Stress Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Stress Dapat Menyebabkan Rambut Rontok - Cari tahu terlebih dahulu penyebab munculnya masalah pada rambut Anda sebelum memilih pengobatan yang sesuai untuk memperoleh kembali 'mahkota' Anda.

Stress atau perasaan yang tertekan diidentifikasi menjadi salah satu penyebab utama munculnya masalah kerontokan rambut dibandingkan akibat penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia berlebihan yang banyak dijual di pasaran. Masalah rambut rontok akibat stress  dialami secara merata  dengan jumlah yang sama antara pria maupun wanita.

Masalah rontok rambut yang diakibatkan karena stress sering ditemukan dan paling banyak terjadi. Lebih kurang 60 persen orang-orang  yang mengalami rambut rontok adalah akibat masalah stress seperti cemas, tidak cukup tidur serta diet tidak seimbang.


Stress tanpa disadari mendorong seseorang untuk melakukan kebiasaan aneh seperti mencabuti rambut di kepala sehingga menyebabkan sebagian besar kepala menjadi botak. Stress juga menimbulkan masalah sulit tidur dan pola makan tidak seimbang yang dapat mendatangkan masalah pada rambut.

Sebelum seorang pasien perawatan rambut menjalani perawatan rambut rontok yang hebat, seorang terapis biasanya terlebih dulu mencari informasi latar belakang mereka seperti keturunan, hormon yang tidak seimbang atau penggunaan bahan kimia berlebihan untuk mengidentifikasi masalah sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya pasien akan diberikan pengobatan yang sesuai menurut tingkat permasalahan.


Jika masalah sebenarnya adalah diakbitkan karena stress, maka pasien harus menjalani sesi konseling terlebih dulu karena hal tersebut merupakan akar keberhasilan pengobatan yang bakal dijalani. Jika masalah sebenarnya tidak diatasi, masalah pada rambut akan berulang meskipun kita mampu memberikan perawatan yang bagus untuk menumbuhkan kembali rambut.

Salah satu saran yang diberikan oleh terapis adalah dengan menyarankan pasien menjalani gaya hidup sehat seperti banyak berolahraga karena selain dapat mengeluarkan keringat juga dapat menenangkan pikiran.

Selain berolahraga, mengkonsumsi makanan seimbang juga memainkan peranan penting dalam mengatasi masalah terkait rambut. Justru, mereka harus diberikan panduan tentang diet sehat seperti makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran segar. Minuman berkarbon seperti air soda dan kopi dapat memperburuk masalah rambut rontok.

Minuman seperti itu harus dihindari dan usahakan untuk minum air putih lebih banyak atau air yang dapat mendinginkan tubuh seperti  sari kacang kedelai atau air kelapa.

Rambut yang sehat mengalami kerontokan antara 30 sampai 120 helai setiap hari, tetapi jumlah ini tidaklah tetap. Namun, jika jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari jumlah tersebut dan tidak memiliki anak rambut sebagai pengganti untuk rambut yang rontok makan dapat dikatakan, Anda .

Rambut rontok terutama di kalangan remaja dapat pula disebabkan karena penggunaan bahan kimia yang berlebihan seperti cat rambut. Penggunaan bahan kimia dalam proses pewarnaan rambut juga salah satu faktor yang berkontribusi menyebabkan struktur rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Rambut yang strukturnya lebih halus lebih mudah rusak akibat aktivitas mengerinting rambut dan teknik meluruskannya. Namun, banyak remaja tidak menghiraukan dampaknya kecuali hanya ingin terlihat cantik dan mengikuti trend gaya rambut saat ini. Sebaiknya konsultasi dengan ahli tata rambutnya terlebih dulu untuk mengetahui kondisi rambut sebelum menggunakan kimia atau teknik untuk mendapatkan gaya rambut yang diidamkan .


Misalnya, jika jumlah rambut terlalu sedikit, sebaiknya jangan mengeriting rambut karena dapat memperburuk kondisi dan merusak rambut. Jika ingin mewarnakan rambut, pastikan Anda sering melakukan perawatan rambut atau segera ke ahli ketika mulai menemukan rambut rontok terlalu banyak.

Untuk mempertahankan rambut sehat, sering-seringlah  meminyaki rambut dengan menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, selain menjalani perawatan rambut secara teratur. Diet seimbang dan ketenangan jiwa juga mempengaruhi rambut lebih sehat serta bersinar.


Peluang untuk pulih dari kerontokan rambut  adalah tinggi yaitu antara 70 sampai 78 persen, tetapi ini tetap tergantung pada diri Anda sendiri. Jika Anda rajin, proses pemulihan dapat terjadi lebih cepat yaitu antara dua setengah sampai tiga bulan. Untuk kasus kerontokan yang lebih serius, mungkin memakan waktu hingga satu setengah tahun untuk memungkinkan rambut kembali tumbuh dan panjang. (Dee)

Sumber : www.wom.my