Rahasia Cantik dan Sehat Dengan Kulit Kayu Manis

Rahasia Cantik dan Sehat Dengan Kulit Kayu Manis
Rahasia Cantik dan Sehat Dengan Kulit Kayu Manis - Kulit kayu manis atau nama lainnya Cinnamon adalah sejenis rempah-rempah yang berasal dari Sri Lanka. Nama ini memang tidak asing dalam masyarakat  Indonesia karena kulit kayu manis ini mudah ditemukan dan biasanya banyak digunakan dalam masakan. 

Ternyata selain digunakan sebagai bumbu masakan, kulit kayu manis juga memiliki berbagai kelebihan untuk merawat kulit secara alami tanpa efek samping berbahaya seperti bahan kimia.

Penggunaan Kulit Kayu Manis Dalam Masakan 
  • Rempah-rempah Dan Bumbu Masakan. Kulit kayu manis biasanya digunakan sebagai rempah-rempah menumis untuk sup daging dan ayam untuk menambah rasa sedap ayam dan daging itu. Kayu manis juga merupakan bahan wajib untuk membuat kari. Kulit kayu manis ini juga digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan roti, kue dan berbagai masakan yang enak lainnya.


Penggunaan Kulit Kayu Manis Dalam Kecantikan 
  • Mengecilkan jerawat dan memudarkan kerutan. Kulit kayu manis dapat juga digunakan untuk merawat kulit wajah Anda yaitu dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Selain bertindak sebagai pemudar bekas luka, kulit kayu manis juga bertindak untuk mengecilkan dan mngehilangkan jerawat yang tumbuh di wajah dan tubuh. 
  • Melembabkan kulit wajah dan mengurangi garis halus. Campuran minyak kayu manis dan minyak zaitun mampu mengurangi garis halus pada wajah karena ramuan tersebut berfungsi untuk  melembabkan kulit, selanjutnya membuat kulit lebih lembut dan mengurangi keriput terutama di bagian ujung mata. Kulit kayu manis juga dapat digunakan sebagai bahan pelembab bibir.



  • Menyuburkan Kulit Kepala. Menakjubkan, kulit kayu manis juga bermanfaat  untuk membersihkan dan menyehatkan kulit kepala, dengan cara menyingkirkan kulit mati dan mendorong aliran darah di kepala. Caranya adalah dengan mencampurkan sesendok bubuk kulit kayu manis bersama madu dan minyak zaitun. Kemudian campuran itu disapu ke kulit kepala. Urut dengan lembut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas rambut dengan shampoo. 
  • Melangsingkan Tubuh. Seperti yang kita tahu, metabolisme menentukan tingkat pembakaran kalori sehari-hari. Semakin tinggi metabolisme, semakin tinggi tingkat pembakaran kalori.  Pembakaran kalori yang optimal sangat penting dalam membantu Anda untuk membakar lemaksehingga terlihat kurus dan langsing. Jadi, kulit kayu manis juga bermanfaat  sebagai ramuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.


Info Ekstra!

  • Cara Membuat Masker Kulit Kayu Manis

Sebelum memakai masker kulit kayu manis di wajah,  sebaiknya mulailah dengan lapisan yang tipis terlebih dahulu  terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah yang cukup parah. Anda juga tidak dianjurkan untuk memakai masker kulit kayu manis tersebut pada kulit yang memiliki luka dan kulit yang sensitif. Ini karena masker kulit kayu manis akan memberikan efek yang pedih di wajah Anda. 

  • Masker Kulit Kayu Manis Dengan Air

Untuk memudahkan proses pembuatan masker kulit kayu manis ini, anda bisa membeli serbuk kulit kayu manis di supermarket.  Anda juga dapat memarut  kulit kayu manis yang masih dalam bentuk batangan untuk mendapatkan serbuknya jika Anda rajin untuk membuatnya. Ambil sedikit bubuk kayu manis dan campurkan dengan sedikit air. Setelah itu, oleskan ke wajah dan tunggu sampai kering sebelum dibilas dengan air bersih. 

  • Masker Kulit Kayu Manis Dan Bedak Dingin

Campurkan sedikit bubuk kayu manis dan bedak dingin kemudian kedua bahan tersebut dengan sedikit air. Untuk mengurangi rasa pedih, lebihkan bedak dingin dibandingkan serbuk kulit kayu manis. Sapukan campuran tadi pada wajah Anda dan tunggu sampai kering sebelum dibilas. 

  • Masker Kulit Kayu Manis Dan Madu

Campurkan sedikit bubuk kayu manis dan madu dan jika campurannya terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. Kemudian, oleskan ke seluruh wajah dan cuci dengan air bersih setelah kering.




Penggunaan Kulit Kayu Manis Dalam Kedokteran Dan Kesehatan 
  • Bahan Pengawet. Masyarakat Mesir kuno telah lama menggunakan kulit kayu manis untuk mengawetkan mayat atau mumi pada saat itu. Selain itu, rempah kulit kayu manis ini juga digunakan untuk mengawet makanan agar tahan lebih lama untuk menghindari proses pembusukan dan kerusakan makanan. 
  • Minyak Aromaterapi. Ekstrak minyak dari kulit kayu manis ini memiliki bau dan aroma yang kuat yang dapat menekan sistem saraf utama. Sehingga banyak produsen minyak aromaterapi  menggunakan ekstrak minyak kulit kayu manis ini dalam dosis yang rendah sebagai minyak aromaterapi untuk mendapatkan efek menenangkan dan menyegarkan aroma udara pada ruangan yang  tertutup maupun didalam rumah. Bahkan ekstrak kulit kayu manis ini juga digunakan sebagai bahan pewangi. 
  • Anti-Septik. Kulit kayu manis juga mampu bertindak sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Jadi, jika tangan Anda terluka dan tidak sempat mencari obat, kulit kayu manis dapat digunakan dengan cara dioleskan sedikit pada luka untuk mematikan kuman, namun rasanya agak pedih. 
  • Mengobati sakit saat menstruasi. Ini terbukti efektif untuk mengontrol rasa sakit pramenstruasi karena kulit kayu manis ini mengandung bahan kimia alami yang disebut cinnamaldehyde. Kajian menunjukkan cinnamaldehyde dapat meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi produksi testosteron pada wanita, sekaligus membantu untuk menyeimbangkan hormon.
  • Sakit jantung. Selain dapat mengurangi kadar kolesterol, campuran madu asli bersama bubuk kayu manis memiliki khasiat untuk  mengurangi risiko serangan jantung.  Ramuan ini juga turut membantu sistem pernafasan agar berjalan dengan lebih lancar serta mempertahankan kadar normal bagi denyut jantung. 
  • Mengobati Sakit Perut. Campuran madu dan kayu manis berkhasiat untuk  meringankan sakit perut serta membersihkan usus di dalam perut.  Selain itu juga dapat membuang angin-angin yang ada di dalam perut Anda. 
  • Mengobati Rasa Sakit Gigi. Jika Anda sakit gigi, ambil 1 sendok bubuk kayu manis dan campurkan dengan 5 sendok teh madu asli. Tempatkan campuran tadi di bagian gigi Anda yang sakit tadi. Lakukan 3 kali sehari sampai rasa sakit gigi itu hilang. 
  • Mengurangi Kadar Kolesterol. Anda dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sebanyak 10% dalam tubuh jika mengkonsumsi minuman yang mengandung campuran teh, madu dan bubuk kayu manis. 
  • Mengurangi Masalah Nafas Berbau Dan Kurang Pendengaran. Tahukah Anda bahwa kulit kayu manis ini dapat membantu menyegarkan napas dan mempertahankan daya pendengaran yang normal? Caranya mudah saja. Minum secangkir air panas yang dicampur dengan 1 sendok teh madu asli dan bubuk kayu manis.  Lakukan  minum air campuran ini pada setiap pagi.

Semoga bermanfaat (dee)
Sumber : www.wom.my