6 Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Daerah Kewanitaan

Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Daerah Kewanitaan
Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Daerah Kewanitaan. Anda sering mengalami rasa gatal pada bagian daerah kewanitaan ? Jangan digaruk!. Selain tidak sedap dipandang mata bagi yang orang yang melihatnya, menggaruk saat merasa gatal pada bagian daerah kewanitaan juga dapat membuat kulit pada bagian tersebut menjadi lecet, luka serta menambah rasa gatal.  Bakteri dan jamur adalah penyebab utama munculnya rasa gatal pada bagian tubuh, termasuk pada bagian daerah kewanitaan. Tempat-tempat lain yang menjadi favorit bagi jamur atau bakteri untuk tumbuh berkembang dan mendiaminya adalah terdapat pada bagian lipatan-lipatan kulit.

Penyebab Rasa Gatal Pada Daerah kewanitaan

Banyak faktor yang menjadi penyebab rasa gatal pada daerah kewanitaan atau bagian lipatan paha. Selain bersumber dari jamur, juga dapat disebabkan karena alergi makanan. Misalnya dari telur, udang, cumi, ikan asin, ikan tongkol dan sebagainya.

Rasa gatal-gatal tersebut juga dapat menyerang karena kondisi fisik atau bagian tubuh yang kurang terjaga kebersihannya. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena debu, air dan lain-lain. Tapi yang paling umum terjadi timbulnya rasa gatal pada daerah kewanitaan itu karena kondisi pada bagian daerah kewanitaan yang selalu lembab sehingga membuat bakteri dan jamur dapat berkembang biak dengan bebas.

Menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya rasa gatal pada setiap bagian tubuh termasuk di daerah kewanitaan. Jika Anda termasuk seseorang yang  memiliki daya tahan tubuh yang lemah maka tentu saja akan  lebih mudah jatuh sakit termasuk diserang jamur atau bakteri yang menyebabkan rasa gatal.

Jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit gatal pada daerah kewanitaan ini, berusahalah untuk menyembuhkannya. Bagi Anda yang sedang menderita penyakit gatal ini dapat memilih cara untuk mengatasi rasa gatal yang terjadi pada daerah kewanitaan Anda, baik secara tradisional maupun kimia.


Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Daerah kewanitaan

Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa gatal pada daerah kewanitaan serta mencegahnya yang dapat Anda coba. Diantaranya :

1. Manfaatkan obat tradisional seperti asam keping atau asam kandis untuk   mengatasi masalah tumbuhnya bakteri dan jamur pada bagian daerah kewanitaan.   Anda juga dapat mencoba membasuh bagian tersebut dengan air sirih atau air   garam. Basuhlah pada bagian tersebut setiap hari sehingga rasa gatal pada   daerah kewanitaan segera hilang. Cara lain, Anda bisa juga mengatasinya   dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal.

2. Menjaga kebersihan diri sangatlah penting. Mandi dengan menggunakan sabun antiseptik secara teratur dapat menghambat munculnya bakteri dan jamur.

3. Jangan terlalu sering dan terlampau lama menggunakan celana ketat atau sempit  karena penggunaan celana yang ketat atau sempit hanya akan membuat kulit pada lipatan paha Anda panas dan mengeluarkan banyak keringat.

4. Mengganti pakaian luar dan pakaian dalam setelah mandi juga dapat mengurangi resiko munculnya jamur ataupun penyebab gatal yang lain. Segera ganti pakaian dalam jika terasa gatal, perih, pedih atau lembab untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab rasa gatal pada daerah kewanitaan Anda.

5. Gunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada daerah kewanitaan tidak lembab.

6. Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu melawan segala macam mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit. Mencoba berpantang atau hindari segala makanan yang bisa menimbulkan rasa gatal pada daerah kewanitaan tersebut.


Hidup di alam tropis seperti di Indonesia ini, produksi keringat akan berlebih dan tentu saja mempengaruhi kesehatan dan kebersihan tubuh  termasuk pada daerah kewanitaan.  Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan agar bakteri dan jamur yang menjadi penyebab rasa gatal tidak tumbuh berkembang dan jika Anda sudah menjalankan ke enam cara mengatasi rasa gatal pada daerah kewanitaan diatas namun tetap merasakan gatal yang berkelanjutan, segera periksakan ke dokter. Salam- Tips Hidup Sehat dan Cantik Alami (dee)
Sumber : www.wom.my