15 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan. Seperti diketahui bahwa cuka putih memiliki banyak khasiat, cuka apel juga dapat dikatakan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti menyembuhkan cegukan, mengurangi gejala flu. Beberapa orang sudah berpaling ke cuka apel sebagai obat alternatif untuk membantu masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, masalah jantung, kolesterol tinggi dan masalah berat badan.


Berikut dibawah ini adalah manfaat yang didapat jika mengkonsumsi cuka apel secara rutin : 


1. Mengatasi Sakit Perut




Jika Anda merasakan sakit perut seperti diare,  minumlah cuka apel yang dicampur dengan air. Jika penyebab diare Anda karena bakteri, cuka apel mampu mengatasinya karena cuka apel memiliki khasiat sebagai antibiotic alami. Para ahli pengobatan tradisional berpendapat bahwa cuka apel mengandung pectin, zat yang dapat membantu menenangkan kejang usus.  Cobalah campur satu atau dua sendok makan  cuka apel kedalam air minum. 

2. Menghentikan Cegukan



Untuk menghentikan cegukan minum satu sendok teh cuka apel, rasa asamnya bisa membantu menghentikan cegukan. 

3. Meredakan Sakit Tenggorokan


Ketika Anda mulai merasakan sakit pada tengorokan, langsung minum cuka apel. Cuka apel berkhasiat sebagai antibiotik membantu mencegah infeksi pada tenggorokan. Ternyata, sebagian kuman tidak bisa bertahan hidup dalam lingkungan asam cuka apel. Campurkan ¼ cangkir cuka apel dengan ¼ cankir air hangat  dan berkumurlah setiap jam atau lebih sampai sakit tenggorokan Anda reda.

4. Menurunkan Kolesterol


Penelitian lebih lanjut terhadap cuka apel masih tetap dilakukan untuk mengetahui kemampuan cuka apel dalam menurunkan kolesterol pada manusia. Tetapi, di tahun 2006 pada satu penelitian yang dilakukan kepada tikus percobaan, para peneliti menemukan bahwa asam asetat yang terkandung dalam cuka apel mampu menurunkan kolesterol jahat pada tikus tersebut. Juga, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa minum setengah ons cuka apel setiap hari dapat menurunkan kolesterol para relawan yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut

5. Mencegah Gangguan Pencernaan


Kalau Anda merasa sering terkena gangguan pencernaan terutama setelah makan makanan yang pedas atau mengandung gas maka cobalah obat tradisional satu ini : tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh sari apel kedalam segelas air hangat dan minumlah 30 menit sebelum makan.

6. Meredakan Pilek


Saat Anda pilek akibat cuaca dingin, campur satu sendok teh cuka apel kedalam segelas air kemudian minum. Cuka apel mengandung kalium yang berkhasiat untuk mengurangi cairan lendir dan asam asetat yang bermanfaat mencegah pertumbuhan kuman.
7. Menurunkan Berat Badan



Cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Asam asetat berkhasiat untuk menekan nafsu makan Anda, meningkatkan metabolisme dan mengurangi retensi air.

8. Menghilangkan Ketombe


Cuka apel bermafaat untuk menghilangkan ketombe. Tingkat keasaman cuka apel mengubah pH kulit kepala Anda sehingga menyulitkan jamur untuk tumbuh, Campur  ¼ cangkir cuka apel dengan ¼ cangkir air dalam botol semprot kemudian semprotkan ke kulit kepala Anda. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 15 menit sampai satu jam lalu cuci rambut Anda seperti biasa. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang terbaik.
9. Menghilangkan Jerawat


Cuka apel dapat digunakan sebagai salah satu cairan pembersih wajah alami yang mampu untuk menghilangkan jerawat dan membuat kulit wajah tampak lebih sehat. Sifat antibakteri yang dimiliki cuka apel membantu mencegah timbulnya jerawat. Asam malat dan laktat cuka apel berkhasiat untuk pengelupasan sel kulit yang mati,  melembutkan kulit,  mengurangi bintik-bintik merah pada wajah dan menyeimbangkan pH kulit wajah Anda.

10. Meningkatkan Energi


Kegiatan yang dilakukan sehari-hari tentu menimbulkan kelelahan. Asam amino yang terkandung dalam cuka apel dapat membantu Anda mengurangi rasa lelah. Cuka apel mengandung kalium dan enzim yang bisa meghilangkan rasa lelah. Tambahkan satu atau dua sendok makan cuka apel kedalam segelas air lalu diminum.

11. Meredakan Kram Kaki


Apakah Anda sering mengalami kram pada kaki setiap malam? Jika iya maka itu pertanda tubuh Anda kekurangan zat kalium. Minuman cuka apel ini mampu untuk meredakan kram kali di malam hari, campurkan 2 sendok makan suka apel dan satu sendok teh madu kedalam segelas air hangat dan minum. 

12. Menghilangkan Bau Mulut


Cuka apel dapat bermanfaat sebagai obat kumur alami, berkumur dengan satu sendok makan cuka apel (bisa ditambahkan air jika Anda kurang suka rasa asli cuka apel) untuk membunuhbakteri penyebab bau mulut.

13. Memutihkan Gigi


Berkumur dengan cuka apel setiap pagi selain bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, cuka apel juga dapat menghilangkan noda, memutihkan gigi dan membunuh bakteri yang berada di mulut dan gusi. Sikat gigilah seperti biasa setelah Anda berkumur dengan cuka apel.

14. Meredakan Memar


Cuka apel memiliki sifat anti inflamasi (anti peradangan). Mengompres bagian tubuh yang memar dengan cuka apel dapat membantu meredakan dan memudarkan warna memar.
   
15. Membantu Mengontrol Gula Darah



Minum beberapa teguk cuka apel dapat membantu agar kadar gula darah Anda seimbang. Satu penelitian dari beberapa orang yang memiliki diabetes tipe 2 yang tidak memakai insulin menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sendok makan cuka apel sebelum tidur mengakibatkan kadar glukosa rendah saat bangun tidur di pagi hari. Penelitian yang dilakukan oleh Arizona State University juga menemukan bahwa orang yang minum cuka apel sebelum makan makanan berkarbohidrat tinggi memiliki kadar gula darah yang rendah. Para ahli berpendapat bahwa efek antiglycemic cuka apel menjadi kuncinya. (Sumber : rd.com - dee)