lipoprotein).

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang dihasilkan dari metabolisme kolesterol VLDL dalam aliran darah dikenal sebagai kolesterol 'jahat' sedangkan kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol baik.


6 Gejala Awal Kolesterol Tinggi
  1. Sering merasa kesemutan pada kaki.
  2. Timbul bintik-bintik putih pada bagian bawah mata, daerah wajah atau leher
  3. Mudah lelah, penat dan cepat mengantuk.
  4. Sering merasa sakit kepala.
  5. Kaki membengkak akibat pembuluh darah semakin sempit.
  6. Sakit pada dada sebelah kiri karena pembuluh darah pada bagian jantung mulai tersumbat. Kondisi ini sangat bahaya karena menunjukkan kadar kolesterol terlampau tinggi.


Faktor – Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi
  • Faktor Keturunan. Jika ada keluarga Anda yang memiliki kolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak juga berpotensi untuk mewarisi kolesterol tinggi itu.
  • Faktor Usia. Setelah usia 20, kadar kolesterol pada tubuh cenderung meningkat. Golongan pria lebih berpotensi kadar kolesterol nya mudah naik setelah umur 50 tahun dibandingkan golongan wanita karena sering kolesterol akan mudah naik setelah menopause.

  • Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh. Golongan yang sering mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh seperti mentega, biskuit, dan makanan cepat saji (fast food/junk food) lebih berpotensi terkena kolesterol tinggi.

  • Kegemukan. Berat badan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol. Jika Anda memiliki berat badan berlebihan, maka sebaiknya Anda lebih waspada, karena risiko terkena kolesterol tinggi cukup besar. 

  • Kurang berolahraga. Jika Anda kurang berolahraga dan lebih suka untuk duduk diam tanpa melakukan aktivitas, maka sangat mudah untuk terkena kolesterol tinggi. Rutin melakukan olahraga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  • Merokok. Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok diketahui mengandung  bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah dan membunuh kolesterol baik.




Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

1. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari dapat membantu mengatasi kolesterol jahat. Antioksidan yang ada dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.  Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang kaya dengan sterol yaitu molekul organik yang terkandung dalam tanaman yang telah terbukti secara klinis dapat mencegah penyerapan kolesterol ke dalam darah.

2. Mengkonsumsi ikan yang kaya omega 3
Ikan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, tuna, trout dan lain-lain dapat membantu menurunkan tingkat 'trigylcerides' yaitu sejenis lemak dalam darah. Bahkan Omega 3 juga membantu memperlambat pertumbuhan plak di arteri.

3. Makan sereal oat
Semangkuk oatmeal memiliki serat dan karbohidrat kompleks yang bisa bertahan sepanjang hari. Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan berkurang pada waktu lain. Gandum yang terkandung dalam sereal gandum juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat.

4. Makan makanan yang mengandung banyak pati dan serat
Roti, sereal, pasta, gandum, buah-buahan dan sayuran tidak hanya rendah lemak jenuh dan kolesterol, tetapi juga sumber vitamin dan mineral yang terbukti dapat mengurangi efek kolesterol.

5. Berolahraga
Latihan fisik mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Anda juga dapat mengurangi berat badan, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung serta pembuluh darah dan mengurangi tekanan.

6. Menurunkan berat badan
Perhatikan tubuh Anda. Jika bagian perut dan tengah badan terlihat memiliki banyak lemak, itu merupakan pertanda Anda berisiko tinggi untuk mendapatkan penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya.




Tips Menurunkan Kadar Kolesterol.
  • Makanan yang kita makan merupakan kontribusi terbesar terhadap kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaganya. Masalah kesehatan yang sering kita dapatkan umumnya paling nyata berasal dari makanan yang tidak sehat.
  • Bila tidak dijaga dengan baik, kolesterol dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti hipertensi, serangan jantung dan sebagainya. Jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda sudah mencapai tingkat bahaya, untuk mengatasinya mungkin agak sulit. Jadi, sebelum terlambat, coba terapkan pola makan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

  • Menjaga kadar kolesterol agar tetap normal harus Anda utamakan, lebih-lebih lagi setelah menyambut Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha karena pada saat Hari Raya tersebut  kita banyak mengkonsumsi makanan yang menagndung lemak tinggi seperti daging dan santan.

  • Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan nutrisi penting. Sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan serat memiliki efek untuk menyerap kolesterol jahat. Selain itu, ikan berlemak seperti salmon, makerel, sarden dan tuna mengandung asam lemak Omega-3 yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

  • Coba kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tidak sehat, lemak jenuh, lemak trans dan sebagainya yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Membatasi makan makanan cepat saji  atau junk food adalah salah satu caranya. Selain itu, pilihlah makanan sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega dan pilihlah produk susu yang rendah lemak.

  • Masaklah makanan dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung banyak khasiat serta lebih tahan terhadap pembentukan lemak trans dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Anda hanya perlu menambahkan dua sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan Anda setiap hari. Minyak zaitun juga merupakan salah satu dari 'diet mediterranean' yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Mengkonsumsi bawang putih yang banyak juga dikatakan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Bawang putih juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mengkonsumsi sayuran dari keluarga kacang, seperti kacang buncis dan kacang panjang turut membantu menurunkan kadar kolesterol.  Selain rendah lemak, sayuran tersebut kaya nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B.

  • Sarapan terbaik adalah dengan oatmeal. Ini adalah makanan kaya serat yang baik bagi kesehatan jantung. Oatmeal mengandung zat penting seperti zat besi, vitamin E dan vitamin B. Oatmeal juga merupakan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan memperkecil risiko penyakit jantung.

  • Mengkonsumsi kacang yang mengandung lemak rendah lemak seperti hazelnut, walnut dan almond dikatakan dapat mengurungi kadar kolesterol jahat. Selain itu, minumlah tiga cangkir teh hijau atau teh hitam setiap hari. Teh memiliki sumber antioksidan yaitu 'polifenol' yang dapat membantu mencegah kanker tertentu serta meningkatkan kadar kolesterol yang 'baik'.




TAKE NOTE !

Rokok dapat menurunkan kadar kolesterol 'baik' dan merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung.  Jika Anda seorang perokok, sebaiknya segera berhenti merokok.  Jika Anda berhenti merokok, maka kadar kolesterol baik Anda akan meningkat hingga 10 persen. Selain itu, tekanan darah dan risiko untuk mengalami serangan jantung juga akan menurun.


INFO EKSTRA
Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol:
  • Pizza - Sepotong pizza memiliki kandungan lemak sebanyak 10gram serta 4,4 gram lemak tinggi. Ini belum termasuk topping nya yang kemungkinan besar juga mengandung lemak.

  • Mashed potato dikatakan mengandung lemak yang cukup tinggi. Pengolahan mas potato yang melibatkan penggunaan bahan-bahan seperti keju, mentega, susu dan krim membuat makanan berkarbohidrat ini dianggap sebagai makanan yang tinggi lemaknya.

  • Popcorn. Berisi 1200 kalori dan 60 gram lemak jenuh. Porpcorn diolah dengan melibatkan minyak sehingga mempengaruhi kadar kolesterol.

  • Cake. Makanan-makanan ringan seperti cake menyumbang asupan kalori yang cukup tinggi bagi tubuh, yang mana pada akhirnya akan meningkatkan kadar kolesterol Anda. Bahan-bahan yang sering digunakan dalam persiapan pembuatan cake seperti susu, mentega, keju dan krim mengandung lemak yang cukup tinggi.