8 Fakta Menarik Tentang Pori-Pori Wajah

Fakta Tentang Pori – Pori Wajah. Banyak orang, terutama wanita, yang risau tentang ukuran pori – pori wajah besar seperti kulit jeruk dan berharap dapat  memperkecil ukuran pori – porinya. Sebelum Anda melakukan perawatan untuk membuat pori – pori wajah menjadi kecil, ketahui dahulu 8 fakta tentang pori- pori wajah berikut ini :


Fakta 1 : Porexia


Apakah Anda selalu risau dengan ukuran pori-pori wajah Anda? Apakah Anda akan selalu berusaha melakukan apa saja agar pori-pori wajah  terlihat mengecil? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Menurut survey  yang dilakukan oleh L’Oreal Paris kepada 2000 wanita, sekitar 45% menyatakan akan berusaha mengecilkan pori-pori wajah mereka jika bisa dan hampir sepertiga lebih khawatir tentang ukuran pori-pori daripada keriput. Obsesi untuk memiliki pori-pori yang kecil ini merupakan satu fenomena baru yang disebut “Porexia”. Hampir setengah dari wanita di Amerika Serikat akan rela melakukan apa saja untuk dapat mengecilkan pori pori wajah dengan cepat l; 23% mengatakan mereka tidak akan minum alkohol selama 1 tahun, 17% mengatakan mereka tidak akan bermain sosial media selama 1 tahun dan 11% mengatakan mereka tidak akan mencukur bulu kakinya selama 1 tahun ! 

Fakta 2 : Ada Dua Jenis Pori – Pori Wajah 




Ada dua jenis pori-pori wajah yaitu pori-pori minyak dan pori – pori keringat. Pori-pori minyak sebenarnya adalah folikel rambut. Masing- masing berisi kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak (disebut : Sebum) dan pori – pori inilah yang menjadi perhatian dari industri kosmetik dengan mengeluarkan cream untuk mengecilkan pori - pori wajah.

Fakta 3 : Pori – Pori Memiliki Fungsi




Pori – pori minyak diperlukan bagi pertumbuhan rambut atau bulu pada tubuh dan sebagai pintu keluarnya minyak ke permukaan kulit, dimana minyak ini berfungsi sebagai pelembab agar kulit tidak kering.  Rata- rata orang dewasa memiliki 5 juta pori-pori di tubuh mereka dan sekitar 20.000 pori - pori terdapat pada bagian wajah.  Pori – pori  minyak pada wajah yang tersumbat oleh sel – sel kulit mati akan menimbulkan masalah kulit wajah seperti komedo, jerawat, wajah kusam, dll.

Fakta 4 : Sinar UV Dapat Membuat Pori - Pori Wajah Terlihat Besar



Semakin banyak sinar matahari yang mengenai  kulit wajah Anda akan membuat pori – pori wajah membesar. Sinar UV melemahkan kolagen yang berguna untuk membuat pori-pori tetap kecil. Kolagen adalah zat utama yang memiliki manfaat membuat kulit kenyal dan sehat. Penurunan elastisitas kulit wajah akibat paparan sinar UV adalah salah satu penyebab pori-pori wajah menjadi besar.

Fakta 5 : Menstruasi Mempengaruhi Ukuran Pori – Pori Wajah




Saat wanita mengalami masa menstruasi maka kadar hormonnya akannaik, hal ini akan menyebabkan pori-pori wajah membesar dan kemudian akan menyusut kembali ketika kadar hormon menurun selepas menstruasi. Naik turunnya hormon saat kehamilan dan masa menopause juga dapat menyebabkan pori – pori terlihat lebih besar. 
Fakta 6 : Pertambahan Usia Mempengaruhi Ukuran Pori – Pori




Ketika produksi elastin dan kolagen secara alami menurun akibat bertambahnya usia, kulit Anda akan mengendur maka pori – pori akan terlihat lebih besar. Elastin bekerja sama dengan kolagen sebagai zat pendukung kesehatan kulit. Penurunan kadar protein ini juga terkait untuk timbulnya masalah kerutan dan lipatan kulit.
Fakta 7 : Terlalu Sering Mencuci Muka Membuat Pori – Pori Wajah Lebih Besar




Kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori- pori wajah dan menyebabkan pori-pori wajah menjadi lebih besar. Salah satu car auntuk membersihkanya adalah rutin mencuci muka namun sebaiknya membersihkan wajah dengan cara mencuci muka dilakukan pada malam hari saja untuk menghindari kulit wajah kering. Jika kondisi kulit kering maka perawatan kulit wajah akan sulit dilakukan yang bisa membuat Anda ingin berhenti melakukan perawatan dan berakibat pori – pori tetap membesar.

Fakta 8 : Pori – Pori Wajah Pria Lebih Besar Daripada Wanita



Ukuran pori – pori wajah pria pada dasarnya jauh lebih besar dibanding wanita. Ada sebagian pria merasa bermasalah dengan ukuran pori-pori wajah mereka yang besar dan berusaha mencari pengobatannya tetapi lebih banyak lagi pria yang tidak peduli dengan ukuran pori – pori di wajah mereka.   

Anda tidak dapat merubah ukuran pori-pori wajah tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah perawatan untuk membuat pori-pori wajah terlihat kecil. Sebum, oksidasi dan komedo membuat pori-pori wajah lebih terlihat besar tetapi perawatan kulit dengan pengelupasan kulit yang lembut untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, mengencangkan kulit dengan laser atau perawatan kulit lainnya dapat mengencangkan pori-pori wajah Anda. Sumber : readersdigest (Dee)