5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memakai Cream Collagen

Cream Collagen - Apakah cream collagen itu? Benarkah kulit wajah bisa tetap terlihat muda setelah memakai cream collagen? Jawabannya ada di sini, bacalah artikel ini sampai habis ya!

Banyak wanita yang takut dan benci saat kulit wajah mulai terlihat mengendur dan banyak keriput! Hal ini  karena mereka tidak ingin melihat setiap kerutan atau kulit yang berubah menjadi kendur. Jadi, sebab itulah cream collagen dan lotion anti penuaan menjadi salah satu produk kecantikan yang paling dicari oleh wanita.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang wanita, tingkat collagen dan elastisitas kulit menjadi semakin menurun sehingga membuat kulit berubah kendur dan berkerut. Collagen adalah sejenis protein yang bekerja bersama keratin untuk menjaga kulit, rambut dan kuku agar selalu sehat. Collagen ikut serta bekerja untuk mempertahankan elastisitas sel-sel kulit.


Tidak dipungkiri ada banyak produk yang tersedia di pasar yang dapat membantu Anda mencegah efek penuaan, seperti cream collagen.  Cream ini dapat membantu mencegah penuaan alami dengan meningkatkan kadar collagen dalam kulit Anda.

Cream collagen dikatakan mampu membuat kulit tetap terlihat muda seperti remaja. Walaupun demikian, jika Anda berniat untuk mencoba memakai cream collagen atau produk anti penuaan apapun  yang mengandung collagen, ada beberapa hal  penting yang perlu Anda ketahui, yaitu diantaranya :

1. Bentuk Gelatin
Collagen yang ditambahkan ke dalam cream atau lotion kecantikan yang mana sudah terhidroisis dikenal sebagai gelatin. Collagen yang sudah terhidrolisis lebih memudahkan diserap oleh tubuh. Sementara collagen yang tidak terhidrolisis lebih sulit diserap oleh tubuh karena dipecah menjadi bentuk asam amino yang cukup berbahaya buat kulit dan tubuh.

2. Baca Daftar Bahan – Bahan Pembuatnya pada Label Kemasan
Ketika Anda membeli produk anti-aging (anti-penuaan) yang mengandung collagen, lihat lebih dulu kandungan yang ada pada label kemasannya seperti collagen pre-cursors, hyaluronic acid, vitamin A, C, E, likopen, alpha lipoic acid, resveratrol, rumput laut atau ganggang mikro (astaxanthin) dan isoflavon. Pastikan juga bahwa bahan-bahan pembuat tersebut berada dalam jumlah yang wajar dan seimbang karena jika terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan efek buruk pada kulit dan tubuh.
3. Teliti Sebelum Membeli
Jika Anda benar-benar berniat untuk memakai cream collagen ataupun mencoba produk kecantukan yang mengandung collagen, pastikan Anda teliti dan cari informasi mengenai produk yang akan dibeli  karena terlalu banyak produk kecantikan yang diproduksi tanpa melalui penelitian secara mendalam atau bahkan merupakan produk palsu. Anda harus lebih berhati-hati ketika membeli dan menggunakannya.

4. Molekul Collagen Dalam Krim
Molekul collagen dalam cream collagen biasanya terlalu besar untuk dipecah oleh kulit.  Ukuran molekul collagen yang terkandung dalam krim anti penuaan ini biasanya terlalu besar untuk dapat tembus pada permukaan luar kulit. Akibatnya, cream tersebut menjadi tidak bermanfaat sepenuhnya dalam mencegah penuaan alami karena sebagian besar cream collagen hanya bekerja di luar tubuh saja.


5. Tidak Cocok Bagi Beberapa Orang
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bahwa cream collagen tidak cocok untuk beberapa orang. Selain itu, hasil pemakaian crema collagen tersebut juga tergantung pada berbagai faktor seperti diet dan juga gaya hidup Anda. Jadi, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali jika ingin menggunakan cream collagen untuk mengatasi kerutan di wajah Anda.

Berikut adalah cara meningkatkan collagen secara alami:

1. Mengurangi Efek Eksternal
Lindungi kulit Anda karena salah satu penyebab utama mengapa kulit kehilangan collagen adalah karena efek berbahaya dari paparan sinar matahari. Akibat terlalu rentan pada sinar matahari, penipisan collagen akan terjadi dan menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Selain menutup kulit dengan pakaian yang tepat, Anda disarankan memakai sunblock. Di samping itu, lakukan perawatan kulit secara rutin untuk memastikan kesehatan kulit tetap terjaga. Perawatan tersebut termasuk melakukan 'cleansing', 'toning', 'moisturizing' dan 'exfoliating' wajah dan leher.


2. Konsumsi Makanan Yang Tepat
Mengkonsumsi jenis makanan yang tepat adalah cara terbaik untuk meningkatkan collagen dalam tubuh. Makanan tertentu akan merangsang produksi kolagen dan elastin untuk mengembalikan kondisi kulit. Makanan yang kaya vitamin C dan vitamin K serta memiliki berbagai nutrisi seperti 'geistein' dan asam hyaluronic telah terbukti mampu meningkatkan collagen dalam tubuh.

Selain itu, makanan yang paling baik  untuk dikonsumsi adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis dan asparagus, kedelai dan kacang-kacangan.

3. Suplemen
Selain dari makanan, cara lain untuk meningkatkan kadar collagen dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin K. Walaupun telah tersedia lotion atau cream collagen dan suntikan collagen, namun semua itu bukanlah cara alami untuk mempertahankan tingkat collagen dalam tubuh.


Semoga bermanfaat. (dee)
Sumber : www.wom.my